Senin, 15 April 2024

Penyebab oli mesin mobil berkurang




oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. Mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Mesin bensin. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif (peluang) yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing.
Jenis

Oli mineral terbuat dari oli berbahan dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat - zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.

Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.


Memeriksa oli
Memeriksa oli setiap minggu perlu dilakukan, karena dari cairan tersebut, kita bisa tahu apakah kendaraan layak digunakan atau tidak. Memeriksa kondisi oli juga tidak memerlukan waktu yang lama. Kita cukup mencabut tongkat pemeriksa ketinggian oli (dipstick), yang biasanya terlihat jelas di mesin. Apa saja yang bisa dideteksi dari oli mesin?
Jika warna oli tidak jauh berbeda dengan saat pertama diisikan ke mesin (biasanya cenderung bening), maka artinya mesin dalam kondisi prima. Yang perlu Anda lakukan hanya menyalakan mesin dan pergi ke tujuan.

Namun, apabila oli berwarna hitam, itu artinya sudah waktunya ganti oli. Jika punya wadah penampung, Anda dapat melakukannya sendiri. Tapi jika tidak ingin repot, cukup bawa ke bengkel.
Oli berwarna putih atau seperti susu berarti ada air yang tercampur. Air dan oli bisa bercampur, akibat adanya lubang pada dinding pemisah di dalam mesin. Atau bisa juga lubang terbentuk di radiator, bila kendaraan memakai jenis satu radiator untuk mendinginkan air dan oli.
Apabila muncul bau bensin, maka ada kemungkinan timbul masalah pada komponen di dalam mesin. Segera periksakan ke bengkel, karena mekanik yang bisa mengetahui komponen mana yang mungkin rusak.
Bila oli banyak berkurang, maka segera periksa lantai di bawah mobil. Jika tidak ada oli yang menetest, maka bisa jadi oli ikut terbakar bersama bensin. Tandanya yaitu muncul asap putih tebal dari knalpot.
Asap ini akibat rusaknya cincin piston atau katup tempat campuran BBM masuk ke ruang bakar. Bila ini dibiarkan, maka lama-kelamaan mesin akan rusak.
Dalam kondisi suhu mesin yang sangat tinggi, oli mesin bisa saja menguap, meskipun kasus seperti ini tergolong jarang terjadi. ... Selain karena hal di atas, kebocoran pun bisa disebabkan karena advertisement, kerusakan seal klep, ring piston dan silinder mesin sudah aus, dan block mesin retak.Penyebab berikutnya adalah jarang mengganti oli mesin. Terlebih dengan mobilitas yang tinggi atau sering memacu kecepatan tinggi, oli mesin akan cepat mengalami penguapan. Oli mesin yang berada di bawah batas minimal, tidak lagi dapat melumasi komponen mesin dan menyebabkan kerusakan fatal dan lebih dini.

Prinsipnya yaitu selalu menjaga dan memeriksa oli melalui stik nya dan mengganti oli mesin secara berkala sesuai anjuran pada ganti oli berikutnya.

(Sumber Wikipedia)

Hal yang sering terjadi pada kasus penggantian yang jangka waktu yang jauh atau oli yang telat penggantian . Oli mesin menjadi berlumpur berakibat fatal terhadap mesin mobil anda.



Solusi yang penulis sampaikan dan sudah dicoba dengan hasil yang baik, menggunakan oli Ravenol lumpur yang terdapat di mesin dapat di hilangkan. Sesuai dengan konsep gurah mesin yaitu membersihkan kondisi mesin mobil.

Jual oli Ravenol di Bekasi bisa COD wa 081287527188






APA KELEBIHAN OLI RAVENOL?

Kerak oli adalah kaya cholesterol pada badan kita. OLI RAVENOL mencegah kerak oli. Base oil kami menggunakan oli synthetik terbaru. Poly Alpha Olefin + Esters + Aditif CleanSynto. Tidak perlu beli Engine Flush lagi. Kerana Engine Flush sebenarnya menghakis logam.

Sayangi engine dan rawat dengan oli Ravenol.


Oli Ravenol (Made In Germany)

Manfaat yang di dapat menggunakan oli Ravenol yaitu:
1. Menghemat Konsumsi BBM dan meningkatkan tenaga
2. Cleansyntho- membersihkan dan memperpanjang masa pakai mesin
3. mencegah pembentukan kerak oli
4. berbahan dasar PAO – Poly Alpha Olefin
5. Titik Didih Tinggi serta rendah penguapan
6. Masa service lebih panjang karena oli stabil terhadap oksidasi
7. Untuk mesin Turbo atau Non Turbo (Bensin dan Solar)
8. Sangat direkomendasikan untuk Mesin dengan katalitas dan PDF
9. Aman untuk semua jenis penyekat.
10. Mampu memberikan perlindungan mesin hingga 10.000 Km atau 50% lebih lama dari oli biasa
11. Ruang bakar pada mesin lebih bersih.



Recommended semua merk



Pembuktian oli Ravenol dapat membersihkan kerak oli didalam mesin system Cleansynto; Klik video dibawah ini




READY STOCK Area Bekasi Cash On Delivery ( COD )

RAVENOL TSI SAE 10W - 30 dapat di gunakan untuk mobil bensin dan solar

MADE IN GERMANY
Tipe : Oli ravenol TSI Semysinth
Brand : Ravenol
Negara asal : Germany
Keunggulan : memiliki cleansing agen,tidak berlumpur,masa pakai tinggi.


Melayani Home service untuk CARBON CLEAN GURAH MESIN penggantian oli mesin dan Gurah mesin mobil anda dengan menghubungi WA 081287527188 area Bekasi.





Oli mobil berkerak dan berlumpur Sludge , Cara mengatasi untuk menghilangkan oli berlumpur Sludge mobil sederhana

 Wa 081287527188 

Bengkel gurah mesin 

Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.






RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.



Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888


Rabu, 06 Maret 2024

kopling mobil avanza xenia berdenyit pada saat di injak...jangan anggap remeh.



Harus di waspadai untuk kopling pada saat di injak pedal kopling ada bunyi cit..cit..cit.. ( berdenyit ) khusus nya mobil Avanza dan Xenia. Karena Hal ini akan  menyebabkan  mobil  anda tidak dapat berjalan walaupun keadaan gigi persneling sudah masuk.
Jika terjadi hal seperti  itu hendaknya langsung ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut, menurut pengalaman kami jika tidak langsung diganti kopling set  akan berakibat fatal di kemudian hari.

Jika anda di wilayah Bekasi Tambun Cibitung Cikarang dan sekitarnya dapat menghubungi di no 081287527188 untuk melakukan penggantian dan perbaikannya.

1  . CLUCTH COVER

 2. CLUCT DISC
 3. RELEASE BEARING

Oli Sludge dan berkerak pada mesin mobil dapat di bersihkan , jual Oli Ravenol langsung ke bengkel kami di tambun bekasi

Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.





RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.



Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888



Rabu, 01 November 2023

Carbon cleaner dan Injection cleaner

Semua orang menyadari fakta bahwa perawatan mobil  sangat penting untuk bahan bakar yang lebih baik dan efisiensi keseluruhan kendaraan. Karena, seiring berjalannya waktu, debu dan endapan karbon lainnya mengatasi komponen mobil yang berbeda.







 Salah satu bagian dalam komponen ini adalah intake manifold. 
Apa Tujuan dari pembersihan  Intake Manifold?
Fungsi utama intake manifold adalah untuk mendistribusikan campuran pembakaran udara dan bahan bakar ke semua port intake ke silinder mesin secara merata untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi mesin.



Dalam hal, karbon menumpuk di dalam manifold inlet ini, sehingga rasio bahan bakar dan udara akan menjadi tidak seimbang, menghasilkan lebih banyak pembakaran bahan bakar, polusi udara asap hitam, dan hilangnya tenaga mobil.Oleh karena itu,  intake manifold harus di bersihkan agar udara yang masuk seimbang sesuai spesfikasi dari ECU mobil .
Pada mobil Pajero sports kadang tidak di perhatikan setiap service berkala atau bahkan tidak ada anjuran di dalam buku service , pembersihanya biasanya di lakukan setiap 70rb km atau masa pemakaian 3 -5 tahun tergantung dari bahan bakar yang di gunakan. 
Pembersihan Intake Manifold dikerjakan dengan melepas Throtle body dan EGR , carbon akan terbentuk dalam kompenen tersebut,sehingga pembersihannya di lakukan keseluruhan,dari Intake , Throtle body dan EGR..










Anda akan merasakan  kinerja mesin mobil Pajero akan seperti Standar pabrikan karena karbon sudah di bersihkan , hasilnya akan lebih bagus dilanjukan dengan Injector cleaner atau yang lebih populer istilahnya Purging diesel..

Kami dapat membantu Anda untuk hal tersebut dengan menghubungi kami di no WA 081287527188  untuk melakukan Booking service.



Tidak seperti injektor bensin, injektor diesel  common rail sangat rentan terhadap bahan bakar solar kualitas rendah. Bahkan, gejala-gejala yang banyak dikaitkan dengan injektor kotor - kehilangan daya, hilang saat start-up, berjalan buruk, peningkatan konsumsi bahan bakar dan asap knalpot berhubungan dengan deposit injektor.

Injektor diesel beroperasi pada tekanan yang sangat tinggi, hingga 1800 bar (26.000 psi) adalah umum, dan ini membantu menjaga kebersihannya, tetapi itu juga berarti bahwa, pada waktunya, mereka aus. Ini berarti mereka harus mengganti nosel secara berkala. Tentu saja sebagian besar injektor yang telah melakukan 100.000 km tidak dalam kondisi terbaiknya dan tidak ada pembersihan yang akan mengubah itu.

Jadi bagaimana Anda membedakan antara injector kotor dan injector usang? Itu mudah. Bawa ke spesialis injeksi diesel yang akan mengujinya. 

Walaupun ini terdengar tidak menyenangkan, intinya adalah tidak ada suku cadang yang dapat diservis pengguna dalam diesel injector dan pompa. Jika Anda akan melakukan perbaikan sistem bahan bakar  dengan mengganti saringan bahan bakar. 



Pembersih kimia dapat membantu membersihkan sistem bahan bakar yang kotor, atau mereka dapat melonggarkan penumpukan yang mengakibatkan penyumbatan filter bahan bakar yang sedang berlangsung, atau masalah lainnya. Mereka tidak akan mengembalikan injektor yang aus atau mengatasi masalah mekanis pada mesin. Jika Anda memilih untuk mengikuti rute pembersihan, bersiaplah bahwa itu mungkin tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah dan bahwa perbaikan yang tepat mungkin masih diperlukan setelahnya.

Masalah lain
Bahkan sistem bahan bakar yang direkondisi tidak akan dapat memberikan yang terbaik jika sisa mesinnya tidak tepat. Banyak masalah kinerja mesin disebabkan oleh masalah perawatan mesin dasar atau keausan normal. Jadi sebelum menyalahkan sistem bahan bakar, penting untuk memeriksa dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Periksa penyesuaian tappet, jika ada. Ini dapat menyebabkan jalan yang kasar, kinerja yang buruk, dan peningkatan asap knalpot. 
Kompresi yang rendah atau tidak merata dapat menghasilkan gejala yang sama. (Tes kompresi Diesel sangat berbeda dengan yang dilakukan pada mesin bensin dan bukan sesuatu yang DIYer rata akan memiliki peralatan untuk) 
Perhatikan kondisi umum mesin. Mesin usang tidak akan bekerja dengan baik. (Tes kompresi dapat membantu menentukan hal ini, namun perlu diperhatikan bahwa mesin yang aus masih dapat memiliki kompresi yang memuaskan) 
Periksa pembersih udara yang tersumbat. Penyebab umum dari kinerja yang buruk dan asap yang berlebihan. 
Periksa filter bahan bakar yang tersumbat.
Periksa operasi steker pijar jika sulit untuk memulai atau jika mesin tidak mulai bersih. (Tidak semua glow plug mungkin berfungsi, menyebabkan mesin mulai pada awalnya hanya pada beberapa silinder). Gejala yang sama dapat terjadi akibat pembuangan bahan bakar kembali. 
Kesalahan sistem manajemen engine. Lampu Periksa Mesin mungkin atau mungkin tidak menyala. Ini membutuhkan pengetahuan khusus dan alat uji untuk mendiagnosis. 
Regenerasi filter partikulat diesel yang sering atau lampu peringatan DPF sering menerangi. Kemungkinan kesalahan sistem DPF atau kendaraan tidak didorong jauh atau cukup cepat untuk memungkinkan regenerasi terjadi. Lihat lembar fakta kami tentang Filter Partikel Diesel untuk informasi lebih lanjut. 
Untuk beberapa mesin yang dilengkapi dengan sistem injeksi diesel Common Rail, tingkat oli mesin yang tepat sangat penting. Penggunaan oli yang salah dapat menghasilkan segala macam masalah kinerja. 
Peringatan keamanan
Sistem bahan bakar diesel beroperasi pada tekanan yang sangat tinggi. Ada risiko cedera serius atau kematian karena kontak dengan bahan bakar tekanan tinggi. 
Berbahaya jika melepas injektor dan menyalakan mesin untuk memeriksa pola semprotannya. 
Beberapa injektor diesel elektronik bekerja pada tegangan tinggi (sekitar 150 volt). Ada risiko sengatan listrik yang parah. 
Sistem bahan bakar Common Rail biasanya menggunakan pipa bahan bakar sekali pakai. Begitu mereka telah dilonggarkan, mereka harus diganti karena mereka tidak dapat disegel kembali secara andal. 
Injektor elektronik sering dikalibrasi secara individual ke komputer manajemen mesin dan harus dipasang kembali ke tempat asalnya. Jika tercampur, atau injektor dirombak, sistem harus dikalibrasi ulang menggunakan peralatan khusus. 
Menghindari masalah sistem bahan bakar
Meskipun Anda tidak dapat menghindari keausan sistem bahan bakar normal yang terkait dengan penggunaan rutin, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari masalah yang tidak perlu.
Jangan membeli bahan bakar murni berdasarkan harga. Beli hanya merek terkenal dari sumber yang memiliki reputasi baik, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Bahan bakar yang kotor, berkualitas buruk atau terkontaminasi akan dengan cepat menghancurkan sistem injeksi. Sistem Common Rail belakangan sangat sensitif terhadap masalah kualitas bahan bakar. 
Selalu simpan kwitansi pembelian bahan bakar Anda. Dengan begitu jika Anda mendapatkan batch yang buruk atau terkontaminasi Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menegosiasikan beberapa bantuan dari pemasok. 
Jika ini terjadi, pastikan Anda menyimpan setidaknya satu liter bahan bakar yang dicurigai. Perusahaan yang terlibat mungkin ingin diuji. Kumpulkan sampel dalam wadah yang bersih, kering, dapat disegel dan bahan bakar. Minyak plastik bekas, jus buah atau wadah serupa tidak cocok. 
Filter bahan bakar ada untuk melindungi sistem bahan bakar, jadi perhatikan perlunya penggantian reguler. Jika beroperasi dalam kondisi buruk, penggantian filter lebih sering mungkin diperlukan. Gunakan hanya peralatan asli atau filter pengganti berkualitas tinggi karena usia pakai sistem tergantung pada mereka. 
Bersihkan kotoran dan debu dari sekitar pengisi bahan bakar dan hindari mengisi hujan untuk mengurangi kemungkinan memasukkan kotoran dan air ke dalam sistem. 
Tiriskan perangkap air secara teratur, jika ada. Jangan tunggu sampai lampu peringatan menyala. 
Berhati-hatilah dengan penyimpanan bahan bakar. Jangan pernah menggunakan drum kimia kosong atau wadah yang tidak disetujui lainnya karena bahan kimia residu dapat menyebabkan kerusakan yang luas. 
Jika Anda mengisi dari tangki penyimpanan massal (tangki pertanian dll.), Secara teratur buang kondensasi air yang mungkin terbentuk di dalam tangki. 
Pastikan tangki penyimpanan mencegah masuknya hujan dan kotoran yang dapat mendorong pertumbuhan alga. Lihat lembar fakta kami tentang sludging bahan bakar diesel untuk informasi lebih lanjut. 
Hindari mengisi dari drum karena kemungkinan memperkenalkan kontaminan sangat meningkat. 

Jika membeli solar curah, pertimbangkan berapa lama perlu disimpan dan musim. Bahan bakar campuran musim panas dapat menyebabkan permulaan dan masalah kinerja dalam cuaca dingin. Semua bahan bakar memiliki umur simpan yang pasti yang tergantung pada kondisi penyimpanan. Ini harus dibicarakan dengan pemasok bahan bakar Anda. 

Selasa, 01 Agustus 2023

Cara Menghindari / Mencegah Rem macet setelah Parkir.

Cara Menghindari / Mencegah Rem macet pada saat Parkir.


Jika anda sudah pernah mengalami roda mobil yang terkunci akibat rem yang lengket, sebaiknya ketahui beberapa tips atau cara menghidari kejadian serupa. Beberapa cara mencegah terkuncinya roda ini antara lain:


1. Jangan gunakan hand-brake saat parkir dalam kondisi rem basah

Saat parkir setelah memcuci roda mobil atau setelah melewati banyak genangan air, sebaiknya tidak mengaktifkan rem-tangan atau rem parkir. Solusinya adalah parkir mobil dengan memasukkan posisi tranmisi ke gigi 1 atau gigi mundur untuk mobil manual, karena kedua posisi tersebut adalah posisi cengkraman transmisi terkuat yang bisa mencegah mobil bergerak maju atau mundur. Solusi lainnya adalah memasang pengganjal ban.

2. Jangan parkir dalam kondisi miring ke depan atau belakang

Parkir dengan posisi mobil menurun atau menanjak, saat mengaktifkan hand brake, akan menyebabkan rem yang basah menerima beban pengereman maksimal, sehingga kemungkinan lengket menjadi lebih besar. Karena kanvas yang basah akan mengering dalam kondisi ditekan secara maksimal, sehingga jika terkunci akan lebih sulit dilepaskan.

3. Bersihkan sistem rem secara berkala

Sebaiknya system rem baik tromol atau cakram dibersihkan secara berkala. Misalnya setiap servis rutin di bengkel , sekalian minta agar system pengereman juga dibersihkan, atau dibarengkan dengan ritual ganti oli mesin.

Jika roda mobil belakang tidak berputar ( macet) padahal hand brake sudah dilepas.
Kami dapat membantu untuk memperbaiki/serviceketempat anda.
Dengan menghubungi di no WA 081287527188 untuk wilayah Bekasi.







Selasa, 11 Januari 2022

Jual Cross joint kopel PTO / Drive shaft untuk kebutuhan karoseri , bengkel dump truk, water truk dan untuk aplikasi lainnya


Jual Drive Shaft Besar dan kecil kopel PTO  hub 081287527188 untuk kebutuhan karoseri bengkel dump truk.







Cross joint driveshaft Besar







Cross/ Universal/ Steer Joint PTO
Type besar

L= 77 mm
D= 25 mm

Type kecil

L = 57.5 mm
D = 20  mm












Dapat menghubungi di no WA 081287527188 untuk pemesanan.