Senin, 15 April 2024

Penyebab lampu check engine nyala akibat Egr bermasalah pada mobil Pajero sport

 

EGR memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi gas buang kembali ke dalam ruang bakar. Hal tersebut dilakukan untuk menekan kadar nitrogen oksida (NOx) yang terkandung pada emisi gas buang.
Katup EGR kotor dapat menyebabkan berbagai masalah dengan aliran dan pengoperasian sistem EGR yang menyebabkan masalah kinerja mesin. Efek katup EGR yang kotor diantaranya terjadi pengurangan daya, pengurangan akselerasi, dan penurunan efisiensi bahan bakar.

Apa yg terjadi jika EGR rusak?
Salah satu komponen yang paling terdampak adalah exhaust gas recirculation (EGR) jadi buntu. Akibat adanya sisa kerak karbon dan jelaga yang menumpuk di saluran jalur pembuangan udara, berimbas pada tarikan mesin yang loyo. Mesin terasa lebih boros, dan kadar emisi gas buang meningkat.




Oleh karena itu, katup EGR merupakan katup sederhana yang dapat menutup dan terbuka sesuai kebutuhan. Fungsi penting pada katup EGR yaitu untuk membuka dan mengarahkan gas sisa pembakaran ke dalam ruang bakar atau untuk menutup dan mencegah gas buang masuk.

Kapan EGR terbuka?
EGR Valve akan mulai membuka saat temperatur kerja mesin mulai panas dan mesin bekerja dalam beban berat. Saat beban mesin bertambah berat maka secara otomatis temperaturnya juga akan beranjak naik. Saat inilah EGR valve akan terbuka dan mensirkulasikan gas buang masuk ke dalam intake manifold.

GEJALA YANG MUNGKIN TERJADI
Lampu Engine AKTIF (atau Lampu Servis Engine Engine Segera)

Pada saat di scanner muncul   kode  
dtc P2413 

DESKRIPSI

Valve Exhaust Gas Recirculation (EGR) dikendalikan oleh Modul Kontrol Powertrain (PCM). Ketika katup EGR terbuka, gas buang mengalir dari manifold buang melalui katup EGR, intake manifold, dan jalur EGR. Gas buang diedarkan ke dalam campuran udara / bahan bakar untuk menurunkan suhu pembakaran, mengurangi oksida nitrogen (NOx) emisi. Sensor (sensor pengangkat) dibangun ke dalam katup EGR dan mendeteksi jumlah pengangkatan katup. Nilai perintah untuk lift katup target disimpan di PCM sehingga resirkulasi gas buang dapat dioptimalkan sesuai dengan kondisi mengemudi. Membandingkan nilai perintah ini dengan nilai sinyal output sensor lift, PCM mengontrol katup EGR untuk membuat jumlah lift katup aktual sama dengan nilai perintah. Jika output sensor katup tidak cukup untuk pengangkatan katup yang diperintahkan, kegagalan fungsi terdeteksi dan Kode Masalah.

Perawatan dan pembersihan carbon didalam EGR harus lah secara berkala min 50rb km tergantung dari solar yg di gunakan.

Kami dapat membantu untuk membersihkan Egr yg kotor tersebut 

Mandiri Autoservice

Bengkel gurah mesin carbon clean dan Purging diesel

Jl Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan 
Booking service wa 081287537188




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar