Rabu, 03 Desember 2025

Penyebab gambar lampu check engine menyala dan cara mematikan lampu check engine

Cara Mematikan  Lampu Engine pada mobil.

Saat mengemudi Anda mungkin melihat gambar lampu mesin menyala artinya ada masalah di mobil anda,
Muncul lampu check mesin di dasbor , Anda dapat menyetel ulang sendiri check lampu engine Anda, atau minta ahlinya untuk mengurusnya.
 Di bawah ini, kami akan memberi tahu Anda cara menyetel ulangnya .




Cara Mengatur Ulang Lampu Mesin Pemeriksaan :

1.Menggunakan Alat Pindai atau yang kita kenal Scanner.

Jika Anda memilih untuk menggunakan alat pemindaian, maka ikuti langkah-langkah ini ...
Hubungkan alat pindai ke konektor diagnostik onboard. Ini ditemukan di bawah kolom kemudi. Pastikan kunci kontak dimatikan dan semua aksesori di dalam kendaraan dimatikan.
Tekan tombol BACA pada alat pindai, dan cari kode kesalahan apa pun.
Tekan tombol ERASE pada alat untuk menghapus kode kesalahan. Lampu check engine kemudian akan mati.




2.Teknik Pemutusan Baterai

Metode teknik pelepasan baterai, dan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini :
Lepaskan koneksi kabel aki mobil. Gunakan kunci pas untuk melepaskan kabel positif dan negatif.
Kuras listrik yang tersisa. Tekan dan tahan klakson mobil selama sekitar 30 detik untuk mengalirkan listrik dari kapasitor kendaraan.
Tunggu untuk menghubungkan kembali baterai. Anda harus menunggu sekitar 15 menit agar kode kesalahan dihapus dan lampu engine mati. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan dan memasang kembali kabel aki mobil.

Note:
Untuk beberapa mobil keluaran Eropa, tidak boleh melepas kabel battery /aki karena akan malfungsi system electrical nya..jadi disarankan untuk menghubungi dealer bengkel resmi atau bengkel yang ahlinya.





Perbaiki Masalah Mobil anda.

Penting untuk dicatat bahwa metode di atas tidak mudah. Jika ada masalah dengan mobil Anda, maka lampu periksa mesin akan menyala kembali. Jika itu masalahnya, satu-satunya cara untuk mengatur ulang lampu periksa engine adalah dengan menyelesaikan masalah yang memicu perbaikan sensor yg ada.

Bawa mobil Anda ke seorang mekanik, yang secara akurat akan menentukan mengapa lampu engine menyala. Ini bisa saja sesederhana misalnya socket - socket longgar, rusak, atau kabel kontak putus.
Apa pun masalahnya, setelah diselesaikan, lampu engine check akan mati.Jika sudah dilakukan perbaikan atau penggantian.

Jika lampu check engine Anda tidak mau mati, maka bawa mobil Anda ke pusat layanan perbaikani yang canggih. Teknisi bersertifikat yang memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk tidak hanya mengatur ulang  dengan benar, tetapi juga memastikan bahwa kendaraan dalam keadaan baik.

Untuk membuat janji, hubungi kami atau jadwalkan secara online. Beri kami beberapa informasi tentang mobil Anda, bersama dengan hari dan waktu yang sesuai untuk Anda. Kami kemudian akan menghubungi untuk mengkonfirmasi janji layanan Anda.

   📍 Bengkel Mandiri Autoservice
         jl Raya pendidikan, Mangunjaya Tambun selatan.
         Bekasi.
  📲 WA 081287527188.




Artikel yang bermanfaat untuk anda, klik tautan di bawah ini:

Mengenal tehnik gurah mesin

Paket gurah mesin mobil bensin

Purging mobil diesel commonrail


Rabu, 19 November 2025

Bengkel ganti oli mobil Tambun

Mandiri Autoservice 
Bengkel gurah mesin carbon clean dan purging.
Jl Raya pendidikan no 1 Mangun jaya tambun Selatan Bekasi.

 Melayani :
Ganti oli
Service berkala
Service kaki kaki 
Tune up mesin 
Gurah mesin
Purging diesel 
Service rem
Dll
Hub Wa kami 
081287527188

081287527188 Cara termudah menghilangkan ngelitik grand livina 081287527188 wilayah bekasi


081287527188  Carbon Cleaner Bekasi / Gurah Mesin Bekasi  / Injection Clean wilayah Bekasi Tambun Cibitung  Cikarang dan sekitarnya
Nissan Grand Livina dan mobil lainnya yang bermasalah dengan ruang bakar mengakibatkan ngelitik dan tenaga tidak respon. dapat menghubungi kami.

Jasa Pembersihan ruang bakar pada kendaraan dengan menggunakan cairan pembersih yang di masukan ke dalam Ruang bakar dan di keluarkan kembali kotoran karbon dengan cara di isap menggunakan alat, tanpa membongkar komponen .
Pekerjaan ini di lakukan bersamaa dengan service Rutin Engine Tune dilakukan setiap kelipatan 20.000 KM. Cocok untuk kendaraan yang sudah masa pakai di atas 3 tahun.
Dikerjakan tanpa ke bengkel karena dapat di lakukan di rumah (home service ) cukup menghubungi  kami dan melakukan Booking Service
Produk ini adalah Combution Chamber Cleaner atau pembersih ruang bakar mesin khususnya mesin mobil

Kelebihan dari produk kami adalah
- Bahan baku bermutu tinggi dari pabrikan kimia besar dunia
- Tidak menggunakan kimia yang bersifat asam ataupun basa kuat
- Tidak menimbulkan pelapisan/lengket. Cairan akan menguap apabila terkena proses pembakaran
- Efektif, aman dan lebih ramah lingkungan

Manfaat yang diberikan dari produk ini untuk mesin mobil anda adalah :
- Mengembalikan Daya/Tenaga Mesin
- Mengurangi atau bahkan menghilangkan Ngelitik/Knocking
- Konsumsi bahan bakar lebih efisien
- Meningkatkan kualitas emisi buang
- Memperlambat kehausan pada elemen mesin


Setelah di Lakukan Carbon Clean , Maka  dilanjukan dengan pembersihan Injector Nozzle dengan menggunakan Tehnologi Jerman, agar Kendaraan benar benar maksimal / Standart Pabrikan.

Proses Pengerjaan seperti video dibawa ini :


 Alamat kami :
Loc📍Bengkel Mandiri Autoservice
Jl.Raya Pendidikan Tambun Bekasi
📞 081287527188













Senin, 17 November 2025

Nissan Grand Livina mberebet ,suara mesin kasar, dan mesin pincang area Bekasi Layanan Home service 081287527188

Mobil Nissan anda mberebet...pada saat di gas sehingga bergetar dan mesin Pincang serta tidak ada tenaga..
Solusinya adalah Jika mbrebet dan mesin pincang bergetar, JANGAN LANGSUNG GANTI KOIL ORISINIL, coba ganti dulu karetnya karena umumnya koil masih bagus tapi ada kebocoran listrik dari batang karet yang menyebabkan mbrebet di karenakan adanya bunga api / percikan listrik yang seharusnya langsung ke busi tapi langsung ke cylinder head ( massa - battery ) .

Pastikan oli mesin tidak rembes/bocor ke tempat koil/busi lewat seal tutup klep yang bocor.

Pastikan resistor WERSTAN DIGUNAKAN, karena sudah disesuaikan dengan koil dan busi OEM yang tahanannya kecil, tanpa werstan bisa terjadi gangguan interferensi arus yang mengganggu kinerja ECU, bahkan 'terdengar' sebagai noise di sistem audio mobil.

Karet Protector Coil / Koil untuk Nissan Grand / Livina 1.8 , Latio, X-Trail T31 2.0


Karet Protector Coil  dengan WERSTAN seperti orisinilnya untuk Nissan Grand / Livina 1.5 , March , Evalia , Juke dan Serena.





Jika mobil anda mengalami hal tersebut , kami siap membantu....Area Bekasi layanan service dapat menghubungi no telp / WA 081287527188.



Salam hangat,
Aris Widi




Tune up Pajero sport berasap hitam dan hilang tenaga, solusi perawatannya adalah gurah mesin Carbon cleaner dan Purging. Dapat hubungi kami WA 081287527188

WA 081287527188
Bengkel gurah mesin 

Mitsubishi Pajero sport bermesin diesel modern yang tangguh. Walaupun menggunakan bahan bakar solar, namun karena teknologi modern yang digunakan mobil ini tidak membuat asap pembuangan hitam.
Namun kadang saat kita temukan beberapa mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam pada knalpotnya. Bagi anda yang memiliki mobil tersebut dan asap hitam mengepul keluar dri knalpot,Banyak faktor yang menyebabkan mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam, salah satunya karena ada kebocoran oli di bagian selang BLOWBYGAS yang menghubungkan antara rocker cover dengan selang filter udara yang menuju ke turbo.



Ini Penyebab Pajero Sport Mengeluarkan Asap Hitam ,Banyak faktor yang menyebabkan mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam, salah satunya karena ada kebocoran oli di bagian selang BLOWBYGAS.

Namun kadang saat kita temukan beberapa mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam pada knalpotnya. Bagi anda yang memiliki mobil tersebut dan asap hitam mengepul keluar dri knalpot,
Hal ini membuat udara dan sejumlah oli juga akan terhisap mengakibatkan timbunan oli yang ada di sistem turbo intercooler-nya. Bila dibiarkan maka timbunan oli tersebut lama kelamaan akan terhisap ke ruang bakar dan akibatnya mesin mengeluarkan asap hitam pekat.

Membiarkan dalam jangka waktu lama, mengakibatkan timbunan oli yang berada di sistem intercooler akan semakin banyak, sehingga terjadi penumpukan kerak karbon di bagian intake manifol dan sistem EGR, yang mengakibatkan performa mesin menjadi menurun.
Bagi anda yang menggunakan Pajero Sport dan mengalami hal ini, sebaiknya segera membawa ke bengkel. Agar tidak mengalami kerusakan yang mengganggu komponen lainnya.






Dalam kondisi normal tumpukan karbon sangat wajar, karena memang gas buang dari system EGR melewatinya, tumpukan karbon ini menjadi efek samping yg buruk terhadap performa mesin..dengan kondisi mesin standar tanpa didelete/di suspend pembersihan saluran EGR (pipa, valve dan jalur intake) perlu dilakukan berkala, sesusai buku manual atau tergantung kondisi solar yg digunakan..semakin buruk semakin sering frekwensi pembersihanya.


Pembersihan ini tidak cuma di jalur EGR..termasuk seluruh intake (turbo, intercooler throttel body, egr valve, dan intake manifold)..karena 50rb km jumlah yg tidak sedikit..
Ibarat karbon itu koresterol yg bisa mempersempit jalur udara sehingga pembakaran yg terjadi terlalu rich AFRnya karena Udara yg masuk sedikit sedang bbm yg di semprotkan melalui injector tetap..

Asep hitam juga di pengaruhi oleh foging yg kurang bagus dari injector, untuk itu purging diperlukan agar injector bersih dan penggantian Rutin saringan solarnya serta bahan bakar solarnya.




Jika Pajero sport anda mengalami hal tersebut atau ingin merawat dan membersihkan carbon dapat menghubungi di no Hp/WA 081287527188. 

📍lokasi bengkel.
Mandiri Autoservice
Jl.Raya Pendidikan Mangunjaya Tambun selatan Bekasi



Support:

















Bengkel Fortuner di Bekasi, melayani perawatan dan service berkala di Bekasi

Bengkel Fortuner diesel di Bekasi , 

Mandiri Autoservice dapat membantu perawatan mobil Fortuner diesel anda yang berada di wilayah Bekasi.

Mandiri Autoservice mengkhususkan untuk melakukan perawatan dan perbaikan mesin mobil Fortuner.

Melayani :

Ganti oli

Tune up 

Purging diesel 

Pengganti filter solar dan oli

Carbon clean dan Gurah mesin.

Perbaikan rem

Pengganti Timing belt 

Engine Scanner

Dll.


Bengkel Mandiri Autoservice 

Beralamat 

Jl Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan Bekasi.

No Hp/ wa  081287527188.
















Manfaat Purging mobil Diesel 081287527188 Merawat mobil diesel dengan Purge system


WA 081287527188
Mandiri Autoservice 
Bengkel gurah mesin carbon clean dan purging diesel 




Merawat kendaraan bermesin diesel cukup sederhana. Baik itu yang sudah mengadopsi teknologi common rail, direct injection atau bahkan indirect injection. Terpenting menjaga kebersihan bahan bakar yang tentunya berimbas dengan kebersihan tangki bahan bakar, injektor, filter solar, saluran bahan bakar.

Caranya tidak terlalu sulit, salah satunya melakukan diesel purging secara rutin setiap 20,000 KM. Bahkan boleh juga setiap 10,000 KM jika menggunakan solar subsidi pada kendaraan common rail seperti Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva, Mitsubishi Pajero Sport, Renault Duster dan lain sebagainya.
"Dengan rutinnya melakukan purging fuel line, tentu meminimalkan resiko injektor tersumbat atau rusak dikarenakan jalur bahan bakar sudah kotor,"  Sebagai gambaran, harga injektor common rail rata-rata Rp 3 juta belum termasuk ongkos pasang. Bayangkan jika 4 buah injektor rusak, tentunya akan mengeluarkan uang yang cukup banyak. "Lebih baik mencegah daripada sudah terlambat,"

 


Jika tanda-tanda berikut di bawah ini Anda alami, berarti indikasi injektor mesin diesel Anda bermasalah, mobil diesel Anda perlu di PURGING.

- Tenaga mesin berkurang
- Mengalami kesulitan start awal (menghidupkan mesin) di pagi hari
- Mesin lebih bergetar dari biasanya
- Mesin bergejala pincang walau saat idle maupun saat dijalankan

Masalah paling umum adalah nozzle injektor tersumbat kotoran. Kotoran tersebut sangat halus, berskala mikron (1/1000mm), yang terakumulasi lama menghasilkan residu yang menyumbat injektor. Akibatnya aliran solar yang masuk terganggu.

Perhatian harus lebih lagi untuk mesin diesel yang sudah mengadopsi sistem injektor common-rail dimana dalam sistem ini, tekanan sangat tinggi (1.350-1.800 bar) yang bertujuan untuk membuat pengabutan berlangsung sempurna, hasilnya mesin lebih bertenaga, lebih efisien dan juga ramah lingkungan. Untuk jenis mesin diesel common rail, solar berkualitas rendah sangat tidak dianjurkan dan kebutuhan akan perawatan rutin injektor diesel harus lebih sering (interval waktu servis lebih singkat), biasanya dianjurkan setiap 10.000 Km, bahkan lebih sering lagi yaitu setiap 5.000 Km jika memakai solar kualitas rendah atau kondisi seperti di atas sudah mulai dirasakan.

Perawatan umum di bengkel biasanya adalah dengan “bongkar mesin” khususnya bagian injektor dan saluran bahan bakar untuk dibersihkan, harganya mahal sekali, sekali servis kisaran lebih dari 1-2 jutaan. Jika rusak parah, maka komponen injektor harus diganti dan harganya mahal sekali, misalnya injektor Toyota Kijang Innova diesel (EDU 2 soket) sekitar Rp 4,5 juta per unit, dan untuk model 3 soket bisa hingga Rp 7 juta per unit.

Tapi sekarang ada cara yang lebih efektif dan efisien, sekaligus biaya rendah yaitu dengan metode PURGING yang hanya menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit dan bisa dikerjakan sendiri (bagi yang sudah mempelajarinya).
Metode ini mem-by-pass langsung cairan pembersih ke injektor melalui jalur filter bahan bakar. Sirkulasi cairan purging berlangsung tertutup dengan rute masuk dan keluarnya cairan purging ke pompa injeksi berasal dari kaleng DIESEL PURGE sebagai tangki eksternal menggantikan tangki bahan bakar mobil.

Jika perawatan tersebut membutuhkan waktu,, anda dapat menhubungi kami 081287527188 untuk wilayah bekasi , kami akan mengerjakan purge di tempat anda.