Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel,
Gurah mesin mobil bensin dan diesel
Purging diesel, purging Innova,purging Fortuner,purging Pajero, cleaning carbon,carbon clean, bengkel gurah mesin bekasi
Decarbonize sebutan lain dari Gurah mesin / Carbon clean / Purge diesel yang bertujuan untuk menghilangkan sisa pembakaran arang karbon didalam ruang bakar dan kotoran yang berada di dalam system bahan bakar baik itu Injektor dan bahan bakar sehingga mobil menjadi seperti Standart Pabrikan..
Metode yang di lakukan secara fisik atau mekanik yaitu dengan membongkar mesin untuk membersihkan arang carbon yang berada di dalam mesin, biasanya di lakukan turun mesin atau semi over houl dikerjakan oleh bengkel profesional dan membutuhkan biaya yang sangat besar serta waktu yang lama.
Metode yang dilakukan dengan menggunakan cairan baik itu berupa water base (H20) dan cairan Kimia ( chemical) yang prosesnya dapat di kerjakan sendiri atau dengan tenaga profesional. Proses tersebut sangat sederhana dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar dan tidak memerlukan waktu lama.
Metode tersebut dapat di lakukan untuk mobil Bensin dan mobil diesel, namun i berbeda dalam proses pengerjaannya.
Metode yang kami lakukan dengan cara pada point ke 2 yaitu Menggunakan Cairan Khusus yang sudah teruji dan aman bagi mesin mobil.Waktu pengerjaan sekitar 1jam untuk mobil bensin dan mobil diesel.
Asap hitam asap yang paling umum yang keluar dari pembakaran di mesin diesel. Ini menunjukkan pembakaran yang miskin bahan bakar.
Atau bisa karena sebab berikut ini :
1-Injector yang kotor atau aus
2-BBM terlalu penuh
3-Turbocharger yang rusak sebagai akibat dari kegagalan fungsi mengirim supply udara yang tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar
4-Rasio udara atau BBM yang tidak tepat
5-Kompresi mesin yang terlalu rendah bisa disebabkan karena ring piston atau komponen yang aus
6-Udara yang masuk kotor, akibat dari filter udara yang kotor
7-Kualitas BBM yang buruk
8-Kandungan karbon yang berlebihan di ruang bakar
Jika ada komponen yang rusak atau aus tentu harus segera diganti. Jangan membeli BBM sembarangan. Asap hitam dengan kandungan karbon yang tinggi merupakan zat yang tidak diinginkan dari ruang bakar mesin diesel. https://www.facebook.com/Gurahmesinbekasi/
Jika tanda-tanda berikut di bawah
ini Anda alami, berarti indikasi injektor mesin diesel Anda bermasalah, mobil diesel
Anda perlu di PURGING.
- Tenaga mesin berkurang
- Mengalami kesulitan start awal
(menghidupkan mesin) di pagi hari
- Mesin lebih bergetar dari biasanya
- Mesin bergejala pincang walau saat
idle maupun saat dijalankan. - Service Berkala km 50.000 atau sudah masa pakai 2 tahun. Pembersihan Egr dan tune up kembali mobil anda sesuai petunjuk dari buku pedoman Service. Cleaning Manipold Egr Fortuner diesel
👆Egr Pajero Sport
👆EGR Fortuner Innova
Paket carbon cleaner dapat di lihat video dibawah ini
Masalah paling umum adalah nozzle
injektor tersumbat kotoran. Kotoran tersebut sangat halus, berskala mikron
(1/1000mm), yang terakumulasi lama menghasilkan residu yang menyumbat injektor.
Akibatnya aliran solar yang masuk terganggu.
Perhatian harus lebih lagi untuk
mesin diesel yang sudah mengadopsi sistem injektor common-rail dimana dalam
sistem ini, tekanan sangat tinggi (1.350-1.800 bar) yang bertujuan untuk
membuat pengabutan berlangsung sempurna, hasilnya mesin lebih bertenaga, lebih
efisien dan juga ramah lingkungan. Untuk jenis mesin diesel common rail, solar
berkualitas rendah sangat tidak dianjurkan dan kebutuhan akan perawatan rutin
injektor diesel harus lebih sering (interval waktu servis lebih singkat),
biasanya dianjurkan setiap 10.000 Km, bahkan lebih sering lagi yaitu
setiap 5.000 Km jika memakai solar kualitas rendah atau kondisi seperti di atas
sudah mulai dirasakan. Products purge yang gunakan Products Germany
Perawatan umum di bengkel
biasanya adalah dengan “bongkar mesin” khususnya bagian injektor dan
saluran bahan bakar untuk dibersihkan, harganya mahal sekali, sekali servis
kisaran lebih dari 1-2 jutaan. Jika rusak parah, maka komponen injektor harus
diganti dan harganya mahal sekali, misalnya injektor Toyota Kijang Innova
diesel (EDU 2 soket) sekitar Rp 4,5 juta per unit, dan untuk model 3 soket bisa
hingga Rp 7 juta per pc Harga Injector nozzle /Pc
Proses purge Land crusier :
Tapi sekarang ada cara yang lebih
efektif dan efisien, sekaligus biaya rendah yaitu dengan metode PURGING yang
hanya menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit dan bisa dikerjakan sendiri
(bagi yang sudah mempelajarinya).
Metode ini mem-by-pass langsung
cairan pembersih ke injektor melalui jalur filter bahan bakar. Sirkulasi cairan
purging berlangsung tertutup dengan rute masuk dan keluarnya cairan purging ke
pompa injeksi berasal dari kaleng DIESEL PURGE sebagai tangki eksternal
menggantikan tangki bahan bakar mobil. Setelah proses selesai tinggal memasukan microflex983 ke dalam tanki Bbm.
Catatan : Purging diesel merupakan service Perawatan / Maintenance jika komponen Injector nozzle sudah aus tetap harus diganti . Paling tidak meminimalis kinerja injector tersumbat.
Berikut proses purge yg telah kami lakukan: proses purge pajero sport
Rawatan rutin AC mobil , pembersihan evaporator tanpa bongkar dasboard berguna untuk menghilangkan bau tak sedap dan bakteri di dalamnya. Dapat di klik tautan ini :
Tingginya intensitas hujan dan mengguyur wilayah Jabodetabek, membuat beberapa wilayah terendam banjir. Kondisi ini membuat beberapa mobil terendam banjir bahkan hingga sampai menyentuh setengah bodinya. Hal yang sangat membantu untuk pemilik mobil , lakukan sesegera mungkin jika banjir sudah mulai naik dari batas setengah ban .... Lakukan segera :
Segera Lepaskan Kabel Negatif Aki.
Jangan Menyalakan Mesin Saat Terendam Air.
Gunakan Batu untuk Mengganjal Mobil.
Cek Kondisi Oil dan Bahan Bakar.
Untuk mobil yang terkena banjir, sebisa mungkin jangan pernah dinyalakan atau di starter. Karena hal tersebut akan sangat merusak mesin dan kelistrikan dari mobil kesayangan kamu. Jika mobil kamu terkena banjir, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan terlebih dahulu air yang masuk ke bagian kabin.Buang air yang masuk ke dalam kabin hingga air benar-benar tidak ada lagi. Jika bisa melepas jok dan karpet dasar sendiri, lebih baik lepaskan terlebih dahulu agar memudahkan pembersihan. Langkah ini bisa kamu lakukan bagi kalian yang ingin membersihkan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Lepaskan semua bagian jok, karpet dasar, plafon, hingga doortrim.
Jika sudah dilepas semua, bersihkan bagian dalam mobil menggunakan lap kering. Setelah itu, bersihkan karpet dasar, jok dan plafon menggunakan air bertekanan dan sabun. Gunakan pembersih untuk menghilangkan lumpur dan kotoran agar bersih. Jika kalian tidak yakin dengan cara ini, kamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel untuk dilakukan pembersihan.
Untuk mencek kondisi mobil dapat melakukan pengganti oli mesin dan lakukan service untuk memastikan kondisi mobil anda.
Kerak oli adalah kaya cholesterol pada badan kita. OLI RAVENOL mencegah kerak oli. Base oil kami menggunakan oli synthetik terbaru. Poly Alpha Olefin + Esters + Aditif CleanSynto. Tidak perlu beli Engine Flush lagi. Kerana Engine Flush sebenarnya menghakis logam.
Sayangi engine dan rawat dengan oli Ravenol.
Oli Ravenol (Made In Germany)
Manfaat yang di dapat menggunakan oli Ravenol yaitu:
1. Menghemat Konsumsi BBM dan meningkatkan tenaga
2. Cleansyntho- membersihkan dan memperpanjang masa pakai mesin
3. mencegah pembentukan kerak oli
4. berbahan dasar PAO – Poly Alpha Olefin
5. Titik Didih Tinggi serta rendah penguapan
6. Masa service lebih panjang karena oli stabil terhadap oksidasi
7. Untuk mesin Turbo atau Non Turbo (Bensin dan Solar)
8. Sangat direkomendasikan untuk Mesin dengan katalitas dan PDF
9. Aman untuk semua jenis penyekat.
10. Mampu memberikan perlindungan mesin hingga 10.000 Km atau 50% lebih lama dari oli biasa
11. Ruang bakar pada mesin lebih bersih.
Pembuktian oli Ravenol dapat membersihkan kerak oli di dalam mesin dengan system clean synto.
Dapat di klik dibawah ini:
READY STOCK Area Bekasi Cash On Delivery ( COD )
RAVENOL TSI SAE 10W - 40 dapat di gunakan untuk mobil bensin dan solar
MADE IN GERMANY
Tipe : Oli ravenol TSI Semysinth
Brand : Ravenol
Negara asal : Germany
Keunggulan : memiliki cleansing agen,tidak berlumpur,masa pakai tinggi.
Klik untuk mengetahui MSDS
Melayani Home service untuk penggantian oli mesin dan CARBON CLEANER GURAH MESIN mobil anda dengan menghubungi WA 081287527188 area Bekasi.
Salah satu problem utama yang dikeluhkan pengguna Nissan Grand Livina AT khususnya versi mesin 1.500cc (HR15DE) adalah gejala knocking dan tarikan awalnya yang agak berat. “Setelah pemakaian dua hingga tiga tahun, mesin.
Solusi mencegah mesin ngelitik dengan memberbersihkan ruang bakar dan system injection bahan bakar mobil anda.
Sebagai pemilik mobil yang mencoba selalu rutin melakukan perbaikan agar mencegah kerusakan lebih besar. Tentunya memahami bahwa perawatan mesin mobil sesuai dengan aturan merk dagangnya membutuhkan dana tidak sedikit. Sebagai solusi paling praktis untuk mencegah mesin mobil ngelitik ialah menggunakan . Produk kami membantu mengoptimalkan kerja mesin namun tetap efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Hasilnya performa mesin mobil terjaga, bebas dari resiko ngelitik, dan kerusakan lainnya.
Anda dapat menghubungi kami untuk service booking Wilayah Bekasi 081287527188. untuk lebih detailnya dapat mengklik GURAH MESIN BEKASI
Uraian singkat mengapa Livina Ngelitik
Proses pengerjaan +/- 1jam....
Untuk booking service dapat menghubungi di no telp/WA 081287527188
Purge Diesel area Bekasi , untuk mobil Pajero sport, Innova diesel , Fortuner diesel dan lainnya WA 081287527188 Rawatan berkala untuk mesin diesel
Klik untuk petunjuk / arah 📍👉bengkel kami Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif. trackbackMesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah. Kekurangannya hanya terletak suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat utk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo ato Supercharger Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit. TEKNOLOGI DIESEL COMMONRAIL (DIESEL MODERN) Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan common rail, mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil premium seperti Jaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan mesin diesel dengan teknologi terbaru tersebut. Sebagai contoh, Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal. Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya dengan mesin diesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah, seperti Kijang Innova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail kesulitan mendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsennya. Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina, makin sulit diperoleh. Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak lain. Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah harga bensin terbaik. Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka akan kembali mendapatkan nilai ekonomisnya dibandingkan mobil bermesin bensin. DIESEL Vs BENSIN Sebelum mendalami common rail, kita bahas dulu tentang mesin yang digunakan secara umum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak. Untuk ini, hanya ada dua jenis, yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya solar. Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression ignition) atau mesin dengan penyalaan kompresi. Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition), mesin dengan penyalaan bunga api (busi). Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang dimampatkan atau dikompresi di dalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara menjadi sangat tinggi. Begitu juga suhunya, mencapai titik bakar solar. Karena itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu, langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaan atau percikan bunga api. Untuk mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi. Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 – 12 : 1. Perbandingan kompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi perbandingan kompresi, lebih efisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan kompresi tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus juga mempertimbangkan sifat dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan DIESEL COMMONRAIL Vs DIESEL CONVENSIONAL Perbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan konvensional adalah cara memasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada antara pompa injeksi dan injektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa injeksi atau mekanik awam menyebutnya Bosch pump dan injektor.
Diesel Konvensional
Fuel System Diesel Konvensional
Diesel Common-Rail (Diesel Modern)
Diesel Common-Rail (Diesel Modern)
Cara kerja common rail layaknya seperti konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan satu wadah atau rel yang sama dari Pompa Injector. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi bensin. Sedangkan mesin diesel konvensional, setiap injektor memiliki pasokan solar sendiri-sendiri langsung dari pompa injeksi. (perhatikan skema)
Tekanan bahan bakar dalam rel sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakan sekarang menjadi 26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji 25 bar dan CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkan tentu saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin makin efisien. That’s Why mesin Diesel Common Rail Direct Injection macem Ford Ranger/Nissan Navara/Chevrolet Captiva VCDI lebih terlihat minim asap hitam ketimbang mesin Diesel Jadul Sesuai dengan perkembangan mesin Diesel, Para ahli mngembangkan sistem yang paling mutakhir pada mesin Diesel yakni yang dikenal dengan CRDI (Common Rail Direct Injection) teknologi ini telah digunakan oleh Chevrolet Captiva Diesel CRDI/VCDI dengan kapasitas mesin 2000cc 16 katup segaris memuntahkan tenaga 150 Daya Kuda pada kitiran 4000 Rpm dengan torsi max 320 Nm pada kitiran 2000 Rpm Wow! fantastis! tenaga besar namun efisien.
Menservis Rutin Mobil Sebaiknya Berdasarkan Kilometer Jarak Tempuh atau Waktu?
Engine tune up + gurah mesin
Melakukan servis secara berkala, sudah jadi agenda wajib para pemilik mobil. Sulit rasanya ditinggalkan, karena bakal menyangkut performa dan bahkan keawetan dari kendaraaan itu sendiri.
Apa dasar yang tepat untuk menentukan kapan mobil harus dibawa ke bengkel untuk di servis rutin atau belum?
Saat ini ada dua parameter yang umum dipakai pada kendaraan, berdasarkan waktu atau kilomeyter jarak tempuh kendaraan?
Lebih disarankan adalah berdasarkan waktu daripada kilometer.Ini karena bahan kimia di beberapa komponen akan semakin turun performanya karena waktu.
Pertimbangan waktu lebih dipakai juga karena terkait dengan kondisi macet yang kerap dialami mobil.
Yakni ketika mesin mobil hidup, tapi kilometer tidak bertambah dan saat itu oli tetap bekerja di dalam mesin.
Selain penggantian oli, di dalam perawatan rutin juga dilakukan pemeriksaan terhadap komponen lain seperti rem, ban, aki dan lainnya. Jika berdasarka waktu disarankan enam bulan sekali, jika tetap berdasarkan jarak tempuh di setiap kelipatan 10.000 km,
Beberapa bagian yang diperiksa saat melakukan perawatan rutin adalah oli mesin dan filternya, saringan udara dan saringan AC yang ada di dalam kabin, busi, oli transmisi dan gardan, minyak rem, dan cairan pendingin mesin ,Selain itu yang juga perlu pemeriksaan dan perawatan rutin adalah volume air aki, volume minyak power steering.
Manfaat dari gurah mesin yang di dapati adalah
Membersihkan sisa carbon di ruang bakar. Menghilangkan kerak dari sistem injeksi. Membersihkan katup masuk dan nosel injeksi. Mencegah mesin kasar dan kehilangan daya Mengurangi konsumsi bahan bakar dan emmisi gas buang. Sehingga kendaraan menjadi lebih responsif dan kembali ke kondisi Seperti mobil Baru.
Untuk booking service dapat menhubungi telpon / WA 081287527188 untuk area Bekasi.
Emisi gas yang dihasilkan oleh pembakaran
kendaraan bermotor pada umumnya berdampak negatif terhadap lingkungan.
Sehingga perlu diambil beberapa langkah untuk dapat mengendalikan gas
buang yang dihasilkan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan
pemeriksaan atau uji emisi berkala untuk mengetahui kandungan gas buang
kendaraan yang berpotensi mencemari lingkungan. Pada negara-negara yang
memiliki standar emisi gas buang kendaraan yang ketat, ada 5 unsur dalam
gas buang kendaraan yang akan diukur yaitu senyawa HC, CO, CO2, O2 dan
senyawa NOx. Sedangkan pada negara-negara yang standar emisinya tidak
terlalu ketat, hanya mengukur 4 unsur dalam gas buang yaitu senyawa HC,
CO, CO2 dan O2.
== Emisi Senyawa Hidrokarbon ==
Bensin adalah senyawa hidrokarbon, jadi
setiap HC yang didapat di gas buang kendaraan menunjukkan adanya bensin
yang tidak terbakar dan terbuang bersama sisa pembakaran. Apabila suatu
senyawa hidrokarbon terbakar sempurna (bereaksi dengan oksigen) maka
hasil reaksi pembakaran tersebut adalah karbondioksida (CO2) dan
air(H¬2O). Walaupun rasio perbandingan antara udara dan bensin
(AFR=Air-to-Fuel-Ratio) sudah tepat dan didukung oleh desain ruang bakar
mesin saat ini yang sudah mendekati ideal, tetapi tetap saja sebagian
dari bensin seolah-olah tetap dapat “bersembunyi” dari api saat terjadi
proses pembakaran dan menyebabkan emisi HC pada ujung knalpot cukup
tinggi.
Untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan
Catalytic Converter (CC), emisi HC yang dapat ditolerir adalah 500 ppm
dan untuk mobil yang dilengkapi dengan CC, emisi HC yang dapat ditolerir
adalah 50 ppm.
Emisi HC ini dapat ditekan dengan cara
memberikan tambahan panas dan oksigen diluar ruang bakar untuk
menuntaskan proses pembakaran. Proses injeksi oksigen tepat setelah
exhaust port akan dapat menekan emisi HC secara drastis. Saat ini,
beberapa mesin mobil sudah dilengkapi dengan electronic air injection
reaction pump yang langsung bekerja saat cold-start untuk menurunkan
emisi HC sesaat sebelum CC mencapai suhu kerja ideal.
Apabila emisi HC tinggi, menunjukkan ada 3
kemungkinan penyebabnya yaitu CC yang tidak berfungsi, AFR yang tidak
tepat (terlalu kaya) atau bensin tidak terbakar dengan sempurna di ruang
bakar. Apabila mobil dilengkapi dengan CC, maka harus dilakukan
pengujian terlebih dahulu terhadap CC denganc ara mengukur perbedaan
suhu antara inlet CC dan outletnya. Seharusnya suhu di outlet akan lebih
tinggi minimal 10% daripada inletnya.
Apabila CC bekerja dengan normal tapi HC
tetap tinggi, maka hal ini menunjukkan gejala bahwa AFR yang tidak tepat
atau terjadi misfire. AFR yang terlalu kaya akan menyebabkan emisi HC
menjadi tinggi. Ini bias disebabkan antara lain kebocoran fuel pressure
regulator, setelan karburator tidak tepat, filter udara yang tersumbat,
sensor temperature mesin yang tidak normal dan sebagainya yang dapat
membuat AFR terlalu kaya. Injector yang kotor atau fuel pressure yang
terlalu rendah dapat membuat butiran bensin menjadi terlalu besar untuk
terbakar dengna sempurna dan ini juga akan membuat emisi HC menjadi
tinggi. Apapun alasannya, AFR yang terlalu kaya juga akan membuat emisi
CO menjadi tinggi dan bahkan menyebabkan outlet dari “Cylinder Cap”
mengalami overheat, tetapi CO dan HC yang tinggi juga bisa disebabkan
oleh rembasnya pelumas ke ruang bakar.
Apabila hanya HC yang tinggi, maka harus
ditelusuri penyebab yang membuat ECU memerintahkan injector untuk
menyemprotkan bensin hanya sedikit sehingga AFR terlalu kurus yang
menyebabkan terjadinya intermittent misfire. Pada mobil yang masih
menggunakan karburator, penyebab misfire antara lain adalah kabel busi
yang tidak baik, timing pengapian yang terlalu mundur, kebocoran udara
disekitar intake manifold atau mechanical problem yang menyebabkan angka
kompresi mesin rendah.
Untuk mobil yang dilengkapi dengan sistem
EFI, gejala misfire ini harus segera diatasi karena apabila didiamkan,
ECU akan terus menerus berusaha membuat AFR menjadi kaya karena membaca
bahwa masih ada oksigen yang tidak terbakar ini. Akibatnya “Cylinder
Cap” akan mengalami overheat.
== Emisi Karbon Monoksida (CO) ==
Gas karbonmonoksida adalah gas yang
relative tidak stabil dan cenderung bereaksi dengan unsur lain. Karbon
monoksida, dapat diubah dengan mudah menjadi CO2 dengan bantuan sedikit
oksigen dan panas. Saat mesin bekerja dengan AFR yang tepat, emisi CO
pada ujung knalpot berkisar 0.5% sampai 1% untuk mesin yang dilengkapi
dengan sistem injeksi atau sekitar 2.5% untuk mesin yang masih
menggunakan karburator. Dengan bantuan air injection, maka CO dapat
dibuat serendah mungkin mendekati 0%.
Apabila AFR sedikit saja lebih kaya dari
angka idealnya (AFR ideal = lambda = 1.00) maka emisi CO akan naik
secara drastis. Jadi tingginya angka CO menunjukkan bahwa AFR terlalu
kaya dan ini bisa disebabkan antara lain karena masalah di fuel
injection system seperti fuel pressure yang terlalu tinggi, sensor suhu
mesin yang tidak normal, air filter yang kotor, PCV system yang tidak
normal, karburator yang kotor atau setelannya yang tidak tepat.
== Emisi Karbon Dioksida (CO2) ==
Konsentrasi CO2 menunjukkan secara
langsung status proses pembakaran di ruang bakar. Semakin tinggi maka
semakin baik. Saat AFR berada di angka ideal, emisi CO2 berkisar antara
12% sampai 15%. Apabila AFR terlalu kurus atau terlalu kaya, maka emisi
CO2 akan turun secara drastis. Apabila CO2 berada dibawah 12%, maka kita
harus melihat emisi lainnya yang menunjukkan apakah AFR terlalu kaya
atau terlalu kurus.
Perlu diingat bahwa sumber dari CO2 ini
hanya ruang bakar. Apabila CO2 terlalu rendah tapi CO dan HC normal,
menunjukkan adanya kebocoran exhaust pipe.
== Oksigen (O2) ==
Konsentrasi dari oksigen di gas buang
kendaraan berbanding terbalik dengan konsentrasi CO2. Untuk mendapatkan
proses pembakaran yang sempurna, maka kadar oksigen yang masuk ke ruang
bakar harus mencukupi untuk setiap molekul hidrokarbon.
Dalam ruang bakar, campuran udara dan
bensin dapat terbakar dengan sempurna apabila bentuk dari ruang bakar
tersebut melengkung secara sempurna. Kondisi ini memungkinkan molekul
bensin dan molekul udara dapat dengan mudah bertemu untuk bereaksi
dengan sempurna pada proses pembakaran. Tapi sayangnya, ruang bakar
tidak dapat sempurna melengkung dan halus sehingga memungkinkan molekul
bensin seolah-olah bersembunyi dari molekul oksigen dan menyebabkan
proses pembakaran tidak terjadi dengan sempurna.
Untuk mengurangi emisi HC, maka
dibutuhkan sedikit tambahan udara atau oksigen untuk memastikan bahwa
semua molekul bensin dapat “bertemu” dengan molekul oksigen untuk
bereaksi dengan sempurna. Ini berarti AFR 14,7:1 (lambda = 1.00)
sebenarnya merupakan kondisi yang sedikit kurus. Inilah yang menyebabkan
oksigen dalam gas buang akan berkisar antara 0.5% sampai 1
Mesin tetap dapat bekerja dengan baik
walaupun AFR terlalu kurus bahkan hingga AFR mencapai 16:1. Tapi dalam
kondisi seperti ini akan timbul efek lain seperti mesin cenderung
knocking, suhu mesin bertambah dan emisi senyawa NOx juga akan meningkat
drastis.
Normalnya konsentrasi oksigen di gas
buang adalah sekitar 1.2% atau lebih kecil bahkan mungkin 0%. Tapi kita
harus berhati-hati apabila konsentrasi oksigen mencapai 0%. Ini
menunjukkan bahwa semua oksigen dapat terpakai semua dalam proses
pembakaran dan ini dapat berarti bahwa AFR cenderung kaya. Dalam kondisi
demikian, rendahnya konsentrasi oksigen akan berbarengan dengan
tingginya emisi CO. Apabila konsentrasi oksigen tinggi dapat berarti AFR
terlalu kurus tapi juga dapat menunjukkan beberapa hal lain. Apabila
dibarengi dengan tingginya CO dan HC bila oksigen terlalu tinggi dan
lainnya rendah berarti ada kebocoran di exhaust sytem.
== Emisi senyawa NOx ==
Selain keempat gas diatas, emisi NOx
tidak dipentingkan dalam melakukan diagnose terhadap mesin. Senyawa NOx
adalah ikatan kimia antara unsur nitrogen dan oksigen. Dalam kondisi
normal atmosphere, nitrogen adalah gas inert yang amat stabil yang tidak
akan berikatan dengan unsur lain. Tetapi dalam kondisi suhu tinggi dan
tekanan tinggi dalam ruang bakar, nitrogen akan memecah ikatannya dan
berikatan dengan oksigen.
Senyawa NOx ini sangat tidak stabil dan
bila terlepas ke udara bebas, akan berikatan dengan oksigen untuk
membentuk NO2. Inilah yang amat berbahaya karena senyawa ini amat
beracun dan bila terkena air akan membentuk asam nitrat.
Tingginya konsentrasi senyawa NOx
disebabkan karena tingginya konsentrasi oksigen ditambah dengan
tingginya suhu ruang bakar. Untuk menjaga agar konsentrasi NOx tidak
tinggi maka diperlukan kontrol secara tepat terhadap AFR dan suhu ruang
bakar harus dijaga agar tidak terlalu tinggi baik dengan EGR maupun long
valve overlap. Normalnya NOx pada saat idle tidak melebihi 100 ppm.
Apabila AFR terlalu kurus, timing pengapian yang terlalu tinggi atau
sebab lainnya yang menyebabkan suhu ruang bakar meningkat, akan
meningkatkan konsentrasi NOx dan ini tidak akan dapat diatasi oleh CC
atau sistem EGR yang canggih sekalipun.
Tumpukan kerak karbon yang berada di
ruang bakar juga akan meningkatkan kompresi mesin dan dapat menyebabkan
timbulnya titik panas yang dapat meningkatkan kadar NOx. Mesin yang
sering detonasi juga akan menyebabkan tingginya konsentrasi NOx.
== Catatan Singkat: ==
CO : Carbon Monoxida
CO2 : Carbon Dioxida
HC : Hydro Carbon
NOx : Nitrogen Oxida
O2 : Oxygen
CC : Catalytic Converter
Sumber dari https://rengkodriders.wordpress.com/2012/05/08/pengertian-uji-emisi-terhadap-mesin/
Mobil Nissan mberebet Mesin menjadi brebet atau ngelitik .
Masalah pada Nissan Grand Livina adalah mesin mobil yang brebet atau 'ngelitik'. Permasalahan ini bisa kamu selesaikan dengan memberikan carbon clean pada piston dan valve-nya. Carbon clean akan membersihkan dari dasar ke atas hingga mengenai kepala komponen tersebut.
Agar menjadi optimal, kamu bisa melakukan tune up secara menyeluruh. Nissan Grand Livina bisa ngelitik karena beberapa hal, misalnya filter udara yang kotor, throttle body, atau kesalahan penggunaan bahan bakar.
penyakit pincang / brebet pada nissan livina . paling sering terjadi oleh koil pengapian yang rusak , namun jangan terburu - buru mengganti koil pengapian assy karena sebenarnya yang rusak cuma bagian protektornya saja . jika kita cermati akan ada bekas terbakar pada ujung protektor koil , sehingga terjadi kebocoran arus pada bagian yang terbakar ini , inilah yang mengakibatkan mesin pincang .
Namun pemilik mobil nissan livina tidak perlu khawatir , karena kami menjual part koil yang rusak ( protektornya saja ) . dengan mengganti protektornya tentu harganya lebih ekonomis , dibandingkan beli koil assy .
karna kalau beli koil yang original biasanya tidak menjual protektornya saja , melainkan dijual assy sama kepala koil nya ...
Mobil Livina anda seperti mberebet...dapat ke tempat kami
Atau Hubungi kami di no WA 081287527188
📍Mandiri Autoservice
Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel
Mitsubishi Pajero sport bermesin diesel modern yang tangguh. Walaupun menggunakan bahan bakar solar, namun karena teknologi modern yang digunakan mobil ini tidak membuat asap pembuangan hitam.
Namun kadang saat kita temukan beberapa mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam pada knalpotnya. Bagi anda yang memiliki mobil tersebut dan asap hitam mengepul keluar dri knalpot,Banyak faktor yang menyebabkan mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam, salah satunya karena ada kebocoran oli di bagian selang BLOWBYGAS yang menghubungkan antara rocker cover dengan selang filter udara yang menuju ke turbo.
Ini Penyebab Pajero Sport Mengeluarkan Asap Hitam ,Banyak faktor yang menyebabkan mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam, salah satunya karena ada kebocoran oli di bagian selang BLOWBYGAS.
Namun kadang saat kita temukan beberapa mobil Pajero Sport mengeluarkan asap hitam pada knalpotnya. Bagi anda yang memiliki mobil tersebut dan asap hitam mengepul keluar dri knalpot,
Hal ini membuat udara dan sejumlah oli juga akan terhisap mengakibatkan timbunan oli yang ada di sistem turbo intercooler-nya. Bila dibiarkan maka timbunan oli tersebut lama kelamaan akan terhisap ke ruang bakar dan akibatnya mesin mengeluarkan asap hitam pekat.
Membiarkan dalam jangka waktu lama, mengakibatkan timbunan oli yang berada di sistem intercooler akan semakin banyak, sehingga terjadi penumpukan kerak karbon di bagian intake manifol dan sistem EGR, yang mengakibatkan performa mesin menjadi menurun.
Bagi anda yang menggunakan Pajero Sport dan mengalami hal ini, sebaiknya segera membawa ke bengkel. Agar tidak mengalami kerusakan yang mengganggu komponen lainnya.
Dalam kondisi normal tumpukan karbon sangat wajar, karena memang gas buang dari system EGR melewatinya, tumpukan karbon ini menjadi efek samping yg buruk terhadap performa mesin..dengan kondisi mesin standar tanpa didelete/di suspend pembersihan saluran EGR (pipa, valve dan jalur intake) perlu dilakukan berkala, sesusai buku manual atau tergantung kondisi solar yg digunakan..semakin buruk semakin sering frekwensi pembersihanya.
Pembersihan ini tidak cuma di jalur EGR..termasuk seluruh intake (turbo, intercooler throttel body, egr valve, dan intake manifold)..karena 50rb km jumlah yg tidak sedikit..
Ibarat karbon itu koresterol yg bisa mempersempit jalur udara sehingga pembakaran yg terjadi terlalu rich AFRnya karena Udara yg masuk sedikit sedang bbm yg di semprotkan melalui injector tetap..
Asep hitam juga di pengaruhi oleh foging yg kurang bagus dari injector, untuk itu purging diperlukan agar injector bersih dan penggantian Rutin saringan solarnya serta bahan bakar solarnya.
Jika Pajero sport anda mengalami hal tersebut atau ingin merawat dan membersihkan carbon dapat menghubungi di no Hp/WA 081287527188.
📍lokasi bengkel.
Mandiri Autoservice
Jl.Raya Pendidikan Mangunjaya Tambun selatan Bekasi