Minggu, 28 September 2025

Penyebab & Solusi, Mobil Keluar Asap Saat Di Gas

WA 081287527188
Bengkel gurah mesin

Mengapa Asap Mobil Tidak Transparant ??

Asap mobil yang berwarna putih atau gelap terjadi akibat ada partikel tambahan saat terjadinya pembakran dan bisa juga disebabkan siklus pembakaran mesin yang kurang sempurna. Gas CO akan terkontaminasi dengan gas NOX sehingga warnanya bisa lebih gelap dan terasa pedih di mata. Namum mobil yang dilengkapi dengan catalytic converter apa tidak tersaring ?? Catalytic converter memang berfungsi untuk mengikat partikel yang menyebabkan emisi buruk seperti gas NOX. Secara normal, pembakaran mesin memang menghasilkan gas NOX dengan kadar rendah.






Gas tersebut melewati catalytic converter sebelum masuk ke knalpot dan karena NOX sedikit kadarnya maka gas buang yang keluar dari knalpot bisa lebih jernih. Namun beda kasusnya jika kadar NOX yang terbentuk itu lebih banyak. Kecepatan aliran gas buang yang melewati catalytic converter itu cukup tinggi “apalagi saat digas” sehingga ada banyak gas NOX yang tidak tersaring akibatnya keluar dari dalam knalpot.

Lantas Apa Penyebab Mobil Yang Ngebul ??

Dalam hal ini ada tiga jenis asap yang keluar dari knalpot, dan ketiganya juga disebabkan hal yang berbeda-beda yaitu:


Asap Berwarna Putih Tipis “Kebiruan”
Jenis asap yang pertama berwarna putih tipis, kalau kalian melihat asap ini di area terang mungkin akan nampak berwarna biru. Kebul ini di sebabkan karena ada oli yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Seperti pada motor dua tak yang memiliki oli samping, pasti warna asapnya putih. Ketebalan asap yang keluar dari knalpot menunjukan seberapa banyak oli yang terbakar. Namun mengapa oli mesin bisa masuk kedalam ruang bakar ?? Oli bisa masuk ke ruang bakar dikarenakan hal-hal berikut ini:

Keausan Blok Silinder Dan Ring Piston.





Saat blok silinder mengalami keausan maka diameternya akan melenar begitu pula saat ring piston mengalami keausan celah ring piston akan melebar. Akibanya saat piston bergerak naik turun oli dari crank case masuk melalui celah ring piston dan terbakar saat busi menyala.

Seal Katup/klep Rusak.

Seal katup/klep ialah karet yang merapatkan batang katup dengan ruang pada head cylinder. Fungsinya untuk mencegah oli dari kepala silinder masuk kedalam intake/exhaust port. Apabila seal ini mengalami kerusakan, otomatis oli bisa dengan mudah masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Bocor Oli Dari Turbo


Khusus mesin yang dilengkapi turbocharger “biasanya mesin diesel” oli mesin juga bisa bocor dari komponen turbo. Pada turbo, oli digunakan untuk melumasi poros turbin dari turbo. Apabila oli tersebut bocor, maka oli bisa masuk ke intake side atau ke exhaust side. Apabila oli masuk ke intake, maka oli mengalir ke ruang bakar dan ikut terbakar. Namun saat oli langsung ke exhaust, oli langsung berubah menjadi asap putih karena panas gas exhauts.

Lantas Bagaimana Solusinya ??

Untuk mengecek kebocoran oli ke ruang bakar ini, langkah pertama kita harus melakukan pengecekan kompresi mesin. Pengecekan kompresi ini dilakukan untuk mengetahui berapa besaran tekanan kompresi mesin. Apabila terdeteksi tekanan kompresi mesin dibawah standar maka itu tandanya oli mesin memang masuk dari celah ring piston. Mau tidak mau kita perlu mengganti ring piston atau melakukan oversize blok mesin agar bisa kembali normal. Tapi kalau tekanan kompresi masih normal itu menandakan bahwa oli bukan berasal dari celah ring piston. Melainkan dari saluran udara mesin seperti seal katup tadi atau turbocharger.

Asap Berwarna Putih Pekat

Pada mobil mungkin kalian pernah melihat knalpotnya mengeluarkan asap putih dengan pekat ini. Terjadi akibat coolant atau air pendingin masuk ke ruang bakar dan menguap karena panas pembakaran mesin. Hasil penguapan ini akan berwujud asap putih yang keluar dari dalam knalpot. Asap putih ini berbeda dengan kasus bocor oli, kalau asap karena oli terbakar itu cenderung kebiruan. Tetapi untuk asap ini seperti air menguap yang warnanya keputihan.

Untuk memastikannya coba cek volume oli dan volume air pendingin. Mana yang berkurang apabila volume air pendingin berkurang berarti benar masalahnya berasal dari kebocoran coolant. Dari mana air radiator masuk ke ruang bakar ?? Air ini masuk melalui packing atau gasket kepala silinder yang retak. Saat mobil digas, “RPM naik” maka putaran pompa air juga naik yang menyebabkan tekanan didalam saluran pendingin meningkat.

Karena kondisi gasket retak maka air dari lubang pendingin didalam blok mesin akan mengalir keluar dan masuk kedalam ruang bakar. Ketika pembakaran mesin terjadi, air ini akan menguap karena tingginya panas di area itu.

Lantas Bagaimana Solusinya ??

Cara mengatasi bocor air pendingin ini kita hanya perlu mengganti packing atau gasket kepala silinder yang mengalami keretakan. Langkah penggantian ini juga tergolong tidak terlalu sulit karena hanya melepas bagian kepala silinder.

Asap Berwarna Hitam/Abu-Abu
Untuk warna asap knalpot ketiga, mungkin kalian pernah atau sering melihatnya pada mobil truk yang menggunakan mesin diesel. Asap hitam ini disebabkan karena bahan bakar yang keluar didalam ruang bakar itu terlalu banyak. Ada perhitungan didalam penentuan volume bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Pada mesin bensin, perbandingannya sekitar 14 : 1 atau 14 gram udara berbanding dengan 1 gram bensin. Apabila perbandingan lebih boros “<14 : 1” maka produksi NOX ini juga akan berlebih, karena NOX tercipta karena kandungan oksigen yang kurang dalam sebuah pembakaran mesin. Penyebabnya bisa bermacam-macam antara lain ??

Injektor Jebol.




Pada mesin bensin ini jarang terjadi, meski demikian injektor yang jebol bisa membuat aliran bensin ke dalam intake tidak terkontrol, sehingga campuran busa berlangsung boros. Sementara pada mesin diesel atau GDI “Gasoline Direct Injection”, kejadian injektor rusak ini sering ditemui. Awalnya injektor akan stuck atau macet. Ketika dilakukan penyervisan injektor bisa jebol dan membuatnya mengeluarkan bahan bakar dengan tidak terkontrol.

Kalau untuk injektor konvensional, ini bisa diakali dengan mengganti shim atau plat didalam injektor agar pegas bisa lebih kuat menekan noozel injektor. Sementara pada mesin commonrial akan terasa sulit apabila injektor sudah mengalami kerusakan, dengan kata lain kalian perlu menggantinya.

Kerusakan Air Induction System Sensor

Air induction system sensor, terdiri dari beberapa sensor disepanjang induksi udara mesin. Contohnya MAF, IAT, MAP, TPS, sensor-sensor tersebut akan mendeteksi kondisi pada udara masuk untuk menentukan berapa volume bensin yang akan disemprotkan.

Apabila salah satu sensor mengalami malfunction maka sinyal yang dikirimkan ke ECU tidak valid dan hasilnya injektor akan mengeluarkan bensin tidak akurat bisa lebih lebih sedikit bisa juga lebih banyak. Untuk urusan elektrikal ini, kita perlu bantuan alat scan untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan, setelah ketemu baru kita ganti sensornya.

Filter Udara Sangat Kotor “Mesin Karbu”

Filter udara yang sangat kotor justru menjadi penghalang bagi sistem induksi udara. Karena kotoran yang menumpuk pada permukaan filter akan menghambat aliran udara ke dalam intake manifold.

Ini akan meningkatkan kevakuman di dalam saluran udara setelah intake saat mobil di gas. Peningkatan kevakuman ini terjadi karena piston bekerja dengan lebih cepat sehingga hisapan piston juga lebih besar. Dengan kondisi filter yang rapat maka ruang setelah piston akan mengalami kevakuman.

Sementara itu kita tahu kalau mesin karbu tidak ada MAP sensor dan bensin dikeluarkan ke venturi dengan metode perbedaan tekanan. Saat kevakuman didalam saluran udara meningkat ini akan memaksa bensin keluar lebih banyak atau dengan kata lain kondisi ini mirip saat choke diaktifkan. Solusinya kalian bisa membersihkan filter udara atau bila perlu menggantinya dengan yang baru.
(Sumber google)

Demikian uraian singkat ini dapat membantu dalam pencerahan mengenai kendaraan yang anda alami di rangkum dari beberapa sumber.

Service Rutin dapat mendeteksi dini kemungkinan kerusakan pada mobil anda.

Gurah mesin dapat menjadi alternatif
Silahkan klik detailnya.👆👆👆





Bengkel ganti oli mobil dekat Cibitung

 Mandiri Autoservice.

Jl Raya Pendidikan no 1Mangunjaya tambun Selatan.

Bengkel mobil melayani 

-ganti oli

-ganti filter oli

-service rem

-gurah mesin mobil

- carbon cleaner 

- Purging diesel.

-





Scanner 

Busi Mobil Basah, Cek 2 Penyebab Berikut + Solusinya

Busi Mobil Basah, Cek 2 Penyebab Berikut + Solusinya


Penyebab busi basah - Busi adalah element penting dalam sebuah kendaraan bermotor yang menggunakan mesin bensin. Namun tak jarang juga ditemui kondisi mesin yang susah dihidupkan pas dicek busi basah. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ? simak pada artikel berikut.

Busi basah bisa disebabkan karena faktor dari luar, artinya busi tidak secara sendirinya menjadi basah melainkan ada komponen lain yang membuatnya basah.

Kita tahu kalau busi itu bertugas memercikan api, sementara api tersebut dihasilkan akibat adanya pergerakan listrik bertegangan tinggi. Ini menandakan didalam busi tidak memiliki cairan, sehingga tidak mungkin busi bisa basah dengan sendirinya.

Dalam kasus busi basah, ini bisa disebabkan oleh dua faktor yakni karena oli dan bensin.

1. Penyebab busi basah karena oli



Oli pada mesin dipakai untuk melumasi bagian yang bergesekan, dan oli ini tidak semestinya masuk kedalam ruang bakar termasuk menempel pada ujung busi.

Namun, karena oli mesin itu cairan yang bisa masuk ke celah-celah kecil maka kelonggaran sedikit saja yang mengarah ke ruang bakar dapat menjadi jalan bagi oli untuk masuk.

Dengan kata lain, potensi oli naik ke busi itu ada. Oli ini bisa masuk melalui lubang busi yang menandakan seal busi sudah mengalami kerusakan.

Akses lain, oli juga bisa masuk melalui katup intake. Awalnya oli dari dalam kepala silinder bocor ke seal katup dan karena lokasi katup ini tepat diatas ruang bakar maka ketika katup terbuka oli bisa masuk keruang bakar dan melumuri seluruh permukaan ruang bakar termasuk permukaan busi.

Apakah oli tersebut tidak terbakar didalam ruang bakar ?

Saat langkah pembakaran oli didalam ruang bakar memang oli akan terbakar dan mengeluarkan asap berwarna biru /putih tipis. Namun didalam ruang bakar, oli yang ikut terbakar akan meninggalkan sejumlah kerak.

Kerak tersebut tentunya akan mengendap pada permukaan ruang bakar termasuk pada elektroda busi. Kerak yang menempel pada elektroda akan menghalangi aliran listrik dari elektroda busi ke masa sehingga apinya kecil.

Saat api busi kecil, maka mesin sering mengalami miss fire yang ditandai suara brebet. Saat mesin mengalami missfire, oli dan campuran bahan bakar udara didalam ruang bakar tidak terbakar. Dan oli didalam ruang bakar yang tidak terbakar tersebut akan menempel pada elektroda busi sehingga ketika kita buka businya, ujung busi tersebut basah dan berwarna hitam berkerak.

Solusinya kita perlu memperbaiki dahulu letak kebocoran oli mesin. Anda bisa melakukan pemeriksaan seal dan pemeriksaan tekanan kompresi lebih dahulu untuk memastikan masalah ini.

2. Busi basah karena bensin


img by instructables.com
Yang kedua, kondisi busi tidak berkerak dan warnanya terkadang tidak terlalu hitam namun ujungnya basah. Kondisi ini bisa kita dapati ketika mesin susah dihidupkan dan saat kita buka businya pasti akan basah.

Ini akibat dari proses starting yang tidak berhasil hidup sebelumnya. Jadi ketika kita tekan tombol starter maka poros engkol mesin akan berputar dan saat langkah hisap campuran udara bensin akan masuk kedalam ruang bakar.

Namun karena saat langkah usaha tidak terjadi pembakaran maka bensin didalam ruang bakar akan menempel pada seluruh permukaan ruang bakar termasuk pada elektroda busi.

Kalau hanya 1 sampai 2 kali start mungkin efeknya tidak terlalu terlihat namin kalau sudah lebih dari tiga kali start mesin tidak juga hidup maka busi akan terlihat sangat basah.

Kondisi ini umumnya tidak membahayakan, busi yang basah menunjukan bahwa mesin menghalami missfire atau dengan kata lain sistem pengapian mesin tidak normal hingga menyebabkan busi tidak menyala.

Apa yang menyebabkan busi tidak menyala ?


  • Fuse ignition/main fuse putus. Pada kotak fuse pada ruang mesin, kita akan menemukan banyak sekering sistem kelistrikan mesin salah satunya fuse ignition. Kalau fuse ini putus maka arus primer coil juga terputus sehingga tidak terjadi pengapian.
  • Ignition coil high resistance, atau disebut juga pelonjakan tahanan. Ini akan mengakibatkan induksi pada coil lebih kecil sehingga arus sekunder yang dihasilkan tidak mampu membakar AFM.
  • Spark plug high resistance, ini juga sama kasusnya seperti diatas dimana tahanan yang melonjak pada elektroda busi membuat arus hasil induksi lebih kecil.
  • Ada kabel yang putus, pada mesin-mesin efi yang menggunakan pengapian DLI ada banyak sekali kabel-kabel yang dipakai. Jika salah satu kabel DLI rusak maka pengapian akan gagal.
Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan pengecekan rangkaian pengapian.

Untuk mobil-mobil modern yang menggunakan sistem DLI kita tidak perlu repot untuk mendeteksi letak kerusakannya. Karena ada check engine yang memberitahukan dimana letak rangkaian yang bermasalah.

Namun untuk mobil dengan pengapian transistor atau konvensional perlu dilakukan pemeriksaan khusus. Pertama, cek dulu sekering ignition pada fuse block.

Kalau fuse dalam kondisi normal, lepas cop busi dari kabel busi dan dekatkan ujung kabel busi kemasa mesin (bisa cylinder head). Dekatkan dengan celah sekitar 0,8 mm seperti celah busi lalu start mesin. Kalau muncul percikan api sedang/besar maka rangkaian pengapian dalam kondisi baik. Ini menandakan kalau masalahnya ada pada busi.

Namun kalau tidak ada percikan, berarti coil mengalami kerusakan atau ada kabel yang terputus.

Jika langkah-langkah diatas cukup ribet, sebetulnya ada cara lebih praktis yakni dengan memanggil teknisi mobil yang berkompeten. 

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai penyebab busi mobil basah, semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua. (By Copas blog sebelah)

Solusi yang sangat membantu adalah selalu melakukan service berkala untuk memastikan kondisi mobil anda.
Kami siap membantu Anda untuk Layanan home service  Wilayah Bekasi Wa 081287527188 service berkala dan carbon cleaner /gurah mesin.
Terima kasih semoga dapat membantu Anda.

Salam.
ArisWidi

Proses gurah mesin Xenia Avanza
Dapat di klik video dibawah ini :






Jumat, 08 Agustus 2025

cleaning carbon : intake Manipold, Egr dan throtle body All New Pajero sport. Booking service WA 081287527188

Pembersihan kerak carbon pada mobil All New Pajero sport  terletak pada: 
- Intake Manipold
- Egr 
- Throtle Body.

Carbon ini terbentuk akibat akumulasi dari kotor hasil pembakaran yg menggunakan bahan bakar yg berkualitas rendah atau pun  sudah melewati masa yg sangat lama , tingkat penguapan dari pelumasan dari oli dan dari kotoran yg tidak tersaring dari air filter 
Hal ini mengakibatkan tenaga mobil Pajero sport anda berkurang responnya, dan berasap Hitam pada saat idling.
Untuk service berkala setelah tercapai kilometer 50rb atau 5tahun pemakaian./ Lebih cepat sangat dianjurkan.
Silahkan menghubungi bengkel langganan Anda untuk penangan lebih lanjut.




Mandiri Autoservice 
Bengkel Gurah mesin carbon clean dan Purging diesel.
Jln Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan
Booking service 
WA 081287527188.

Jual selongsong coil Nissan livina di bekasi

 



Gejala yang di timbulkan karena selongsong coil rusak/Bocor :

1 . Mobil nyendat nyendat
2. Suara knalpot kasar/ suara mesin kasar ( didengarkan di belakang ujung knalpot dung,dung)
3. Di gas ngempos / tidak bertenaga.

4. Rpm mobil kadang tidak stabil cenderung mau mati mesinnya.

5. Kadang gambar check engine menyala di dashboard

Hal ini Sering kali terjadi di hampir semua mobil Nissan Livina,
tapi tenang untuk merk nissan kita sediakan selongsong coilnya saja ,karna harga 1 coil itu lumayan mahal 

 Perlu di ketahui kepala coil / ignition coil nissan itu tidak gampang rusak ya apalagi originalnya ,yang rusak hanya selongsong karna akibat dari panas pembakaran di ruang mesin sehingga karet nya mulai memuai.


- Jadi cukup di ganti selongsongnya saja di rasa cukup utk mengatasi problem ini .



COCOK UNTUK NISSAN :
- GRAND LIVINA 1500cc ( SV XV XGEAR ULTIMATE HWS XR)
- EVALIA
- JUKE
- MARCH
- DATSUN
- XTRAIL T31 2.5cc
- ALMERA
- LATIO.


Atau Langsung ke tempat kami sekalian di pasangkan...harap menginformasikan terlebi dahulu, ke no HP/WA 081287527188

Mandiri Autoservice

Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel.

Jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi








Rabu, 16 Juli 2025

Biaya paket Gurah mesin Tune up mobil

 Paket Tune up Gurah mesin

Tune up adalah kegiatan menyetel ulang, membersihkan, serta mengganti komponen yang telah rusak atau aus dan melakukan perawatan berkala akibat penggunaan mobil yang terus menerus. Dengan kata lain tune up mesin adalah kegiatan untuk mengembalikan kondisi mesin mobil pada kinerja mesin yang optimal



Salah satu manfaat utama dari tune up adalah memaksimalkan performa mesin kendaraan. Seperti yang Anda ketahui, jika digunakan terus menerus dalam jangka panjang tentu saja mesin bisa mengalami masalah dalam urusan performa. Dilakukannya tune up tentunya bisa membuat performa mesin semakin meningkat dan maksimal.



Gurah mesin akan dilakukan jika bagian bahan bakar sudah banyak kotoran yang menyebabkan performa mesin menurun. Kerak karbon yang mengendap ini dikarenakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, atau kualitas bahan bakar yang tidak baik

Untuk menjaga performa kendaraan tetap prima maka carbon clean ini dianjurkan untuk rutin dilakukan setiap kelipatan 10.000 km atau 1 tahun sekali.

Secara umum, tune up mencakup penggantian beberapa komponen pada mobil berdasarkan masa pakai efektifnya.



Paket Tune Up mobil yang di kerjakan:

 Komponen yang Wajib Dicek dan pembersihan serta penyetelan Saat Tune Up Mobil Injeksi :


1.Pembersihan ruang bakar. Biasanya terdapat banyak kerak pada ruang bakar meskipun sudah menggunakan oli dengan teknologi anti residu. ...

2. Idle Speed Control (ISC) ...

3. Throttle Body. ...

4. Filter udara. ...

5.Busi

6.V-belt

7.Filter Bensin 

8.Aki mobil. ...

9. Elektrikal mobil.

10. Scanner mobil .

11.Fluida dan Cairan pendukung.


Harga Paket Cuma 400rb saja...


Paket yang kami berikan sudah termasuk :

1botol Carbon clean

1botol Fuel system cleaner

Pekerjaan Tune up 

Untuk jelasnya dapat menghubungi kami untuk biaya dan estimasinya serta Booking Service langsung di klik nomer dibawah ini:

081287527188









📍Bengkel Carbon clean Gurahmesin Purging

Mandiri Autoservice

Jl raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi 

Booking Service 

081287527188


Lampiran;