pertama mari kita pelajari apa itu ngelitik : Ngelitik (knocking/preignition)
knoking atau di indonesia terkenal dengan sebutan ngelitik adalah waktu pengapian atau pembakaran yang tidak pas ,mungkin terlalu cepat ataupun terlalu lambat .didalam mesin,campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas )dikompresi oleh piston sampai volume tertentu kemudian dibakar oleh percikan bunga api dari busi.karena besarnya tekanan ini ,gas tersebut juga bisa terbakar dengan sendirinya sebelum busi menyala.jika terjadi seperti ini maka terjadi knocking atau ketukan mesin.ketukan ini menyebabkan mesin cepat rusak,sehingga sebisa mungkin harus dihindari,mesin modern saat ini memang terlihat lebih rumit dan kompleks,tetapi sebenarnya mesin modern lebih mudah dan lebih efisien.beberapa pirtanti konvesional seperti karburator ,pengapian konvensional (distributor)yang didalamnya masih menggunakan platina sudah digantikan fungsinya oleh sensor sensor seperti engine speed sensor ,throtle position sensor,intake manifold pressure sensor,knocking sensor,oxygen sensor dan lain lain .semua sendsor mengumpulkan data untuk dikirim ke Ecu dan diproses supaya semua berjalan sebagaimana semestinya
klik untuk ilustrasi proses carbon clean:
knocking disebabkan oleh banyak hal seperti
a)penyetelan timing advance yang belum pas dalam kasus ini celah busi juga mempengaruhi timing advance.maka pastikan penyetelan celah busi sesuai rekomended pabrik baru lakukan penyetelan timing(untuk busi bertipe iridium atau platinum hal ini tidak diperlukan
b)kualitas bahan bakar yang buruk ,perlu diketahui mesin modern sudah diset performa maksimal dengan kompresi yang tinggi.maka untuk mendukung kinerja mesin sempurna dibutuhkan bahan bakar yang baik dan beroktan tinggi sesuai yang ditetapkan pabrik misal oktan 92(pertamak) atau ron 94(premix)
c)kerak karbon dalam ruang bakar ,salah satu penyebab tmbulnya kerak bahan bakar adalah buruknya kwalitas bahan bakar yang kita gunakan atau mungkin penambahan treatment. umumnya mesin modern mengalami kasus ini ,pemakaian bahan bakar yang sesuai dengan angka oktan yang tinggi tetapi pemakaian tempuh yang lama untuk beberapa brand menyebabkan timbulnya karbon yang akan membara didalam ruang bakar saat kompresi sehingga menyulut campuran bahan bakar dan udara sehingga menimbulkan ngelitik
Proses pengambilan kerak Carbon :
d) cara mengemudi yang salah ,yang dimaksud disini seperti pemakaian gigi yang tinggi pada kecepatan rendah sehingga mesin sangat terbebani.untuk kasus ini mobil dengan gearbox otomatis juga malah akan sering terjadi karena akan sangat jarang mengalami putaran tinggi dikarenakan sering digunakan diperkotaan (stop and go).mesin yang jarang sekali mengalami putaran tinggi akan sangat memungkinkan untuk menembah kotoran atau kerak karbon didalam ruang bakar
e)suhu udara atau mesin yang sangat tinggi .suhu udara yang tinggi mengurangi kepadatan udara yang masuk kedalam ruang bakar sehingga berkurangnya jumlah oksigen dan campuran yang dibakar ,ini berarti pengurangan tenaga .suhu mesin yang tinggi akan membuat knocking semakin sering terjadi. jadi pada intinya knocking merupakan salah satu gangguan padamesin.bunyi ngelitik tidak berpengaruh pad kinerja mesin tapi mempercepat kerusakan mesin solusi yang tepat adalah dengan mengembalikan penyetelan ke kondisi standart pabrik. jika kondisinya sudah parah maka harus dilakukan overhoul.
(*Sumber dari berbagai referensi by Google)
Oli mesin terbaik untuk membersihkan kotoran kerak oli di dalam mesin yang terbentuk , karena pemakaian oli telat pemggantiannya.
Untuk area Bekasi kami dapat melayani home service carbon cleaner gurah mesin mobil anda dengan menghubungi no WA 081287527188.
Lampiran yang sudah di carbon cleaner gurah mesin:
Saat mengemudi Anda mungkin melihat gambar lampu mesin menyala artinya ada masalah di mobil anda,
Muncul lampu check mesin di dasbor , Anda dapat menyetel ulang sendiri check lampu engine Anda, atau minta ahlinya untuk mengurusnya.
Di bawah ini, kami akan memberi tahu Anda cara menyetel ulangnya .
Cara Mengatur Ulang Lampu Mesin Pemeriksaan :
1.Menggunakan Alat Pindai atau yang kita kenal Scanner.
Jika Anda memilih untuk menggunakan alat pemindaian, maka ikuti langkah-langkah ini ...
Hubungkan alat pindai ke konektor diagnostik onboard. Ini ditemukan di bawah kolom kemudi. Pastikan kunci kontak dimatikan dan semua aksesori di dalam kendaraan dimatikan.
Tekan tombol BACA pada alat pindai, dan cari kode kesalahan apa pun.
Tekan tombol ERASE pada alat untuk menghapus kode kesalahan. Lampu check engine kemudian akan mati.
2.Teknik Pemutusan Baterai
Metode teknik pelepasan baterai, dan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini :
Lepaskan koneksi kabel aki mobil. Gunakan kunci pas untuk melepaskan kabel positif dan negatif.
Kuras listrik yang tersisa. Tekan dan tahan klakson mobil selama sekitar 30 detik untuk mengalirkan listrik dari kapasitor kendaraan.
Tunggu untuk menghubungkan kembali baterai. Anda harus menunggu sekitar 15 menit agar kode kesalahan dihapus dan lampu engine mati. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan dan memasang kembali kabel aki mobil.
Note:
Untuk beberapa mobil keluaran Eropa, tidak boleh melepas kabel battery /aki karena akan malfungsi system electrical nya..jadi disarankan untuk menghubungi dealer bengkel resmi atau bengkel yang ahlinya.
Perbaiki Masalah Mobil anda.
Penting untuk dicatat bahwa metode di atas tidak mudah. Jika ada masalah dengan mobil Anda, maka lampu periksa mesin akan menyala kembali. Jika itu masalahnya, satu-satunya cara untuk mengatur ulang lampu periksa engine adalah dengan menyelesaikan masalah yang memicu perbaikan sensor yg ada.
Bawa mobil Anda ke seorang mekanik, yang secara akurat akan menentukan mengapa lampu engine menyala. Ini bisa saja sesederhana misalnya socket - socket longgar, rusak, atau kabel kontak putus.
Apa pun masalahnya, setelah diselesaikan, lampu engine check akan mati.Jika sudah dilakukan perbaikan atau penggantian.
Jika lampu check engine Anda tidak mau mati, maka bawa mobil Anda ke pusat layanan perbaikani yang canggih. Teknisi bersertifikat yang memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk tidak hanya mengatur ulang dengan benar, tetapi juga memastikan bahwa kendaraan dalam keadaan baik.
Untuk membuat janji, hubungi kami atau jadwalkan secara online. Beri kami beberapa informasi tentang mobil Anda, bersama dengan hari dan waktu yang sesuai untuk Anda. Kami kemudian akan menghubungi untuk mengkonfirmasi janji layanan Anda.
📍 Bengkel Mandiri Autoservice
jl Raya pendidikan, Mangunjaya Tambun selatan.
Bekasi.
📲 WA 081287527188.
Artikel yang bermanfaat untuk anda, klik tautan di bawah ini:
Perawatan dan perbaikan untuk Mobil Toyota dan Daihatsu
Pemeliharaan
terdiri dari 2 macam, yaitu: 1). Perawatan terencana atau perawatan
berkala dan 2). Perawatan tak terencana atau perbaikan jika terjadi
kerusakan sewaktu-waktu.
Perawatan
terencana atau perawatan berkala atau servis dikerjakan atas dasar
sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau
bulan), meskipun dalam kegiatan ini sebenarnya juga kadang-kadang
terjadi sedikit kegiatan perbaikan. Sedangkan perawatan tak terencana
disebut dengan perbaikan atau reparasi, yaitu jika sewaktu-waktu terjadi
kerusakan diluar jadwal perawatan berkala. Di masyarakat pemeliharaan
berkala mesin kendaraan dalam interval sekitar 10.000 km (servis besar)
disebut Tune-Up mesin kendaraan.
Tujuan Pemeliharaan atau Perawatan atau Servis Kendaraan
Dengan dilakukannya servis secara teratur akan didapatkan beberapa keuntungan :
a.Kendaraan selalu dalam kondisi optimal dan selalu siap dioperasikan.
Kapanpun
dan dimanapun kendaraan akan digunakan, kendaraan selalu siap
dioperasikan. Kendaraan membantu kelancaran transportasi orang maupun
barang. Dengan kondisi selalu siap, kendaraan merupakan faktor yang
menguntungkan, bukan merugikan. Apalagi kalau dikaitkan dengan
kepentingan bisnis, kendaraan sangat berpengaruh terhadap kelancaran
bisnis.
b.Biaya operasionalyang hemat
Semakin
lengkap dan teliti servisnya, semakin panjang umur kendaraan dan
akhirnya semakin rendah biaya operasional kendaraan tersebut.
c.Keamanan dan Keselamatan
Semakin teliti perawatan kendaraan, maka keamanan dan keselamatan operasi kendaraan akan semakin pasti danterjamin. Banyak pekerjaan kontrol dan diagnosa yang harus dilakukan pada servis kendaraan. Kelalaian pada pengontrolan akanmenaikkan
resiko gangguan dan kerusakan yang tidak dapat diperkirakan sebelumny.
Penting untuk diketahui bahwa kekurangan pekerjaan pengontrolan pada
saat servis kendaraan dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius,
minimal kendaraan bisa mogok di tengah perjalanan.
d.Unjuk Kerja dan Kenyamanan Yang Optimal.
Hanya kendaraan yang dirawat dengan baik yang dapat menampilkan unjuk kerja dan kenyamanan yang optimal.
Jangka Waktu Servis Kendaraan
Perhatikan
spesifikasi kendaraan dari pabrik pembuatnya. Hal ini dapat diketahui
dari Buku Manual / Petunjuk atau informasi lewat komputer yang
dikeluarkan oleh pabrik pembuat kendaraan, yang berisi petunjuk cara
mempersiapkan, menggunakan dan merawat kendaraan. Secara umum, kendaraan
akan diservis berdasarkan beberapa persyaratan berikut :
a.Berdasarkan Operasional Kendaraan Yang Normal
1). Servis kecil: dilakukan setelah kendaraan menempuh perjalanan,setiap 5.000s.d10.000 km
2). Servis besar: dilakukan setelah kendaraan menempuh perjalanan,setiap 10.000s.d20.000 km atauminimal sekali pertahun.
Berdasarkan Operasi Yang Khusus/Kondisi Berat
Jika
kendaraan dioperasikan pada kondisi yang berat, misalnya pada daerah
yang berdebu, berlumpur, jalan yang kasar, daerah pegunungan atau pantai
laut, maka jangka waktu pemeliharaan/perawatan/servis berkala menjadi
lebih pendek dibandingkan dengan pemeliharaan/perawatan/servis berkala
kendaraan yang dioperasikan dalam kondisi normal. Sebagai contoh pada
kendaraan yang dioperasikan pada daerah yang berdebu, saringan udara
perlu dibersihkan lebih sering. Juga apabila kendaraan sering berjalan
pada yang jalan jelek, komponen casis kendaraan harus dirawat dan
diperiksa lebih sering. Demikian juga setelah kendaraan melintasi /
menyelam dalam air, casis kendaraan dan bantalan roda harus dilumasi
lagi dengan pelumas / vet yang baru, karena air dapat masuk pada
tempat-tempat yang dilumasi dengan vet.
Referensi
1.-------------------,Basic Service Techniques--Periodic Maintenance Pre-delivery Service,Toyota Motor Corporation, Overseas Service Department, Haruhi Plant, Japan, 1998.
2.-------------------,Pedoman Reparasi Mesin 7 K,PT. Toyota Astra Motor Jakarta, 2004.
Kami dapat membantu Anda untuk melakukan Service Berkala / Rutin dengan tehnologi Carbon clean.
Dapat menghubungi di nomor Wa 081287527188 untuk area Bekasi , Layanan Home Service.
oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. Mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Mesin bensin. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif (peluang) yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing.
Jenis
Oli mineral terbuat dari oli berbahan dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat - zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.
Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.
Memeriksa oli
Memeriksa oli setiap minggu perlu dilakukan, karena dari cairan tersebut, kita bisa tahu apakah kendaraan layak digunakan atau tidak. Memeriksa kondisi oli juga tidak memerlukan waktu yang lama. Kita cukup mencabut tongkat pemeriksa ketinggian oli (dipstick), yang biasanya terlihat jelas di mesin. Apa saja yang bisa dideteksi dari oli mesin?
Jika warna oli tidak jauh berbeda dengan saat pertama diisikan ke mesin (biasanya cenderung bening), maka artinya mesin dalam kondisi prima. Yang perlu Anda lakukan hanya menyalakan mesin dan pergi ke tujuan.
Namun, apabila oli berwarna hitam, itu artinya sudah waktunya ganti oli. Jika punya wadah penampung, Anda dapat melakukannya sendiri. Tapi jika tidak ingin repot, cukup bawa ke bengkel.
Oli berwarna putih atau seperti susu berarti ada air yang tercampur. Air dan oli bisa bercampur, akibat adanya lubang pada dinding pemisah di dalam mesin. Atau bisa juga lubang terbentuk di radiator, bila kendaraan memakai jenis satu radiator untuk mendinginkan air dan oli.
Apabila muncul bau bensin, maka ada kemungkinan timbul masalah pada komponen di dalam mesin. Segera periksakan ke bengkel, karena mekanik yang bisa mengetahui komponen mana yang mungkin rusak.
Bila oli banyak berkurang, maka segera periksa lantai di bawah mobil. Jika tidak ada oli yang menetest, maka bisa jadi oli ikut terbakar bersama bensin. Tandanya yaitu muncul asap putih tebal dari knalpot.
Asap ini akibat rusaknya cincin piston atau katup tempat campuran BBM masuk ke ruang bakar. Bila ini dibiarkan, maka lama-kelamaan mesin akan rusak.
Dalam kondisi suhu mesin yang sangat tinggi, oli mesin bisa saja menguap, meskipun kasus seperti ini tergolong jarang terjadi. ... Selain karena hal di atas, kebocoran pun bisa disebabkan karena advertisement, kerusakan seal klep, ring piston dan silinder mesin sudah aus, dan block mesin retak.Penyebab berikutnya adalah jarang mengganti oli mesin. Terlebih dengan mobilitas yang tinggi atau sering memacu kecepatan tinggi, oli mesin akan cepat mengalami penguapan. Oli mesin yang berada di bawah batas minimal, tidak lagi dapat melumasi komponen mesin dan menyebabkan kerusakan fatal dan lebih dini.
Prinsipnya yaitu selalu menjaga dan memeriksa oli melalui stik nya dan mengganti oli mesin secara berkala sesuai anjuran pada ganti oli berikutnya.
(Sumber Wikipedia)
Hal yang sering terjadi pada kasus penggantian yang jangka waktu yang jauh atau oli yang telat penggantian . Oli mesin menjadi berlumpur berakibat fatal terhadap mesin mobil anda.
Solusi yang penulis sampaikan dan sudah dicoba dengan hasil yang baik, menggunakan oli Ravenol lumpur yang terdapat di mesin dapat di hilangkan. Sesuai dengan konsep gurah mesin yaitu membersihkan kondisi mesin mobil.
Jual oli Ravenol di Bekasi bisa COD wa 081287527188
APA KELEBIHAN OLI RAVENOL?
Kerak oli adalah kaya cholesterol pada badan kita. OLI RAVENOL mencegah kerak oli. Base oil kami menggunakan oli synthetik terbaru. Poly Alpha Olefin + Esters + Aditif CleanSynto. Tidak perlu beli Engine Flush lagi. Kerana Engine Flush sebenarnya menghakis logam.
Sayangi engine dan rawat dengan oli Ravenol.
Oli Ravenol (Made In Germany)
Manfaat yang di dapat menggunakan oli Ravenol yaitu:
1. Menghemat Konsumsi BBM dan meningkatkan tenaga
2. Cleansyntho- membersihkan dan memperpanjang masa pakai mesin
3. mencegah pembentukan kerak oli
4. berbahan dasar PAO – Poly Alpha Olefin
5. Titik Didih Tinggi serta rendah penguapan
6. Masa service lebih panjang karena oli stabil terhadap oksidasi
7. Untuk mesin Turbo atau Non Turbo (Bensin dan Solar)
8. Sangat direkomendasikan untuk Mesin dengan katalitas dan PDF
9. Aman untuk semua jenis penyekat.
10. Mampu memberikan perlindungan mesin hingga 10.000 Km atau 50% lebih lama dari oli biasa
11. Ruang bakar pada mesin lebih bersih.
Recommended semua merk
Pembuktian oli Ravenol dapat membersihkan kerak oli didalam mesin system Cleansynto; Klik video dibawah ini
READY STOCK Area Bekasi Cash On Delivery ( COD )
RAVENOL TSI SAE 10W - 30 dapat di gunakan untuk mobil bensin dan solar
MADE IN GERMANY
Tipe : Oli ravenol TSI Semysinth
Brand : Ravenol
Negara asal : Germany
Keunggulan : memiliki cleansing agen,tidak berlumpur,masa pakai tinggi.
Melayani Home service untuk CARBON CLEAN GURAH MESIN penggantian oli mesin dan Gurah mesin mobil anda dengan menghubungi WA 081287527188 area Bekasi.
Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.
RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.
Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888
Gejala yang di timbulkan karena selongsong coil rusak/Bocor :
1 . Mobil nyendat nyendat
2. Suara knalpot kasar/ suara mesin kasar ( didengarkan di belakang ujung knalpot dung,dung)
3. Di gas ngempos / tidak bertenaga.
4. Rpm mobil kadang tidak stabil cenderung mau mati mesinnya.
5. Kadang gambar check engine menyala di dashboard
Hal ini Sering kali terjadi di hampir semua mobil Nissan Livina,
tapi tenang untuk merk nissan kita sediakan selongsong coilnya saja ,karna harga 1 coil itu lumayan mahal
Perlu di ketahui kepala coil / ignition coil nissan itu tidak gampang rusak ya apalagi originalnya ,yang rusak hanya selongsong karna akibat dari panas pembakaran di ruang mesin sehingga karet nya mulai memuai.
- Jadi cukup di ganti selongsongnya saja di rasa cukup utk mengatasi problem ini .
COCOK UNTUK NISSAN :
- GRAND LIVINA 1500cc ( SV XV XGEAR ULTIMATE HWS XR)
- EVALIA
- JUKE
- MARCH
- DATSUN
- XTRAIL T31 2.5cc
- ALMERA
- LATIO.
Atau Langsung ke tempat kami sekalian di pasangkan...harap menginformasikan terlebi dahulu, ke no HP/WA 081287527188
Mandiri Autoservice
Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel.
Harus di waspadai untuk kopling pada saat di injak pedal
kopling ada bunyi cit..cit..cit.. ( berdenyit ) khusus nya mobil Avanza dan
Xenia. Karena Hal ini akan menyebabkan mobil anda
tidak dapat berjalan walaupun keadaan gigi persneling sudah masuk.
Jika terjadi hal sepertiitu hendaknya langsung ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih
lanjut, menurut pengalaman kami jika tidak langsung diganti kopling setakan berakibat fatal di kemudian hari.
Jika anda di wilayah Bekasi Tambun Cibitung Cikarang dan
sekitarnya dapat menghubungi di no 081287527188 untuk melakukan penggantian dan
perbaikannya.