Minggu, 03 Maret 2024

Bengkel Ganti oli terdekat di Tambun


Kami melayani ganti oli mesin , service Tune up, Gurah mesin , Purging diesel dan service berkala lainnya 

Bengkel Mandiri Autoservice
Spesialis Gurah mesin Carbon clean dan Purging.
Jl Raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi.
Telp/Wa 0812875188

Atau  kunjungi dengan klik tautan di bawah ini:



MM081287527188

Penyebab mobil Kehilangan daya dan tenaga serta ngempos

11 Penyebab Kendaraan Kehilangan Daya saat Berakselerasi

Ada beberapa penyebab berbeda antara mesin gas dan diesel. Di bawah ini adalah 11 alasan paling umum untuk kehilangan daya mobil ketika mencoba berakselerasi:

# 1 - Kompresi Rendah (Mesin Bensin & Diesel)

Agar mesin mobil berfungsi dengan baik dan memberikan daya yang memadai bagi kendaraan, harus ada kompresi silinder yang baik selama proses pembakaran. Jika kompresi kekuatan mesin akan rendah. Hasilnya akan menjadi mesin yang tidak berfungsi dengan baik. Mendiagnosis kompresi silinder rendah adalah langkah selanjutnya menuju solusi.

# 2 - Filter Bahan Bakar Tersumbat (Mesin Bensin & Mesin Diesel)

saringan bahan bakar
Filter bahan bakar terletak di antara injektor bahan bakar dan pompa bahan bakar serta sebagian berada di tanki bbm Anda. Filter Bensin adalah untuk menyaring bensin untuk setiap kotoran yang mungkin ada di dalamnya. Dengan begitu, ketika pompa bahan bakar mengirim bensin ke mesin, kotoran itu tidak akan ada.
Filter bahan bakar secara harfiah merupakan penghalang antara kontaminan dalam bensin dan mesin kendaraan Anda. Jika Anda memiliki filter bahan bakar kotor atau yang tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik karena rusak atau tersumbat, maka kontaminan tersebut akan masuk ke mesin dan pada titik tertentu, menyebabkan kerusakan yang mahal.
Setelah itu terjadi, mesin pada akhirnya akan kehilangan kekuatannya dan fungsi keseluruhan kendaraan akan terganggu. Mengganti filter bahan bakar Anda adalah perbaikan yang paling mudah.

# 3 - Filter Udara Buruk (Mesin Bensin & Diesel)

filter udara kotor
Ruang bakar Internal mesin bertanggung jawab untuk mencampur bensin dan udara bersama-sama untuk menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk menjalankan kendaraan Anda. Sebelum udara dapat memasuki ruangan, itu harus melewati saringan udara yang menyaring serangga, puing-puing, dan jenis kotoran lainnya yang mungkin ada di dalamnya.
Jika kotoran ini masuk ke mesin, mereka dapat menyebabkan kerusakan parah. Namun, saringan udara cenderung tersumbat setelah digunakan beberapa saat.
Setelah filter udara tersumbat, itu akan membatasi jumlah udara yang bisa masuk ke ruang pembakaran internal. Ini akan berdampak negatif pada fungsi kendaraan karena mesin tidak akan dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menjalankan mobil. Ganti filter udara Anda dan Anda harus menjadi baru. Jika Anda memiliki filter udara yang dapat digunakan kembali seperti K&N, cukup bersihkan sesuai dengan petunjuk pabrikan.

# 4 - Pipa Buang Tersumbat (Mesin Bensin & Diesel)

Ada dua filter dalam sistem pembuangan; knalpot dan Catalytic converter.Tugas konverter katalis adalah untuk mengurangi jumlah polusi yang dihasilkan dari gas buang.
Sedangkan untuk knalpot, tugasnya hanyalah mengurangi jumlah kebisingan yang dibuat. Jika pipa knalpot atau filternya tersumbat, itu akan melemahkan fungsi mesin dengan mengurangi tenaganya dan membuat kendaraan melambat ketika mencoba berakselerasi.
Sistem knalpot yang tersumbat buruk pada kendaraan apa pun, tetapi bahkan lebih buruk pada kendaraan turbocharged.

# 5 - Kerusakan Sensor Posisi Camshaft (Mesin Bensin & Diesel)

Sensor posisi camshaft kendaraan bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi tentang kecepatan camshaft kendaraan dan kemudian mengirimkannya ke modul kontrol elektronik (ECM).
Modul ini adalah komputer yang ada di dalam sebagian besar mobil di jalan saat ini. Setelah informasi tentang kecepatan poros bilah dikirim ke ECM, komputer kemudian akan mengatur waktu injeksi bahan bakar dan penyalaan berdasarkan informasi ini.
Namun, jika ada kerusakan dengan sensor posisi camshaft dan tidak dapat mengirim informasi ini ke ECM, maka kinerja mesin akan sangat terpengaruh dan kemungkinan tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

# 6 - Kerusakan Sensor MAF (Mesin Bensin)

Sensor MAF
Tanggung jawab utama Sensor aliran udara adalah mengukur jumlah udara yang mengalir ke mesin dan kemudian melaporkan jumlah ini ke Modul Kontrol Powertrain. Dari sana, modul akan menggunakan informasi ini untuk menghitung beban yang ditempatkan pada mesin.
Jika ada semacam kerusakan dengan sensor, maka kinerja mesin akan berkurang.

# 7 - Kerusakan Sensor Oksigen (Mesin Bensin & Diesel)

Ketika gas buang meninggalkan mesin kendaraan Anda, jumlah gas yang pergi diukur oleh Sensor OksigenModul kontrol elektronik kemudian menggunakan informasi ini untuk mengetahui rasio udara-ke-bahan bakar real-time yang ada di mesin kendaraan.
Sensor oksigen diposisikan di dalam aliran gas buang. Ini memungkinkan pengaturan waktu engine dan sistem injeksi bahan bakar untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien. Sensor oksigen bahkan memberikan dukungan dengan kontrol emisi juga.
Tetapi jika terjadi kerusakan dengan sensor oksigen, maka itu tidak akan dapat secara akurat mengirim informasi tentang rasio udara-ke-bahan bakar ke modul kontrol elektronik. Ini akan menyebabkan mesin mulai berkinerja buruk dan pada akhirnya akan berdampak negatif pada lingkungan.

# 8 - Injektor Bahan Bakar Buruk (Mesin Bensin dan Diesel)

injektor bahan bakar
Injector bahan bakar adalah komponen manajemen penting dari mesin kendaraan. Mereka terletak di dalam sistem bahan  kendaraan dan tugas utama mereka adalah menyemprotkan bahan bakar di dalam mesin.
Komputer mesin adalah apa yang mengontrol injektor bahan bakar dan interval waktu dan pola spesifik di mana injektor menyemprotkan bahan bakar ke dalam mesin. Dengan begitu, mesin dapat melakukan yang terbaik yang dapat dilakukan dalam kondisi berkendara yang berbeda.
Anda akan menemukan bahwa sebagian besar kendaraan di jalan hari ini memiliki injektor bahan bakar di dalamnya. Jika injektor bahan bakar rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka mesin tidak akan mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk menjalankan kendaraan. Anda dapat mengharapkan semua jenis masalah kinerja mesin terjadi karena injektor bahan bakar adalah bagian penting dari sistem bahan bakar.

# 9 - Pompa Bahan Bakar Buruk atau Lemah (Mesin Bensin)

Tanggung jawab  pompa bahan bakar  mengambil bahan bakar dari tangki bensin dan memindahkannya ke mesin kendaraan. Tidak hanya itu, pompa bahan bakar memastikan bahwa bahan bakar dikirim pada tekanan yang tepat sehingga dapat memenuhi permintaan mesin untuk kinerja maksimum.
Jika ada masalah atau terjadi kesalahan dengan pompa bahan bakar, akan ada masalah akselerasi dengan kendaraan dan kinerja mesin pada akhirnya akan terancam.

# 10 - Busi Buruk (Mesin Bensin)

Busi adalah komponen penting dari motor pembakaran internal kendaraan. Setelah koil pengapian mengirimkan sinyal listrik ke busi, mereka mengirimkan sinyal itu ke ruang bakar sehingga campuran udara & bahan bakarnya dapat dinyalakan oleh percikan listrik.


Jika busi pernah gagal, maka kinerja mesin akan berkurang dan akhirnya gagal sama sekali.

# 11 - Coil Pengapian Buruk (Mesin Bensin)

Coil sistem pengapian berfungsi sebagai unsur manajemen mesin elektronik yang bertanggung jawab untuk mengubah 12 volt dari daya yang dihasilkan oleh kendaraan ke 20.000 volt. Jumlah tegangan ini diperlukan untuk menghasilkan percikan listrik yang dapat menyalakan campuran udara & bahan bakar mesin.
Jika koil pengapian gagal, maka kendaraan tidak akan mampu berakselerasi dan kekuatannya akan hilang.

Penyebab Lain Tidak Ada Daya Saat Berakselerasi



  • Pengisi daya Turbo buruk
  • Katup Egr rusak
  • Katup pengiriman pompa Injeksi Buruk (Mesin Diesel Konvensional).
( cartreatment.com )

Demikian yang dapat disampaikan jika mobil anda mengalami kehilangan daya , Gurah mesin carbon cleaner dapat mengatasi daya mesin yang hilang.
Dapat menghubungi kami , untuk area Bekasi dapat melayani home service dengan menghubungi Di no WA 081287527188

Minggu, 07 Januari 2024

Bengkel mobil terdekat di Bekasi

Bengkel mobil terdekat di Bekasi, berada di tambun selatan Mangunjaya

Mandiri Autoservice

Bengkel mobil melayani

-Ganti oli mesin.

- Oli filter

- Engine tune up

- scaner.

-Gurah mesin

- Carbon clean

- Purging diesel











Rabu, 01 November 2023

Carbon cleaner dan Injection cleaner

Semua orang menyadari fakta bahwa perawatan mobil  sangat penting untuk bahan bakar yang lebih baik dan efisiensi keseluruhan kendaraan. Karena, seiring berjalannya waktu, debu dan endapan karbon lainnya mengatasi komponen mobil yang berbeda.







 Salah satu bagian dalam komponen ini adalah intake manifold. 
Apa Tujuan dari pembersihan  Intake Manifold?
Fungsi utama intake manifold adalah untuk mendistribusikan campuran pembakaran udara dan bahan bakar ke semua port intake ke silinder mesin secara merata untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi mesin.



Dalam hal, karbon menumpuk di dalam manifold inlet ini, sehingga rasio bahan bakar dan udara akan menjadi tidak seimbang, menghasilkan lebih banyak pembakaran bahan bakar, polusi udara asap hitam, dan hilangnya tenaga mobil.Oleh karena itu,  intake manifold harus di bersihkan agar udara yang masuk seimbang sesuai spesfikasi dari ECU mobil .
Pada mobil Pajero sports kadang tidak di perhatikan setiap service berkala atau bahkan tidak ada anjuran di dalam buku service , pembersihanya biasanya di lakukan setiap 70rb km atau masa pemakaian 3 -5 tahun tergantung dari bahan bakar yang di gunakan. 
Pembersihan Intake Manifold dikerjakan dengan melepas Throtle body dan EGR , carbon akan terbentuk dalam kompenen tersebut,sehingga pembersihannya di lakukan keseluruhan,dari Intake , Throtle body dan EGR..










Anda akan merasakan  kinerja mesin mobil Pajero akan seperti Standar pabrikan karena karbon sudah di bersihkan , hasilnya akan lebih bagus dilanjukan dengan Injector cleaner atau yang lebih populer istilahnya Purging diesel..

Kami dapat membantu Anda untuk hal tersebut dengan menghubungi kami di no WA 081287527188  untuk melakukan Booking service.



Tidak seperti injektor bensin, injektor diesel  common rail sangat rentan terhadap bahan bakar solar kualitas rendah. Bahkan, gejala-gejala yang banyak dikaitkan dengan injektor kotor - kehilangan daya, hilang saat start-up, berjalan buruk, peningkatan konsumsi bahan bakar dan asap knalpot berhubungan dengan deposit injektor.

Injektor diesel beroperasi pada tekanan yang sangat tinggi, hingga 1800 bar (26.000 psi) adalah umum, dan ini membantu menjaga kebersihannya, tetapi itu juga berarti bahwa, pada waktunya, mereka aus. Ini berarti mereka harus mengganti nosel secara berkala. Tentu saja sebagian besar injektor yang telah melakukan 100.000 km tidak dalam kondisi terbaiknya dan tidak ada pembersihan yang akan mengubah itu.

Jadi bagaimana Anda membedakan antara injector kotor dan injector usang? Itu mudah. Bawa ke spesialis injeksi diesel yang akan mengujinya. 

Walaupun ini terdengar tidak menyenangkan, intinya adalah tidak ada suku cadang yang dapat diservis pengguna dalam diesel injector dan pompa. Jika Anda akan melakukan perbaikan sistem bahan bakar  dengan mengganti saringan bahan bakar. 



Pembersih kimia dapat membantu membersihkan sistem bahan bakar yang kotor, atau mereka dapat melonggarkan penumpukan yang mengakibatkan penyumbatan filter bahan bakar yang sedang berlangsung, atau masalah lainnya. Mereka tidak akan mengembalikan injektor yang aus atau mengatasi masalah mekanis pada mesin. Jika Anda memilih untuk mengikuti rute pembersihan, bersiaplah bahwa itu mungkin tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah dan bahwa perbaikan yang tepat mungkin masih diperlukan setelahnya.

Masalah lain
Bahkan sistem bahan bakar yang direkondisi tidak akan dapat memberikan yang terbaik jika sisa mesinnya tidak tepat. Banyak masalah kinerja mesin disebabkan oleh masalah perawatan mesin dasar atau keausan normal. Jadi sebelum menyalahkan sistem bahan bakar, penting untuk memeriksa dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Periksa penyesuaian tappet, jika ada. Ini dapat menyebabkan jalan yang kasar, kinerja yang buruk, dan peningkatan asap knalpot. 
Kompresi yang rendah atau tidak merata dapat menghasilkan gejala yang sama. (Tes kompresi Diesel sangat berbeda dengan yang dilakukan pada mesin bensin dan bukan sesuatu yang DIYer rata akan memiliki peralatan untuk) 
Perhatikan kondisi umum mesin. Mesin usang tidak akan bekerja dengan baik. (Tes kompresi dapat membantu menentukan hal ini, namun perlu diperhatikan bahwa mesin yang aus masih dapat memiliki kompresi yang memuaskan) 
Periksa pembersih udara yang tersumbat. Penyebab umum dari kinerja yang buruk dan asap yang berlebihan. 
Periksa filter bahan bakar yang tersumbat.
Periksa operasi steker pijar jika sulit untuk memulai atau jika mesin tidak mulai bersih. (Tidak semua glow plug mungkin berfungsi, menyebabkan mesin mulai pada awalnya hanya pada beberapa silinder). Gejala yang sama dapat terjadi akibat pembuangan bahan bakar kembali. 
Kesalahan sistem manajemen engine. Lampu Periksa Mesin mungkin atau mungkin tidak menyala. Ini membutuhkan pengetahuan khusus dan alat uji untuk mendiagnosis. 
Regenerasi filter partikulat diesel yang sering atau lampu peringatan DPF sering menerangi. Kemungkinan kesalahan sistem DPF atau kendaraan tidak didorong jauh atau cukup cepat untuk memungkinkan regenerasi terjadi. Lihat lembar fakta kami tentang Filter Partikel Diesel untuk informasi lebih lanjut. 
Untuk beberapa mesin yang dilengkapi dengan sistem injeksi diesel Common Rail, tingkat oli mesin yang tepat sangat penting. Penggunaan oli yang salah dapat menghasilkan segala macam masalah kinerja. 
Peringatan keamanan
Sistem bahan bakar diesel beroperasi pada tekanan yang sangat tinggi. Ada risiko cedera serius atau kematian karena kontak dengan bahan bakar tekanan tinggi. 
Berbahaya jika melepas injektor dan menyalakan mesin untuk memeriksa pola semprotannya. 
Beberapa injektor diesel elektronik bekerja pada tegangan tinggi (sekitar 150 volt). Ada risiko sengatan listrik yang parah. 
Sistem bahan bakar Common Rail biasanya menggunakan pipa bahan bakar sekali pakai. Begitu mereka telah dilonggarkan, mereka harus diganti karena mereka tidak dapat disegel kembali secara andal. 
Injektor elektronik sering dikalibrasi secara individual ke komputer manajemen mesin dan harus dipasang kembali ke tempat asalnya. Jika tercampur, atau injektor dirombak, sistem harus dikalibrasi ulang menggunakan peralatan khusus. 
Menghindari masalah sistem bahan bakar
Meskipun Anda tidak dapat menghindari keausan sistem bahan bakar normal yang terkait dengan penggunaan rutin, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari masalah yang tidak perlu.
Jangan membeli bahan bakar murni berdasarkan harga. Beli hanya merek terkenal dari sumber yang memiliki reputasi baik, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Bahan bakar yang kotor, berkualitas buruk atau terkontaminasi akan dengan cepat menghancurkan sistem injeksi. Sistem Common Rail belakangan sangat sensitif terhadap masalah kualitas bahan bakar. 
Selalu simpan kwitansi pembelian bahan bakar Anda. Dengan begitu jika Anda mendapatkan batch yang buruk atau terkontaminasi Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menegosiasikan beberapa bantuan dari pemasok. 
Jika ini terjadi, pastikan Anda menyimpan setidaknya satu liter bahan bakar yang dicurigai. Perusahaan yang terlibat mungkin ingin diuji. Kumpulkan sampel dalam wadah yang bersih, kering, dapat disegel dan bahan bakar. Minyak plastik bekas, jus buah atau wadah serupa tidak cocok. 
Filter bahan bakar ada untuk melindungi sistem bahan bakar, jadi perhatikan perlunya penggantian reguler. Jika beroperasi dalam kondisi buruk, penggantian filter lebih sering mungkin diperlukan. Gunakan hanya peralatan asli atau filter pengganti berkualitas tinggi karena usia pakai sistem tergantung pada mereka. 
Bersihkan kotoran dan debu dari sekitar pengisi bahan bakar dan hindari mengisi hujan untuk mengurangi kemungkinan memasukkan kotoran dan air ke dalam sistem. 
Tiriskan perangkap air secara teratur, jika ada. Jangan tunggu sampai lampu peringatan menyala. 
Berhati-hatilah dengan penyimpanan bahan bakar. Jangan pernah menggunakan drum kimia kosong atau wadah yang tidak disetujui lainnya karena bahan kimia residu dapat menyebabkan kerusakan yang luas. 
Jika Anda mengisi dari tangki penyimpanan massal (tangki pertanian dll.), Secara teratur buang kondensasi air yang mungkin terbentuk di dalam tangki. 
Pastikan tangki penyimpanan mencegah masuknya hujan dan kotoran yang dapat mendorong pertumbuhan alga. Lihat lembar fakta kami tentang sludging bahan bakar diesel untuk informasi lebih lanjut. 
Hindari mengisi dari drum karena kemungkinan memperkenalkan kontaminan sangat meningkat. 

Jika membeli solar curah, pertimbangkan berapa lama perlu disimpan dan musim. Bahan bakar campuran musim panas dapat menyebabkan permulaan dan masalah kinerja dalam cuaca dingin. Semua bahan bakar memiliki umur simpan yang pasti yang tergantung pada kondisi penyimpanan. Ini harus dibicarakan dengan pemasok bahan bakar Anda. 

Selasa, 01 Agustus 2023

Cara Menghindari / Mencegah Rem macet setelah Parkir.

Cara Menghindari / Mencegah Rem macet pada saat Parkir.


Jika anda sudah pernah mengalami roda mobil yang terkunci akibat rem yang lengket, sebaiknya ketahui beberapa tips atau cara menghidari kejadian serupa. Beberapa cara mencegah terkuncinya roda ini antara lain:


1. Jangan gunakan hand-brake saat parkir dalam kondisi rem basah

Saat parkir setelah memcuci roda mobil atau setelah melewati banyak genangan air, sebaiknya tidak mengaktifkan rem-tangan atau rem parkir. Solusinya adalah parkir mobil dengan memasukkan posisi tranmisi ke gigi 1 atau gigi mundur untuk mobil manual, karena kedua posisi tersebut adalah posisi cengkraman transmisi terkuat yang bisa mencegah mobil bergerak maju atau mundur. Solusi lainnya adalah memasang pengganjal ban.

2. Jangan parkir dalam kondisi miring ke depan atau belakang

Parkir dengan posisi mobil menurun atau menanjak, saat mengaktifkan hand brake, akan menyebabkan rem yang basah menerima beban pengereman maksimal, sehingga kemungkinan lengket menjadi lebih besar. Karena kanvas yang basah akan mengering dalam kondisi ditekan secara maksimal, sehingga jika terkunci akan lebih sulit dilepaskan.

3. Bersihkan sistem rem secara berkala

Sebaiknya system rem baik tromol atau cakram dibersihkan secara berkala. Misalnya setiap servis rutin di bengkel , sekalian minta agar system pengereman juga dibersihkan, atau dibarengkan dengan ritual ganti oli mesin.

Jika roda mobil belakang tidak berputar ( macet) padahal hand brake sudah dilepas.
Kami dapat membantu untuk memperbaiki/serviceketempat anda.
Dengan menghubungi di no WA 081287527188 untuk wilayah Bekasi.







Selasa, 11 Januari 2022

Jual Cross joint kopel PTO / Drive shaft untuk kebutuhan karoseri , bengkel dump truk, water truk dan untuk aplikasi lainnya


Jual Drive Shaft Besar dan kecil kopel PTO  hub 081287527188 untuk kebutuhan karoseri bengkel dump truk.







Cross joint driveshaft Besar







Cross/ Universal/ Steer Joint PTO
Type besar

L= 77 mm
D= 25 mm

Type kecil

L = 57.5 mm
D = 20  mm












Dapat menghubungi di no WA 081287527188 untuk pemesanan.