Senin, 17 November 2025

Gurah mesin Carbon cleaner mobil, efisien dan efektif

Mandiri Autoservice 
Bengkel gurah mesin carbon clean dan purging diesel 
Wa 081287527188


Dalam istilah sederhana, Carbon cleaner atau Gurah mesin yaitu menghilangkan endapan karbon dari mesin, menggunakan metode kimia. Kimia yang kami gunakan berbasis Air ( Water Base ) sehingga aman untuk komponen bagian dari mesin. 




Prosedur pembersihan endapan karbon secara mekanis memerlukan pengangkatan kepala silinder dan kemudian, secara fisik membuang endapan karbon dari atas piston, ruang pembakaran dan komponen lainnya (misal katup) istilah yang umum di sebut Engine semi over houl. Hal tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang relatif besar/ mahal.




Menambahkan bahan kimia fuel system cleaner ke dalam pasokan bahan bakar konvensional (bensin / diesel) tampaknya melarutkan dan menghilangkan setidaknya sebagian dari deposit karbon yang terbentuk di berbagai bagian mesin, seperti sistem injeksi bahan bakar, bagian atas piston & cincin piston, ruang bakar, katup, manifold , Katup EGR, Karbon kemudian dikeluarkan melalui knalpot. 

"Pembersih carbon yang terbentuk" pada bagian dalam engine dilakukan dengan metode GURAH MESIN sangatlah mudah dan murah, di mana cairan pembersih di masukan ke dalam ruang bakar pada mesin panas hanya memerlukan waktu 1Jam saja. Cairan tersebut akan mencairkan carbon yang terbentuk yang menempel di kepala piston dengan demikian  terlepaslah karbon yang mengendap  & mengeluarkannya dengan cara di vacum menggunakan alat khusus . Cairan tersebut akan menjadi cairan carbon yang sangat pekat ,dengan berulang kali proses akan menghasilkan ruang bakar menjadi bersih.





Mengapa Gurah mesin ?

Sebagian besar penjelasan tentang perlunya Gurah mesin sehingga tidak heran customer datang untuk membersihkan mesin dengan merode  gurah mesin karena  Manfaatnya dikatakan sebagai berikut:
  • "Membersihkan Carbon" dari bagian dalam mesin dari dalam, tanpa membongkar / membukanya.
  • Pembersihan carbon seluruh sistem bahan bakar, termasuk sensor O2 dan catalytic converter.
  • Mengembalikan / meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Memaksimalkan kinerja kendaraan.
  • Mengurangi emisi berbahaya.
  • Mengurangi kebisingan & getaran mesin.
  • Memperbaiki masalah driveability - Mempermudah engine pada saat penyalaan awal & menjadi halus getaran nya

Alasan Gurah mesin :

  • Alasan pertama & utama bisa: Mengapa memperbaiki sesuatu yang tidak rusak? Ada banyak sekali contoh mobil yang berjalan dengan sangat baik melebihi 100.000 km TANPA carbon clean. Jadwal Perawatan sesuai waktunya sempurna adalah kuncinya.
  • Apakah mesin Anda benar - benar perlu Carbon clean? Gejala-gejala endapan karbon yang berat termasuk pra-penyalaan (Ngeltik, ketukan ) dan peningkatan tekanan kompresi silinder (di atas nilai yang disarankan).
  • Mesin modern & teknologi yang lebih baru berarti bahwa bahan bakar dibakar di dalam mesin di lengkapi IC  dan efisien daripada sebelumnya. Pembakaran total = tidak ada cadangan karbon terbentuk.
  • GUrah mesin  dapat meningkatkan kinerja sementara, tetapi itu tidak akan membahas alasan dari endapan tersebut - biasanya bahan bakar berlebih ( Boros ) . Anda harus memperbaiki pengaturan pompa injektor / bahan bakar untuk mencegah endapan karbon di tempatnya. Sehingga gurah mesin dilakukan secara berkala.
  •  yang ditambahkan langsung ke tangki memiliki peran dalam membersihkan simpanan karbon (juga membantu menghindari penumpukan karbon). Ini jauh lebih murah daripada membongkar mesin mobil anda.

Kami dapat membantu anda untuk melakukan Gurah mesin mobil ada . Hubungi di WA 081287527188 untuk Area Bekasi layanan home service.
Informasi dan estimasi harga dapat di klik langsung Cs kami Info dan estimasi harga

Pengecekan Service berkala

Mandiri Autoservice 

Bengkel gurah mesin carbon clean dan purging diesel 

Wa 081287527188



Sebenarnya service mobil berkala tidak membutuhkan biaya besar bila Anda melakukannya secara teratur. Kenali dulu sembilan komponen mobil yang mesti mendapatkan service berkala berikut ini. Agar Anda bisa menyiapkan waktu dan budget untuk urusan service:


Oli Mesin dan Filter Oli 





Komponen mobil yang satu ini memang tak boleh luput dari perhatian Anda. Idealnya, oli mesin mobil diganti setelah Anda menempuh jarak 10.000 km .filter oli juga patut mendapatkan perhatian yang sama. Karena filter oli yang kotor tentu tak dapat melakukan proses penyaringan secara maksimal.


Busi

Busi berperan penting sebagai pemantik pada kendaraan bermotor.  Meskipun bentuknya kecil, fungsinya memang sangat besar. Busi yang kotor membuat Anda kesulitan menyalakan mobil. Bahkan, mobil Anda akan semakin boros bahan bakar bila Anda tidak pernah mengganti busi dengan yang baru. Busi yang mulai kotor bisa dibersihkan. Namun, proses penggantiannya tetap harus dilakukan setelah mobil Anda menempuh jarak 20.000 km.


Filter Udara

Anda patut mengganti filter udara setelah menempuh jarak 40.000 km. Terutama bila Anda sering melintasi jalanan yang berdebu. Filter udara yang terlalu kotor akan menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil. Akibatnya, pembakaran berlangsung kurang sempurna dan penggunaan bahan bakar malah semakin boros.

Aki

Salah satu tanda bahwa aki mobil harus diganti adalah sistem alarm mobil yang mati. Selain itu, biasanya dashboard mobil juga tidak mau menyala hingga lama-kelamaan Anda pun sulit menyalakan mesin mobil. Air pada aki basah harus ditambah secara teratur. Selain itu, aki basah maupun aki kering mesti diganti setiap tahun. Jangan sampai kinerjanya telanjur melemah hingga akhirnya membuat mobil Anda mogok saat dikendarai.

Filter AC

Jangan mengabaikan komponen mobil yang satu ini. Hingga kini masih banyak orang yang berpikir bahwa filter AC tak perlu dibersihkan atau diganti. Karena kondisi kabin mobil selalu bersih.filter AC juga menampung banyak kotoran yang tak kasat mata. Filter AC yang kotor atau rusak akan menyebabkan kinerja AC terganggu. Maka AC pun terasa tidak dingin dan mengganggu kenyamanan Anda. Oleh sebab itu, Anda mesti rutin membersihkan filter AC dan menggantinya setiap kali mobil menempuh jarak 20.000 km.

Kanvas Rem

Fungsi kanvas rem sangat krusial bagi mobil. Fungsi pengereman didukung oleh komponen kanvas rem yang berkualitas. Seiring dengan bertambahnya usia pemakaian mobil, kanvas rem bisa menipis dan menyebabkan sejumlah gangguan. Ada beberapa ciri yang menunjukkan kalau kanvas rem mobil mesti segera diganti, yaitu bunyi berdecit saat mengerem, jumlah minyak rem yang berada di bawah batas normal, dan injakan rem yang lebih dalam dari biasanya.

Kanvas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir. Sebaiknya kanvas rem rutin dicek dan mendapatkan penggantian setiap jarak tempuh 20.000 km.


Kanvas Kopling

Selain kanvas rem, kanvas kopling juga butuh perhatian. Kanvas kopling berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke ban. Biasanya kanvas kopling relatif cepat menipis karena kondisi jalanan yang rusak. Salah satu ciri kanvas kopling yang harus diganti adalah bau khas kopling yang timbul saat Anda mengerem di tanjakan. Kanvas kopling sebaiknya diganti setelah mobil menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.

Lampu

Proses penggantian lampu mobil tentu tidak sulit. Semakin sering Anda mengendarai mobil, maka biasanya semakin pendek pula usia lampu mobil. Pemasangan lampu mobil harus dilakukan secara benar agar lampu tersebut awet dan tidak menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros. Biasanya lampu mobil sudah mulai meredup bila digunakan selama 1,5 tahun. Jadi, Anda harus lekas menggantinya dengan yang baru supaya tidak mengganggu performa mobil.

Ban Mobil

Kondisi ban mobil juga harus diperhatikan secara seksama. Terutama bila Anda sering melewati jalanan yang rusak atau menanjak. Tekstur ban mobil yang mulai menipis akan menyebabkan daya geseknya berkurang. Akibatnya, mobil jadi kesulitan bermanuver dan risiko kecelakaan pun semakin besar.

Anda mesti memilih ban mobil baru sesuai dengan karakteristik mobil. Ban mobil depan bisa digantikan dengan ban belakang. Sehingga ban belakang mendapatkan ban baru. Siklus ini harus dilakukan secara teratur demi menjaga kualitas ban mobil. Jangan sampai Anda berkendara dengan mobil yang bannya sudah tipis dan rentan pecah.



Mandiri Autoservice

Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel

Jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi

Wa 081287527188



Merasa Mobil Diesel Kehilangan Tenaga? Ada Lima Penyebabnya







Merasa Mobil Diesel Kehilangan Tenaga? Ada Lima Penyebabnya

By Taufan Rizaldy Putra (TRP), Senin, 18 Desember 2017 | 10:10 WIB
mesin diesel common railmesin diesel common rail
Otomotifnet.com - Ketika usia mobil sudah mulai menua, terkadang muncul masalah-masalah yang timbul karena adanya komponen pada mobil yang rusak atau tidak bekerja dengan baik.
Komponen yang bekerja dalam menggerakan mobil ada tiga; yaitu mesin, powertrain, dan kelistrikan.
“Jika salah satu komponen bermasalah, maka sistem akan terganggu dan mobil bisa mengalami kehilangan tenaga atau istilahnya loss power,” ujar Sanusi Workshop Head Isuzu Astra Biz Centre BSD, Tangerang.
Berikut penyebab mobil bermesin diesel kehilangan tenaga.

1. Turbo Vane Bermasalah
Kini pada mesin diesel modern sudah dibekali teknokogi turbo, yakni Variable Nozzle Turbo (VNT) dan Variable Geometry Turbo (VGT).
Fungsinya adalah untuk mengatur besaran tekanan udara yang disuplai oleh turbo ke mesin, sehingga mesin mampu memaksimalkan rpm tertingginya.
Namun, saat komponen pengatur atau solenoid turbo bermasalah, maka suplai udara ke ruang bakar juga bermasalah.
Jika solenoid tidak mampu membuka, maka aliran udara akan kurang atau underboost, sehingga mesin jadi kurang bertenaga.

2. Tekanan Kompresi Menurun
Pembakaran mesin diesel terjadi, karena tekanan yang sangat tinggi sehingga suhunya melampaui titik sulut solar.
Namun, jika tekanan kompresi pada mesin menurun, maka pembakaran jadi tidak sempurna.
Alhasil, tenaga mesin akan terasa loyo dan suara mesin juga terdengar lebih menderu.
Penurunantekanan kompresi disebabkan oleh keausan dinding silinder atau ring kompresi.
Dinding silinder yang aus, akan membuat celah antara ring dengan silinder membesar.Sehingga saat langkah kompresi, udara dari ruang bakar akan keluar lewat celah ini.

3. Injektor Stuck/Macet
Jika ada gangguan pada injektor, maka tekanan injeksi dan volume solar yang disuplai ke ruang bakar akanterganggu.
Jika noozle tersumbat kotoran, otomatis volume solar jadi tidak sesuai dan berimbas pada mesin yang kurang tenaga.
Pada mesin diesel commonrail, pompa injeksi akan memompa secara terus menerus saat mesin hidup.
Jika tekanan pompa injeksi berkurang, akan membuat tenaga mesin jadi menurun.

4. Kampas Kopling Habis
Pada kendaraan roda empat, kampas kopling yang dipakai berjenis single plate yang bersifat kering.
Penggunaan setengah kopling, akan membuat kampas kopling tidak tertekan maksimal.
Hasilnya, akan membuat gesekan antara kampas kopling dan pelat kopling, hingga kampas kopling aus.
kampas kopling aus, akan membuat tenaga mesin sulit tersalurkan ke transmisi.

5. Pengaruh Ban Dengan Tapak Lebar
Mesin diesel memang dikenal tangguh, tapi mesin diesel berspesifikasi rendah meggunakan ban besar tentu akan terasa berat.
Spesifikasi ban, sebenarnya pabrikan sudah menyesuaikan dari aspek aspek keiritan dan aspek tenaga.
Untuk itu ketika ingin mengganti ban, sebaiknya pertimbangkan kedua aspek tersebut.
(COPAS OTOMOTIVE.COM).

Solusi no 3
Kami dapat membantu untuk menghindari Injector yg mampet / Stuck.
Injector yang mampet /Stuck akibat dari tertutupnya lubang nozzle oleh partikel kotoran yang lolos dari saringan solar sehingga masuk ke dalam jalur ke Injector dan bisa juga dari kwalitas Solar yang kurang baik.
Untuk itu di perlukan pembersihan dari kotoran yang terjebak di system injection . Tehnik tersebut dengan istilah Purge Diesel.

Purge diesel cara yang lebih efektif dan efisien, sekaligus biaya rendah yaitu dengan metode PURGING yang hanya menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit dan bisa dikerjakan sendiri (bagi yang sudah mempelajarinya).
Metode ini mem-by-pass langsung cairan pembersih ke injektor melalui jalur filter bahan bakar. Sirkulasi cairan purging berlangsung tertutup dengan rute masuk dan keluarnya cairan purging ke pompa injeksi berasal dari kaleng DIESEL PURGE sebagai tangki eksternal menggantikan tangki bahan bakar mobil.
Jika tanda-tanda berikut di bawah ini Anda alami, berarti indikasi injektor mesin diesel Anda bermasalah, mobil diesel Anda perlu di PURGING.
- Tenaga mesin berkurang
- Mengalami kesulitan start awal (menghidupkan mesin) di pagi hari
- Mesin lebih bergetar dari biasanya
- Mesin bergejala pincang walau saat idle maupun saat dijalankan
Kami siap membantu anda untuk melakukan proses purging mobil anda di tempat ( area Bekasi ) untuk booking di no /Wa 081287527188.
Terima kasih.

Cairan khusus yg kami gunakan made in Jerman .
Berikut proses penerjaan purge di mobil:








Atau langsung klik tautannya dibawah ini






Tune up Besar mobil Pajero sport

 Mandiri Autoservice 

Bengkel gurah mesin carbon clean dan purging diesel 

Untuk pengguna mobil Pajero sport sangat di sarankan untuk melakukan perawatan secara berkala...





Salah satunya melakukan tune up Besar... yaitu:

Yang biasa di sebut Carbon cleaning, membersihkan kotoran carbon di dalam intake manipold, melakukan purging dan penggantian filter solar serta penggantian oli mesin berikut filter oli nya.

Kami siap membantu untuk melakukan hal tersebut.

Hubungi kami melalui WA di no 081287527188

Lokasi kami berada di Tambun Bekasi.

📍 Mandiri Autoservice

Bengkel Carbon clean Gurah mesin dan Purging diesel

Jl Raya Pendidikan no1 Mangunjaya Tambun selatan bekasi




Pembersihan Intake Manipold Throtle body Egrdan Purging diesel ( Carbon cleaner) dan Purging mobil Pajero Sports


Mandiri Autoservice 
Bengkel kami menyediakan paket Carbon cleaner yaitu pembersihan Intake Manifold, EGR , Throtle body dan Injection cleaner ( Purging diesel ) hubungi di no WA 081287527188 untuk booking service nya.



Kita menyadari fakta bahwa perawatan mobil  sangat penting untuk bahan bakar yang lebih baik dan efisiensi keseluruhan kendaraan. Karena, seiring berjalannya waktu, debu dan endapan karbon lainnya mengatasi komponen mobil yang berbeda. Salah satu bagian dalam komponen ini adalah intake manifold. 

Apa Tujuan dari pembersihan  Intake Manifold?
Fungsi utama intake manifold adalah untuk mendistribusikan campuran pembakaran udara dan bahan bakar ke semua port intake ke silinder mesin secara merata untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi mesin.





Dalam hal, karbon menumpuk di dalam manifold inlet ini, sehingga rasio bahan bakar dan udara akan menjadi tidak seimbang, menghasilkan lebih banyak pembakaran bahan bakar, polusi udara asap hitam, dan hilangnya tenaga mobil.Oleh karena itu,  intake manifold harus di bersihkan agar udara yang masuk seimbang sesuai spesfikasi dari ECU mobil .
Pada mobil Pajero sports kadang tidak di perhatikan setiap service berkala atau bahkan tidak ada anjuran di dalam buku service , pembersihanya biasanya di lakukan setiap 70rb km atau masa pemakaian 3 -5 tahun tergantung dari bahan bakar yang di gunakan. 
Pembersihan Intake Manifold dikerjakan dengan melepas Throtle body dan EGR , carbon akan terbentuk dalam kompenen tersebut,sehingga pembersihannya di lakukan keseluruhan,dari Intake , Throtle body dan EGR.












Anda akan merasakan  kinerja mesin mobil Pajero akan seperti Standar pabrikan karena karbon sudah di bersihkan , hasilnya akan lebih bagus dilanjukan dengan Injector cleaner atau yang lebih populer istilahnya Purging diesel..



Kami dapat membantu Anda untuk hal tersebut dengan menghubungi kami di no WA 081287527188  untuk melakukan Booking service


 


📍 Mandiri auto service
Bengkel Carbon clean Gurah mesin dan Purging
Jl Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi

Rabu, 15 Oktober 2025

purging pajero sport , 081287527188 ( WA)

#PurgingPajerosport



Purging tidak harus pergi ke bengkel, Anda bisa membeli cairan purge di berbagai bengkel atau tempat penjualan oli. Prinsipnya mirip fuel tank-in, namun metode ini lebih efektif karena mem-by-pass cairan pembersih ke injektor via jalur filter bahan bakar.
Kami dapat membantu melakukan proses purging .
Hubungi telp / WA 081287527188 untuk layanan Home service.




Jual tutup blocked egr Innova Fortuner diesel berikut pasang di Bekasi , Mandiri Autoservice bengkel gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel

 









Tutup EGR digunakan untuk memblok jalur gas buang yang dimasukan kembali ke ruang mesin lewat intake manifold. manfaat menutup EGR: - intake mesin tidak cepat kotor. - oli tidak cepat jenuh sehingga usia pakai lebih awet.
Kotoran atau residu biasanya mengendap di sela-sela katup ataupun jalur EGR, sehingga katup-katup tersebut tidak dapat bekerja dengan optimal, dan harus dibersihkan secara berkala,”
EGR digunakan untuk menurunkan emisi NOx yang dihasillkan dari proses pembakaran, dengan memasukkan kembali sebagian gas buang hasil pembakaran ke dalam intake manifold.

Hal ini hanya merupakan alternatif untuk menekan biaya service jika mengganti Egr yang rusak .
Note anjuran Aptm untuk tidak menutup EGR.

Jika ingin menutup EGR pada mobil Innova diesel atau Fortuner diesel dapat menghubungi kami di kontak hp /WA 081287527188.

📍Mandiri Autoservice
Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel.
Jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi.




Bahayanya Timing Belt putus pada mobil Pajero Sport


Akibat timing belt putus pada Mitsubishi Pajero Sport dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, seperti benturan antara piston dan katup. Kerusakan ini dapat merembet ke bagian dalam mesin dan berakibat pada biaya yang mahal untuk memperbaikinya. 
Akibat timing belt putus :
- Kerusakan mesin
- Benturan antara piston dan katup yang dapat merusak komponen-komponen mesin

Biaya perbaikan
Biaya perbaikan yang mahal karena harus turun mesin dan ganti komponen
Untuk menghindari kerusakan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
- Cek kondisi timing belt secara berkala 
- Ganti timing belt maksimal 85 ribu kilometer 
-Saat mengganti timing belt, ganti juga komponen tensioner 
-Perhatikan suara mesin yang terdengar tidak normal 
-Perhatikan apakah gerigi di bagian dalam permukaan timing belt tidak lagi terlihat 



Mandiri Autoservice 
Bengkel Gurah mesin carbon clean dan Purging diesel 
Jln Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan.
Booking Service 
Wa 081287527188

Mesin Diesel dengan kelebihannya...

Purge Diesel area Bekasi , untuk mobil Pajero sport, Innova diesel , Fortuner diesel dan lainnya 
WA 081287527188

Rawatan berkala untuk mesin diesel





 Klik untuk petunjuk / arah 📍👉bengkel kami




Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif.


trackback 
Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Kekurangannya hanya terletak suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat utk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo ato Supercharger
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit.


TEKNOLOGI DIESEL COMMONRAIL (DIESEL MODERN)

Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan common rail, mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil premium seperti Jaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan mesin diesel dengan teknologi terbaru tersebut.
Sebagai contoh, Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal.
Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya dengan mesin diesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah, seperti Kijang Innova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail kesulitan mendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsennya.
Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina, makin sulit diperoleh. Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak lain. Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah harga bensin terbaik.
Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka akan kembali mendapatkan nilai ekonomisnya dibandingkan mobil bermesin bensin.

DIESEL Vs BENSIN
Sebelum mendalami common rail, kita bahas dulu tentang mesin yang digunakan secara umum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak. Untuk ini, hanya ada dua jenis, yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya solar.
Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression ignition) atau mesin dengan penyalaan kompresi. Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition), mesin dengan penyalaan bunga api (busi).
Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang dimampatkan atau dikompresi di dalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara menjadi sangat tinggi. Begitu juga suhunya, mencapai titik bakar solar. Karena itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu, langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaan atau percikan bunga api.
Untuk mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi. Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 – 12 : 1. Perbandingan kompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi perbandingan kompresi, lebih efisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan kompresi tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus juga mempertimbangkan sifat dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan


DIESEL COMMONRAIL Vs DIESEL CONVENSIONAL

Perbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan konvensional adalah cara memasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada antara pompa injeksi dan injektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa injeksi atau mekanik awam menyebutnya Bosch pump dan injektor.
Diesel Konvensional
Fuel System Diesel Konvensional
Diesel Common-Rail (Diesel Modern)
Diesel Common-Rail (Diesel Modern)
Cara kerja common rail layaknya seperti konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan satu wadah atau rel yang sama dari Pompa Injector. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi bensin. Sedangkan mesin diesel konvensional, setiap injektor memiliki pasokan solar sendiri-sendiri langsung dari pompa injeksi. (perhatikan skema)
Tekanan bahan bakar dalam rel sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakan sekarang menjadi 26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji 25 bar dan CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkan tentu saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin makin efisien. That’s Why mesin Diesel Common Rail Direct Injection macem Ford Ranger/Nissan Navara/Chevrolet Captiva VCDI lebih terlihat minim asap hitam ketimbang mesin Diesel Jadul
Sesuai dengan perkembangan mesin Diesel, Para ahli mngembangkan sistem yang paling mutakhir pada mesin Diesel yakni yang dikenal dengan CRDI (Common Rail Direct Injection) teknologi ini telah digunakan oleh Chevrolet Captiva Diesel CRDI/VCDI dengan kapasitas mesin 2000cc 16 katup segaris memuntahkan tenaga 150 Daya Kuda pada kitiran 4000 Rpm dengan torsi max 320 Nm pada kitiran 2000 Rpm Wow! fantastis! tenaga besar namun efisien.

Oli Sludge dan berkerak pada mesin mobil dapat di bersihkan , jual Oli Ravenol langsung ke bengkel kami di tambun bekasi

Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.





RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.



Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888