Rabu, 01 November 2023

Carbon cleaner dan Injection cleaner

Semua orang menyadari fakta bahwa perawatan mobil  sangat penting untuk bahan bakar yang lebih baik dan efisiensi keseluruhan kendaraan. Karena, seiring berjalannya waktu, debu dan endapan karbon lainnya mengatasi komponen mobil yang berbeda.







 Salah satu bagian dalam komponen ini adalah intake manifold. 
Apa Tujuan dari pembersihan  Intake Manifold?
Fungsi utama intake manifold adalah untuk mendistribusikan campuran pembakaran udara dan bahan bakar ke semua port intake ke silinder mesin secara merata untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi mesin.



Dalam hal, karbon menumpuk di dalam manifold inlet ini, sehingga rasio bahan bakar dan udara akan menjadi tidak seimbang, menghasilkan lebih banyak pembakaran bahan bakar, polusi udara asap hitam, dan hilangnya tenaga mobil.Oleh karena itu,  intake manifold harus di bersihkan agar udara yang masuk seimbang sesuai spesfikasi dari ECU mobil .
Pada mobil Pajero sports kadang tidak di perhatikan setiap service berkala atau bahkan tidak ada anjuran di dalam buku service , pembersihanya biasanya di lakukan setiap 70rb km atau masa pemakaian 3 -5 tahun tergantung dari bahan bakar yang di gunakan. 
Pembersihan Intake Manifold dikerjakan dengan melepas Throtle body dan EGR , carbon akan terbentuk dalam kompenen tersebut,sehingga pembersihannya di lakukan keseluruhan,dari Intake , Throtle body dan EGR..










Anda akan merasakan  kinerja mesin mobil Pajero akan seperti Standar pabrikan karena karbon sudah di bersihkan , hasilnya akan lebih bagus dilanjukan dengan Injector cleaner atau yang lebih populer istilahnya Purging diesel..

Kami dapat membantu Anda untuk hal tersebut dengan menghubungi kami di no WA 081287527188  untuk melakukan Booking service.



Tidak seperti injektor bensin, injektor diesel  common rail sangat rentan terhadap bahan bakar solar kualitas rendah. Bahkan, gejala-gejala yang banyak dikaitkan dengan injektor kotor - kehilangan daya, hilang saat start-up, berjalan buruk, peningkatan konsumsi bahan bakar dan asap knalpot berhubungan dengan deposit injektor.

Injektor diesel beroperasi pada tekanan yang sangat tinggi, hingga 1800 bar (26.000 psi) adalah umum, dan ini membantu menjaga kebersihannya, tetapi itu juga berarti bahwa, pada waktunya, mereka aus. Ini berarti mereka harus mengganti nosel secara berkala. Tentu saja sebagian besar injektor yang telah melakukan 100.000 km tidak dalam kondisi terbaiknya dan tidak ada pembersihan yang akan mengubah itu.

Jadi bagaimana Anda membedakan antara injector kotor dan injector usang? Itu mudah. Bawa ke spesialis injeksi diesel yang akan mengujinya. 

Walaupun ini terdengar tidak menyenangkan, intinya adalah tidak ada suku cadang yang dapat diservis pengguna dalam diesel injector dan pompa. Jika Anda akan melakukan perbaikan sistem bahan bakar  dengan mengganti saringan bahan bakar. 



Pembersih kimia dapat membantu membersihkan sistem bahan bakar yang kotor, atau mereka dapat melonggarkan penumpukan yang mengakibatkan penyumbatan filter bahan bakar yang sedang berlangsung, atau masalah lainnya. Mereka tidak akan mengembalikan injektor yang aus atau mengatasi masalah mekanis pada mesin. Jika Anda memilih untuk mengikuti rute pembersihan, bersiaplah bahwa itu mungkin tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah dan bahwa perbaikan yang tepat mungkin masih diperlukan setelahnya.

Masalah lain
Bahkan sistem bahan bakar yang direkondisi tidak akan dapat memberikan yang terbaik jika sisa mesinnya tidak tepat. Banyak masalah kinerja mesin disebabkan oleh masalah perawatan mesin dasar atau keausan normal. Jadi sebelum menyalahkan sistem bahan bakar, penting untuk memeriksa dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Periksa penyesuaian tappet, jika ada. Ini dapat menyebabkan jalan yang kasar, kinerja yang buruk, dan peningkatan asap knalpot. 
Kompresi yang rendah atau tidak merata dapat menghasilkan gejala yang sama. (Tes kompresi Diesel sangat berbeda dengan yang dilakukan pada mesin bensin dan bukan sesuatu yang DIYer rata akan memiliki peralatan untuk) 
Perhatikan kondisi umum mesin. Mesin usang tidak akan bekerja dengan baik. (Tes kompresi dapat membantu menentukan hal ini, namun perlu diperhatikan bahwa mesin yang aus masih dapat memiliki kompresi yang memuaskan) 
Periksa pembersih udara yang tersumbat. Penyebab umum dari kinerja yang buruk dan asap yang berlebihan. 
Periksa filter bahan bakar yang tersumbat.
Periksa operasi steker pijar jika sulit untuk memulai atau jika mesin tidak mulai bersih. (Tidak semua glow plug mungkin berfungsi, menyebabkan mesin mulai pada awalnya hanya pada beberapa silinder). Gejala yang sama dapat terjadi akibat pembuangan bahan bakar kembali. 
Kesalahan sistem manajemen engine. Lampu Periksa Mesin mungkin atau mungkin tidak menyala. Ini membutuhkan pengetahuan khusus dan alat uji untuk mendiagnosis. 
Regenerasi filter partikulat diesel yang sering atau lampu peringatan DPF sering menerangi. Kemungkinan kesalahan sistem DPF atau kendaraan tidak didorong jauh atau cukup cepat untuk memungkinkan regenerasi terjadi. Lihat lembar fakta kami tentang Filter Partikel Diesel untuk informasi lebih lanjut. 
Untuk beberapa mesin yang dilengkapi dengan sistem injeksi diesel Common Rail, tingkat oli mesin yang tepat sangat penting. Penggunaan oli yang salah dapat menghasilkan segala macam masalah kinerja. 
Peringatan keamanan
Sistem bahan bakar diesel beroperasi pada tekanan yang sangat tinggi. Ada risiko cedera serius atau kematian karena kontak dengan bahan bakar tekanan tinggi. 
Berbahaya jika melepas injektor dan menyalakan mesin untuk memeriksa pola semprotannya. 
Beberapa injektor diesel elektronik bekerja pada tegangan tinggi (sekitar 150 volt). Ada risiko sengatan listrik yang parah. 
Sistem bahan bakar Common Rail biasanya menggunakan pipa bahan bakar sekali pakai. Begitu mereka telah dilonggarkan, mereka harus diganti karena mereka tidak dapat disegel kembali secara andal. 
Injektor elektronik sering dikalibrasi secara individual ke komputer manajemen mesin dan harus dipasang kembali ke tempat asalnya. Jika tercampur, atau injektor dirombak, sistem harus dikalibrasi ulang menggunakan peralatan khusus. 
Menghindari masalah sistem bahan bakar
Meskipun Anda tidak dapat menghindari keausan sistem bahan bakar normal yang terkait dengan penggunaan rutin, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari masalah yang tidak perlu.
Jangan membeli bahan bakar murni berdasarkan harga. Beli hanya merek terkenal dari sumber yang memiliki reputasi baik, meskipun harganya sedikit lebih mahal. Bahan bakar yang kotor, berkualitas buruk atau terkontaminasi akan dengan cepat menghancurkan sistem injeksi. Sistem Common Rail belakangan sangat sensitif terhadap masalah kualitas bahan bakar. 
Selalu simpan kwitansi pembelian bahan bakar Anda. Dengan begitu jika Anda mendapatkan batch yang buruk atau terkontaminasi Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menegosiasikan beberapa bantuan dari pemasok. 
Jika ini terjadi, pastikan Anda menyimpan setidaknya satu liter bahan bakar yang dicurigai. Perusahaan yang terlibat mungkin ingin diuji. Kumpulkan sampel dalam wadah yang bersih, kering, dapat disegel dan bahan bakar. Minyak plastik bekas, jus buah atau wadah serupa tidak cocok. 
Filter bahan bakar ada untuk melindungi sistem bahan bakar, jadi perhatikan perlunya penggantian reguler. Jika beroperasi dalam kondisi buruk, penggantian filter lebih sering mungkin diperlukan. Gunakan hanya peralatan asli atau filter pengganti berkualitas tinggi karena usia pakai sistem tergantung pada mereka. 
Bersihkan kotoran dan debu dari sekitar pengisi bahan bakar dan hindari mengisi hujan untuk mengurangi kemungkinan memasukkan kotoran dan air ke dalam sistem. 
Tiriskan perangkap air secara teratur, jika ada. Jangan tunggu sampai lampu peringatan menyala. 
Berhati-hatilah dengan penyimpanan bahan bakar. Jangan pernah menggunakan drum kimia kosong atau wadah yang tidak disetujui lainnya karena bahan kimia residu dapat menyebabkan kerusakan yang luas. 
Jika Anda mengisi dari tangki penyimpanan massal (tangki pertanian dll.), Secara teratur buang kondensasi air yang mungkin terbentuk di dalam tangki. 
Pastikan tangki penyimpanan mencegah masuknya hujan dan kotoran yang dapat mendorong pertumbuhan alga. Lihat lembar fakta kami tentang sludging bahan bakar diesel untuk informasi lebih lanjut. 
Hindari mengisi dari drum karena kemungkinan memperkenalkan kontaminan sangat meningkat. 

Jika membeli solar curah, pertimbangkan berapa lama perlu disimpan dan musim. Bahan bakar campuran musim panas dapat menyebabkan permulaan dan masalah kinerja dalam cuaca dingin. Semua bahan bakar memiliki umur simpan yang pasti yang tergantung pada kondisi penyimpanan. Ini harus dibicarakan dengan pemasok bahan bakar Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar