Senin, 15 April 2024

Penyebab oli mesin mobil berkurang




oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. Mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Mesin bensin. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif (peluang) yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing.
Jenis

Oli mineral terbuat dari oli berbahan dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat - zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.

Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.


Memeriksa oli
Memeriksa oli setiap minggu perlu dilakukan, karena dari cairan tersebut, kita bisa tahu apakah kendaraan layak digunakan atau tidak. Memeriksa kondisi oli juga tidak memerlukan waktu yang lama. Kita cukup mencabut tongkat pemeriksa ketinggian oli (dipstick), yang biasanya terlihat jelas di mesin. Apa saja yang bisa dideteksi dari oli mesin?
Jika warna oli tidak jauh berbeda dengan saat pertama diisikan ke mesin (biasanya cenderung bening), maka artinya mesin dalam kondisi prima. Yang perlu Anda lakukan hanya menyalakan mesin dan pergi ke tujuan.

Namun, apabila oli berwarna hitam, itu artinya sudah waktunya ganti oli. Jika punya wadah penampung, Anda dapat melakukannya sendiri. Tapi jika tidak ingin repot, cukup bawa ke bengkel.
Oli berwarna putih atau seperti susu berarti ada air yang tercampur. Air dan oli bisa bercampur, akibat adanya lubang pada dinding pemisah di dalam mesin. Atau bisa juga lubang terbentuk di radiator, bila kendaraan memakai jenis satu radiator untuk mendinginkan air dan oli.
Apabila muncul bau bensin, maka ada kemungkinan timbul masalah pada komponen di dalam mesin. Segera periksakan ke bengkel, karena mekanik yang bisa mengetahui komponen mana yang mungkin rusak.
Bila oli banyak berkurang, maka segera periksa lantai di bawah mobil. Jika tidak ada oli yang menetest, maka bisa jadi oli ikut terbakar bersama bensin. Tandanya yaitu muncul asap putih tebal dari knalpot.
Asap ini akibat rusaknya cincin piston atau katup tempat campuran BBM masuk ke ruang bakar. Bila ini dibiarkan, maka lama-kelamaan mesin akan rusak.
Dalam kondisi suhu mesin yang sangat tinggi, oli mesin bisa saja menguap, meskipun kasus seperti ini tergolong jarang terjadi. ... Selain karena hal di atas, kebocoran pun bisa disebabkan karena advertisement, kerusakan seal klep, ring piston dan silinder mesin sudah aus, dan block mesin retak.Penyebab berikutnya adalah jarang mengganti oli mesin. Terlebih dengan mobilitas yang tinggi atau sering memacu kecepatan tinggi, oli mesin akan cepat mengalami penguapan. Oli mesin yang berada di bawah batas minimal, tidak lagi dapat melumasi komponen mesin dan menyebabkan kerusakan fatal dan lebih dini.

Prinsipnya yaitu selalu menjaga dan memeriksa oli melalui stik nya dan mengganti oli mesin secara berkala sesuai anjuran pada ganti oli berikutnya.

(Sumber Wikipedia)

Hal yang sering terjadi pada kasus penggantian yang jangka waktu yang jauh atau oli yang telat penggantian . Oli mesin menjadi berlumpur berakibat fatal terhadap mesin mobil anda.



Solusi yang penulis sampaikan dan sudah dicoba dengan hasil yang baik, menggunakan oli Ravenol lumpur yang terdapat di mesin dapat di hilangkan. Sesuai dengan konsep gurah mesin yaitu membersihkan kondisi mesin mobil.

Jual oli Ravenol di Bekasi bisa COD wa 081287527188






APA KELEBIHAN OLI RAVENOL?

Kerak oli adalah kaya cholesterol pada badan kita. OLI RAVENOL mencegah kerak oli. Base oil kami menggunakan oli synthetik terbaru. Poly Alpha Olefin + Esters + Aditif CleanSynto. Tidak perlu beli Engine Flush lagi. Kerana Engine Flush sebenarnya menghakis logam.

Sayangi engine dan rawat dengan oli Ravenol.


Oli Ravenol (Made In Germany)

Manfaat yang di dapat menggunakan oli Ravenol yaitu:
1. Menghemat Konsumsi BBM dan meningkatkan tenaga
2. Cleansyntho- membersihkan dan memperpanjang masa pakai mesin
3. mencegah pembentukan kerak oli
4. berbahan dasar PAO – Poly Alpha Olefin
5. Titik Didih Tinggi serta rendah penguapan
6. Masa service lebih panjang karena oli stabil terhadap oksidasi
7. Untuk mesin Turbo atau Non Turbo (Bensin dan Solar)
8. Sangat direkomendasikan untuk Mesin dengan katalitas dan PDF
9. Aman untuk semua jenis penyekat.
10. Mampu memberikan perlindungan mesin hingga 10.000 Km atau 50% lebih lama dari oli biasa
11. Ruang bakar pada mesin lebih bersih.



Recommended semua merk



Pembuktian oli Ravenol dapat membersihkan kerak oli didalam mesin system Cleansynto; Klik video dibawah ini




READY STOCK Area Bekasi Cash On Delivery ( COD )

RAVENOL TSI SAE 10W - 30 dapat di gunakan untuk mobil bensin dan solar

MADE IN GERMANY
Tipe : Oli ravenol TSI Semysinth
Brand : Ravenol
Negara asal : Germany
Keunggulan : memiliki cleansing agen,tidak berlumpur,masa pakai tinggi.


Melayani Home service untuk CARBON CLEAN GURAH MESIN penggantian oli mesin dan Gurah mesin mobil anda dengan menghubungi WA 081287527188 area Bekasi.





Oli mobil berkerak dan berlumpur Sludge , Cara mengatasi untuk menghilangkan oli berlumpur Sludge mobil sederhana

 Wa 081287527188 

Bengkel gurah mesin 

Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.






RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.



Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888


Jual selongsong coil Nissan livina di bekasi

 



Gejala yang di timbulkan karena selongsong coil rusak/Bocor :

1 . Mobil nyendat nyendat
2. Suara knalpot kasar/ suara mesin kasar ( didengarkan di belakang ujung knalpot dung,dung)
3. Di gas ngempos / tidak bertenaga.

4. Rpm mobil kadang tidak stabil cenderung mau mati mesinnya.

5. Kadang gambar check engine menyala di dashboard

Hal ini Sering kali terjadi di hampir semua mobil Nissan Livina,
tapi tenang untuk merk nissan kita sediakan selongsong coilnya saja ,karna harga 1 coil itu lumayan mahal 

 Perlu di ketahui kepala coil / ignition coil nissan itu tidak gampang rusak ya apalagi originalnya ,yang rusak hanya selongsong karna akibat dari panas pembakaran di ruang mesin sehingga karet nya mulai memuai.


- Jadi cukup di ganti selongsongnya saja di rasa cukup utk mengatasi problem ini .



COCOK UNTUK NISSAN :
- GRAND LIVINA 1500cc ( SV XV XGEAR ULTIMATE HWS XR)
- EVALIA
- JUKE
- MARCH
- DATSUN
- XTRAIL T31 2.5cc
- ALMERA
- LATIO.


Atau Langsung ke tempat kami sekalian di pasangkan...harap menginformasikan terlebi dahulu, ke no HP/WA 081287527188

Mandiri Autoservice

Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel.

Jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi








Rabu, 06 Maret 2024

kopling mobil avanza xenia berdenyit pada saat di injak...jangan anggap remeh.



Harus di waspadai untuk kopling pada saat di injak pedal kopling ada bunyi cit..cit..cit.. ( berdenyit ) khusus nya mobil Avanza dan Xenia. Karena Hal ini akan  menyebabkan  mobil  anda tidak dapat berjalan walaupun keadaan gigi persneling sudah masuk.
Jika terjadi hal seperti  itu hendaknya langsung ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut, menurut pengalaman kami jika tidak langsung diganti kopling set  akan berakibat fatal di kemudian hari.

Jika anda di wilayah Bekasi Tambun Cibitung Cikarang dan sekitarnya dapat menghubungi di no 081287527188 untuk melakukan penggantian dan perbaikannya.

1  . CLUCTH COVER

 2. CLUCT DISC
 3. RELEASE BEARING

Oli Sludge dan berkerak pada mesin mobil dapat di bersihkan , jual Oli Ravenol langsung ke bengkel kami di tambun bekasi

Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.





RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.



Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888



Minggu, 03 Maret 2024

Penyebab mobil Kehilangan daya dan tenaga serta ngempos

11 Penyebab Kendaraan Kehilangan Daya saat Berakselerasi

Ada beberapa penyebab berbeda antara mesin gas dan diesel. Di bawah ini adalah 11 alasan paling umum untuk kehilangan daya mobil ketika mencoba berakselerasi:

# 1 - Kompresi Rendah (Mesin Bensin & Diesel)

Agar mesin mobil berfungsi dengan baik dan memberikan daya yang memadai bagi kendaraan, harus ada kompresi silinder yang baik selama proses pembakaran. Jika kompresi kekuatan mesin akan rendah. Hasilnya akan menjadi mesin yang tidak berfungsi dengan baik. Mendiagnosis kompresi silinder rendah adalah langkah selanjutnya menuju solusi.

# 2 - Filter Bahan Bakar Tersumbat (Mesin Bensin & Mesin Diesel)

saringan bahan bakar
Filter bahan bakar terletak di antara injektor bahan bakar dan pompa bahan bakar serta sebagian berada di tanki bbm Anda. Filter Bensin adalah untuk menyaring bensin untuk setiap kotoran yang mungkin ada di dalamnya. Dengan begitu, ketika pompa bahan bakar mengirim bensin ke mesin, kotoran itu tidak akan ada.
Filter bahan bakar secara harfiah merupakan penghalang antara kontaminan dalam bensin dan mesin kendaraan Anda. Jika Anda memiliki filter bahan bakar kotor atau yang tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik karena rusak atau tersumbat, maka kontaminan tersebut akan masuk ke mesin dan pada titik tertentu, menyebabkan kerusakan yang mahal.
Setelah itu terjadi, mesin pada akhirnya akan kehilangan kekuatannya dan fungsi keseluruhan kendaraan akan terganggu. Mengganti filter bahan bakar Anda adalah perbaikan yang paling mudah.

# 3 - Filter Udara Buruk (Mesin Bensin & Diesel)

filter udara kotor
Ruang bakar Internal mesin bertanggung jawab untuk mencampur bensin dan udara bersama-sama untuk menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk menjalankan kendaraan Anda. Sebelum udara dapat memasuki ruangan, itu harus melewati saringan udara yang menyaring serangga, puing-puing, dan jenis kotoran lainnya yang mungkin ada di dalamnya.
Jika kotoran ini masuk ke mesin, mereka dapat menyebabkan kerusakan parah. Namun, saringan udara cenderung tersumbat setelah digunakan beberapa saat.
Setelah filter udara tersumbat, itu akan membatasi jumlah udara yang bisa masuk ke ruang pembakaran internal. Ini akan berdampak negatif pada fungsi kendaraan karena mesin tidak akan dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menjalankan mobil. Ganti filter udara Anda dan Anda harus menjadi baru. Jika Anda memiliki filter udara yang dapat digunakan kembali seperti K&N, cukup bersihkan sesuai dengan petunjuk pabrikan.

# 4 - Pipa Buang Tersumbat (Mesin Bensin & Diesel)

Ada dua filter dalam sistem pembuangan; knalpot dan Catalytic converter.Tugas konverter katalis adalah untuk mengurangi jumlah polusi yang dihasilkan dari gas buang.
Sedangkan untuk knalpot, tugasnya hanyalah mengurangi jumlah kebisingan yang dibuat. Jika pipa knalpot atau filternya tersumbat, itu akan melemahkan fungsi mesin dengan mengurangi tenaganya dan membuat kendaraan melambat ketika mencoba berakselerasi.
Sistem knalpot yang tersumbat buruk pada kendaraan apa pun, tetapi bahkan lebih buruk pada kendaraan turbocharged.

# 5 - Kerusakan Sensor Posisi Camshaft (Mesin Bensin & Diesel)

Sensor posisi camshaft kendaraan bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi tentang kecepatan camshaft kendaraan dan kemudian mengirimkannya ke modul kontrol elektronik (ECM).
Modul ini adalah komputer yang ada di dalam sebagian besar mobil di jalan saat ini. Setelah informasi tentang kecepatan poros bilah dikirim ke ECM, komputer kemudian akan mengatur waktu injeksi bahan bakar dan penyalaan berdasarkan informasi ini.
Namun, jika ada kerusakan dengan sensor posisi camshaft dan tidak dapat mengirim informasi ini ke ECM, maka kinerja mesin akan sangat terpengaruh dan kemungkinan tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

# 6 - Kerusakan Sensor MAF (Mesin Bensin)

Sensor MAF
Tanggung jawab utama Sensor aliran udara adalah mengukur jumlah udara yang mengalir ke mesin dan kemudian melaporkan jumlah ini ke Modul Kontrol Powertrain. Dari sana, modul akan menggunakan informasi ini untuk menghitung beban yang ditempatkan pada mesin.
Jika ada semacam kerusakan dengan sensor, maka kinerja mesin akan berkurang.

# 7 - Kerusakan Sensor Oksigen (Mesin Bensin & Diesel)

Ketika gas buang meninggalkan mesin kendaraan Anda, jumlah gas yang pergi diukur oleh Sensor OksigenModul kontrol elektronik kemudian menggunakan informasi ini untuk mengetahui rasio udara-ke-bahan bakar real-time yang ada di mesin kendaraan.
Sensor oksigen diposisikan di dalam aliran gas buang. Ini memungkinkan pengaturan waktu engine dan sistem injeksi bahan bakar untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien. Sensor oksigen bahkan memberikan dukungan dengan kontrol emisi juga.
Tetapi jika terjadi kerusakan dengan sensor oksigen, maka itu tidak akan dapat secara akurat mengirim informasi tentang rasio udara-ke-bahan bakar ke modul kontrol elektronik. Ini akan menyebabkan mesin mulai berkinerja buruk dan pada akhirnya akan berdampak negatif pada lingkungan.

# 8 - Injektor Bahan Bakar Buruk (Mesin Bensin dan Diesel)

injektor bahan bakar
Injector bahan bakar adalah komponen manajemen penting dari mesin kendaraan. Mereka terletak di dalam sistem bahan  kendaraan dan tugas utama mereka adalah menyemprotkan bahan bakar di dalam mesin.
Komputer mesin adalah apa yang mengontrol injektor bahan bakar dan interval waktu dan pola spesifik di mana injektor menyemprotkan bahan bakar ke dalam mesin. Dengan begitu, mesin dapat melakukan yang terbaik yang dapat dilakukan dalam kondisi berkendara yang berbeda.
Anda akan menemukan bahwa sebagian besar kendaraan di jalan hari ini memiliki injektor bahan bakar di dalamnya. Jika injektor bahan bakar rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka mesin tidak akan mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk menjalankan kendaraan. Anda dapat mengharapkan semua jenis masalah kinerja mesin terjadi karena injektor bahan bakar adalah bagian penting dari sistem bahan bakar.

# 9 - Pompa Bahan Bakar Buruk atau Lemah (Mesin Bensin)

Tanggung jawab  pompa bahan bakar  mengambil bahan bakar dari tangki bensin dan memindahkannya ke mesin kendaraan. Tidak hanya itu, pompa bahan bakar memastikan bahwa bahan bakar dikirim pada tekanan yang tepat sehingga dapat memenuhi permintaan mesin untuk kinerja maksimum.
Jika ada masalah atau terjadi kesalahan dengan pompa bahan bakar, akan ada masalah akselerasi dengan kendaraan dan kinerja mesin pada akhirnya akan terancam.

# 10 - Busi Buruk (Mesin Bensin)

Busi adalah komponen penting dari motor pembakaran internal kendaraan. Setelah koil pengapian mengirimkan sinyal listrik ke busi, mereka mengirimkan sinyal itu ke ruang bakar sehingga campuran udara & bahan bakarnya dapat dinyalakan oleh percikan listrik.


Jika busi pernah gagal, maka kinerja mesin akan berkurang dan akhirnya gagal sama sekali.

# 11 - Coil Pengapian Buruk (Mesin Bensin)

Coil sistem pengapian berfungsi sebagai unsur manajemen mesin elektronik yang bertanggung jawab untuk mengubah 12 volt dari daya yang dihasilkan oleh kendaraan ke 20.000 volt. Jumlah tegangan ini diperlukan untuk menghasilkan percikan listrik yang dapat menyalakan campuran udara & bahan bakar mesin.
Jika koil pengapian gagal, maka kendaraan tidak akan mampu berakselerasi dan kekuatannya akan hilang.

Penyebab Lain Tidak Ada Daya Saat Berakselerasi



  • Pengisi daya Turbo buruk
  • Katup Egr rusak
  • Katup pengiriman pompa Injeksi Buruk (Mesin Diesel Konvensional).
( cartreatment.com )

Demikian yang dapat disampaikan jika mobil anda mengalami kehilangan daya , Gurah mesin carbon cleaner dapat mengatasi daya mesin yang hilang.
Dapat menghubungi kami , untuk area Bekasi dapat melayani home service dengan menghubungi Di no WA 081287527188