Rabu, 16 Juli 2025

Gurah mesin Carbon cleaner mobil, efisien dan efektif

Dalam istilah sederhana, Carbon cleaner atau Gurah mesin yaitu menghilangkan endapan karbon dari mesin, menggunakan metode kimia. Kimia yang kami gunakan berbasis Air ( Water Base ) sehingga aman untuk komponen bagian dari mesin. 




Prosedur pembersihan endapan karbon secara mekanis memerlukan pengangkatan kepala silinder dan kemudian, secara fisik membuang endapan karbon dari atas piston, ruang pembakaran dan komponen lainnya (misal katup) istilah yang umum di sebut Engine semi over houl. Hal tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang relatif besar/ mahal.




Menambahkan bahan kimia fuel system cleaner ke dalam pasokan bahan bakar konvensional (bensin / diesel) tampaknya melarutkan dan menghilangkan setidaknya sebagian dari deposit karbon yang terbentuk di berbagai bagian mesin, seperti sistem injeksi bahan bakar, bagian atas piston & cincin piston, ruang bakar, katup, manifold , Katup EGR, Karbon kemudian dikeluarkan melalui knalpot. 

"Pembersih carbon yang terbentuk" pada bagian dalam engine dilakukan dengan metode GURAH MESIN sangatlah mudah dan murah, di mana cairan pembersih di masukan ke dalam ruang bakar pada mesin panas hanya memerlukan waktu 1Jam saja. Cairan tersebut akan mencairkan carbon yang terbentuk yang menempel di kepala piston dengan demikian  terlepaslah karbon yang mengendap  & mengeluarkannya dengan cara di vacum menggunakan alat khusus . Cairan tersebut akan menjadi cairan carbon yang sangat pekat ,dengan berulang kali proses akan menghasilkan ruang bakar menjadi bersih.





Mengapa Gurah mesin ?

Sebagian besar penjelasan tentang perlunya Gurah mesin sehingga tidak heran customer datang untuk membersihkan mesin dengan merode  gurah mesin karena  Manfaatnya dikatakan sebagai berikut:
  • "Membersihkan Carbon" dari bagian dalam mesin dari dalam, tanpa membongkar / membukanya.
  • Pembersihan carbon seluruh sistem bahan bakar, termasuk sensor O2 dan catalytic converter.
  • Mengembalikan / meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Memaksimalkan kinerja kendaraan.
  • Mengurangi emisi berbahaya.
  • Mengurangi kebisingan & getaran mesin.
  • Memperbaiki masalah driveability - Mempermudah engine pada saat penyalaan awal & menjadi halus getaran nya

Alasan Gurah mesin :

  • Alasan pertama & utama bisa: Mengapa memperbaiki sesuatu yang tidak rusak? Ada banyak sekali contoh mobil yang berjalan dengan sangat baik melebihi 100.000 km TANPA carbon clean. Jadwal Perawatan sesuai waktunya sempurna adalah kuncinya.
  • Apakah mesin Anda benar - benar perlu Carbon clean? Gejala-gejala endapan karbon yang berat termasuk pra-penyalaan (Ngeltik, ketukan ) dan peningkatan tekanan kompresi silinder (di atas nilai yang disarankan).
  • Mesin modern & teknologi yang lebih baru berarti bahwa bahan bakar dibakar di dalam mesin di lengkapi IC  dan efisien daripada sebelumnya. Pembakaran total = tidak ada cadangan karbon terbentuk.
  • GUrah mesin  dapat meningkatkan kinerja sementara, tetapi itu tidak akan membahas alasan dari endapan tersebut - biasanya bahan bakar berlebih ( Boros ) . Anda harus memperbaiki pengaturan pompa injektor / bahan bakar untuk mencegah endapan karbon di tempatnya. Sehingga gurah mesin dilakukan secara berkala.
  •  yang ditambahkan langsung ke tangki memiliki peran dalam membersihkan simpanan karbon (juga membantu menghindari penumpukan karbon). Ini jauh lebih murah daripada membongkar mesin mobil anda.

Kami dapat membantu anda untuk melakukan Gurah mesin mobil ada . Hubungi di WA 081287527188 untuk Area Bekasi layanan home service.
Informasi dan estimasi harga dapat di klik langsung Cs kami Info dan estimasi harga

Nissan Grand Livina mberebet ,suara mesin kasar, dan mesin pincang area Bekasi Layanan Home service 081287527188

Mobil Nissan anda mberebet...pada saat di gas sehingga bergetar dan mesin Pincang serta tidak ada tenaga..
Solusinya adalah Jika mbrebet dan mesin pincang bergetar, JANGAN LANGSUNG GANTI KOIL ORISINIL, coba ganti dulu karetnya karena umumnya koil masih bagus tapi ada kebocoran listrik dari batang karet yang menyebabkan mbrebet di karenakan adanya bunga api / percikan listrik yang seharusnya langsung ke busi tapi langsung ke cylinder head ( massa - battery ) .

Pastikan oli mesin tidak rembes/bocor ke tempat koil/busi lewat seal tutup klep yang bocor.

Pastikan resistor WERSTAN DIGUNAKAN, karena sudah disesuaikan dengan koil dan busi OEM yang tahanannya kecil, tanpa werstan bisa terjadi gangguan interferensi arus yang mengganggu kinerja ECU, bahkan 'terdengar' sebagai noise di sistem audio mobil.

Karet Protector Coil / Koil untuk Nissan Grand / Livina 1.8 , Latio, X-Trail T31 2.0


Karet Protector Coil  dengan WERSTAN seperti orisinilnya untuk Nissan Grand / Livina 1.5 , March , Evalia , Juke dan Serena.





Jika mobil anda mengalami hal tersebut , kami siap membantu....Area Bekasi layanan service dapat menghubungi no telp / WA 081287527188.



Salam hangat,
Aris Widi




Layanan bengkel Purging Diesel di Bekasi Layanan Service WA 081287527188


Purging Innova diesel
Wa 081287527188
Bengkel gurah mesin 

Perihal teknologi common rail yang sekarang marak digunakan pada kendaraan terbaru bermesin diesel. Tapi di Indonesia ternyata masih kurang banyak dijumpai SPBU yang menyediakan bahan bakar yang berkualitas tinggi. Mobil mesin diesel common rail yang sering mengkonsumsi bahan bakar solar biasa memang akan rawan mengalami kerusakan mesin ke depannya nanti. Tapi saat ini masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan demi menjaga dan merawat mesin mobil kesayangan Anda.


Apabila Anda sudah menggunakan bahan bakar solar biasa dan saat melakukan perjalanan, Anda menjumpai SPBU yang menyediakan bahan bakar bio solar atau solar DEX. Tidak ada salahnya Anda melakukan pencampuran bahan bakar solar biasa dengan solar yang memiliki nilai cetane lebih tinggi ini. Dengan syarat jumlah solar biasa lebih sedikit dari bio solar atau solar DEX.
Tapi jika Anda berada di kota yang tidak memiliki SPBU yang menyediakan bahan bakar solar ber-cetane tinggi ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Biasa setiap ATPM akan selalu menganjurkan perawatan berkala sesuai standar pada kendaraan Anda semisal penggantian filter solar.
Tidak ada salahnya juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan melakukan purging. Sebisa mungkin tambahkan aditif khusus setiap kali melakukan pengisian bahan bakar penuh. Jika hal ini dilakukan maka proses purging dapat dilakukan dengan jarak yang lebih jauh sekitar 20.000 - 25.000 km, serta penggantian filter solar bisa dilakukan tiap 15.000-20.000 km.
berikut purging pada Mesin Innova Diesel

Klik untuk jelasnya ==>>> Dampak Bio Diesel untuk mobil diesel



Selanjutnya yang harus diperhatikan apabila penggunaan solar yang memiliki kandungan sulfur tinggi di atas 3500 ppm maka penggantian oli mesin juga akan semakin pendek jaraknya.
Purging tidak harus pergi ke bengkel, Anda bisa membeli cairan purge di berbagai bengkel atau tempat penjualan oli. Prinsipnya mirip fuel tank-in, namun metode ini lebih efektif karena mem-by-pass cairan pembersih ke injektor via jalur filter bahan bakar.
Untuk Perawatan selanjutnya sangat di sarankan untuk penggantian saringan solarnya setiap melakukan purging.



Kami dapat membantu melakukan proses purging .
Hubungi telp / WA 081287527188 untuk layanan Home service




    


Terima kasih atas perhatikan nya.. 
Salam hangat

Aris Widi





Bengkel Fortuner di Bekasi, melayani perawatan dan service berkala di Bekasi

Bengkel Fortuner diesel di Bekasi , 

Mandiri Autoservice dapat membantu perawatan mobil Fortuner diesel anda yang berada di wilayah Bekasi.

Mandiri Autoservice mengkhususkan untuk melakukan perawatan dan perbaikan mesin mobil Fortuner.

Melayani :

Ganti oli

Tune up 

Purging diesel 

Pengganti filter solar dan oli

Carbon clean dan Gurah mesin.

Perbaikan rem

Pengganti Timing belt 

Engine Scanner

Dll.


Bengkel Mandiri Autoservice 

Beralamat 

Jl Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan Bekasi.

No Hp/ wa  081287527188.
















Penyebab oli Mesin mobil berlumpur dan Sludge, cara menghilangkannya....


Cara Menghilangkan Lumpur Mesin Dalam 5 Langkah Mudah

Hal yang Anda Butuhkan


Langkah 1: Dengan Engine Flush

Langkah 2: Masukan Engine flush ke dalam mesin hidupkan mesin 15 menit lalu Matikan Mesin Dan buang Oli mesinnya.

Langkah 3: Pasang Filter Oli Baru

Langkah 4: Tuang Oli Mobil yg baru ke dalam mesin

Langkah 5: Kencangkan Tutup Pengisian


Apa Penyebab Engine Sludge?

Sludge disebabkan oleh kerusakan oli mesin. Akibat dari berkualitas buruk atau penggantian yg terlambat pada mobil  Anda, maka Anda harus melihat fakta-fakta berikut:


1. Penggunaan oli mesin berkualitas buruk terus menerus akan menyebabkan penumpukan lumpur mesin.

2. Interval penggantian oli yang diperpanjang atau tidak mengganti oli dan filter secara berkala akan mempercepat terbentuknya lumpur mesin.

Lumpur mesin terdiri dari oli yang teroksidasi, kotoran, jelaga, uap air, dan cairan pendingin yang bocor. Menggunakan oli mesin yang baik akan menjaga semua kontaminan berbahaya ini tersuspensi di dalam oli,  harus dibuang pada penggantian oli berikutnya.

Jika Anda memiliki kebiasaan buruk untuk tidak mengganti oli secara teratur, kemungkinan besar mobil akan terbentuk lumpur mesin suatu saat nanti.





Gejala Lumpur Mesin

Jika Anda melihat gejala-gejala ini pada mobil  Anda, maka Anda harus memeriksa keberadaan mesin pada mesin mobil


1 Pergerakan hidrolik berisik atau tapet katup

2. Lampu peringatan oli menyala saat mengemudikan mobil ,Tekanan oli rendah akibat lumpur dapat menutup sirkulasi pelumasan dan filter oli

Anda juga dapat menemukan keberadaan lumpur mesin dengan mengarahkan senter ke dalam mesin. Cukup lepaskan tutup oli dan gunakan senter untuk memeriksa lumpur yang terkumpul di dalam penutup katup.

Tentu saja, cara terbaik untuk menentukan tingkat kerusakannya adalah dengan membongkar mesin. Atau istilahnya over houl.


Cara Menghilangkan Lumpur Mesin Dalam 5 Langkah Mudah

Hal yang Anda Butuhkan :

Perawatan mesin flush atau oil flush

Oli mobil baru

Wadah untuk menyimpan minyak kotor

Filter oli baru

Filter kunci oli

Udara bertekanan (opsional)

Rawat Motor Dengan Mesin Flush

Memarkir mobil Anda adalah area yang aman dan rata. Buka kap mesin dan lepas tutup oli mesin. Tuangkan sekaleng perawatan pembilas mesin atau pembilas oli ke dalam mesin.


Kencangkan tutup oli mesin dan tutup kap. Nyalakan mobil, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. JANGAN MENGEMUDI MOBIL. Biarkan saja diam dan hangatkan secara menyeluruh.


Pembilas mesin akan membantu mencairkan lumpur, sehingga lebih mudah untuk bercampur dengan oli kotor sehingga Anda dapat menghapusnya.


Langkah 2: Matikan Mesin Dan Kuras Oli

Buang oli mesin

Setelah mesin semuanya hangat, sekarang saatnya mematikan dan menguras oli. Cukup lepaskan baut drain plug saluran di pan oli dan biarkan oli kotor dan lumpur mengalir keluar. Gunakan wadah bersih untuk tempat oli yg kotor.


 Lepaskan tutup oli, nyalakan kompresor udara, dan disemprot ke dalam pengisi oli. Udara bertekanan akan membantu melonggarkan lebih jauh kotoran dan lumpur di dalam mesin sehingga mudah keluar dari mesin.


Langkah 3: Pasang Filter Oli Baru

Pasang Filter Oli Baru

Filter longgarkan untuk menggunakan kunci filter oli dan biarkan sisa oli mengalir. Buang menyaring kotor.

Ambil filter oli baru dan taruh sedikit oli bersih pada paking filter oli.


Gunakan hanya tangan Anda untuk memasang filter oli. Putar filter oli searah jarum jam untuk mengencangkan.

Langkah 4: Tuang Oli mesin baru 

Tuang Oli Mesin baru.sesuai  kebutuhan mobil anda

Langkah 5: Kencangkan Tutup Pengisian  dengankencang

Kencangkan Tutup Pengisi Minyak dengan Kencang

Setelah menuangkan oli mesin baru dan memeriksa level oli, kencangkan tutup pengisi oli, tutup kap mesin, dan selesai!


Cara Mencegah Lumpur Mesin

Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu mencegah penumpukan lumpur mesin di dalam motor.


1. Penggantian secara teratur . Pastikan kendaraan Anda diservis dengan benar. Periksa buku manual pemilik untuk interval servis yang diminta.


2. Selalu gunakan oli mesin dan filter oli berkualitas baik saat mengganti oli.


3. mengemudi mobil sering bermacetan sebanyak mungkin. Jika kendaraan Anda mengalami penggunaan yang ekstrim, Anda perlu mengganti oli lebih sering.


4. Jika Anda memiliki mesin diesel , adalah bijaksana untuk selalu menjaga keutuhan sistem bahan bakar Anda. Jika Anda memiliki ketidaknormalan seperti awal yang sulit, ketukan, asap berlebih, atau performa yang buruk, periksakan mobil atau truk Anda oleh mekanik yang berkualifikasi.






Kesimpulan

Mudah untuk menghilangkan timbunan lumpur di dalam mesin Anda. Ingatlah untuk selalu menggunakan oli mesin berkualitas baik setiap kali kendaraan Anda akan diganti oli. Anda juga disarankan untuk mengikuti rekomendasi kendaraan Anda untuk mencegah lumpur menumpuk di dalam mesin.

Kami melayani penggantian oli mobil

📍 Mandiri Autoservice

Bengkel Gurahmesin,Carbon clean & Purging Diesel Jl. Pendidikan, Mangunjaya, Kec. Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat 17510 0812-8752-7188 https://maps.app.goo.gl/uwucZGxUhidBrYjT9



Kamis, 24 April 2025

Oli Sludge dan berkerak pada mesin mobil dapat di bersihkan , jual Oli Ravenol langsung ke bengkel kami di tambun bekasi

Formula ClenSynto ini yang terdapat di dalam kandungan oli yang menjadikan Pembersih yang terbentuk dari oli sludge (berlumpur). Proses nya berlangsung ribuan kilometer sehingga dapat melunturkan kotoran yang terdat di dalam mesin.





RAVENOL TSJ SAE 10W-30
diproduksi untuk digunakan pada mobil-mobil produsen Jepang dan Asia.
Spesifikasi : API SN / CF, ILSAC GF-5, ACEA A3 / B4, Lizensiert: Konservasi Sumber Daya API SN, ILSAC GF-5
Berlatih dan diuji secara agregat dengan pengisian
Approvals :
Toyota, Nissan, HONDA, Mitsubishi, MAZDA, Suzuki, Isuzu, Subaru, Daihatsu, KIA, Hyundai, SsangYong, Daewoo, Fiat 9.55535-CR1, Chrysler MS-6395
RAVENOL TSJ SAE 10W-30 menawarkan:
Penggunaan universal di semua mesin bensin dan diesel modern
Pelumasan cepat dari mesin bahkan pada suhu rendah
Kecenderungan penguapan rendah, oleh karena itu konsumsi minyak rendah
Keamanan terhadap akumulasi lumpur, kokas dan korosi bahkan dalam kondisi pengoperasian yang kurang baik
Jaminan fungsi tappet hidro pada semua suhu
Tidak ada deposit minyak terbatas di ruang pembakaran, di ring piston dan katup
Kekentalan tidak berubah selama interval penggantian oli, indeks viskositas tinggi
Perilaku netral terhadap bahan segel.



Dapatkan oli ravenol di bengkel kami, hubungi ke no WA 0812875271888



Selasa, 15 April 2025

Mobil Panther touring sering mati dan tersendat

Pernahkah kalian para pemilik mobil Isuzu Panther mengalami mesin mobil tiba - tiba mati pada saat di panaskan posisi mesin idle ataupun pada saat digeber/ di injek gas  entah itu saat kecepatan tinggi, saat menurunkan gigi perseneling ataupun bahkan saat mobil melaju dengan kecepatan yang terbilang rendah ?

Jika iya, apa sih sebenarnya penyebab mesin mobil Isuzu Panther tiba - tiba mati mendadak ?

Untuk penyebab mobil Panther sering mati mati maupun tersendat alias brebet sih banyak sekali, namun dalam banyak kasus penyebab terbesar dikarenakan suplay bahan bakar kedalam ruang silinder tidak maksimal /terhambat.

Bisa jadi karena saringan / filter solar yang sudah kotor sehingga menyebabkan aliran solar terganggu, bisa juga disebabkan karena water sedimenter kotor dan penuh air Penyebab solar kotor, atau bisa jadi juga dikarenakan fuelpump /dan yang paling parah adalah tidak berfungsi nozzle Injector dan Injection pump ( bospom ) minta di kalibrasi ulang.



Untuk mengatasi hal ini memang perlu dirunut satu persatu dimulai dari membersihkan tangki bahan bakar dari endapan lumpur dan kotoran bahan bakar yang kemudian sering disebut dengan istilah "turun tangki / OH tangki".
Setelah tangki bahan bakar dibersihkan sampai bersih, proses selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan saringan solar maupun water sedimenter. Bila saringan solar kotor sebaiknya diganti baru  untuk water sedimenter nya jika kotor bisa dibersihkan, atau diganti baru jika ternyata tidak lagi bisa dibersihkan.



Bila kedua hal diatas sudah dilakukan dan ternyata mesin Isuzu Panther masih tetap mati - matian saat digeber di jalan, berrarti masalahnya ada di bagian fuel pump atau pompa solar yang terdapat di atas sedimen menjadi satu. Silahkan lalukan kalibrasi ulang di bengkel kalibrasi boschpump atau saat ini ada system pembersihan dengan cara di PURGE dan dapat dilakukan tanpa ke bengkel, bisa dikerjakan sendiri atau memanggil tehnisi yang berpengalaman Home service purge di Bekasi

Nah itulah tadi penyebab kenapa mesin Isuzu Panther suka mati mendadak di jalan saat di geber. Semoga bermanfaat.

Paket purge mobil diesel area Bekasi dapat menghubungi di no WA 081287527188


Bahayanya Timing Belt putus pada mobil Pajero Sport


Akibat timing belt putus pada Mitsubishi Pajero Sport dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, seperti benturan antara piston dan katup. Kerusakan ini dapat merembet ke bagian dalam mesin dan berakibat pada biaya yang mahal untuk memperbaikinya. 
Akibat timing belt putus :
- Kerusakan mesin
- Benturan antara piston dan katup yang dapat merusak komponen-komponen mesin

Biaya perbaikan
Biaya perbaikan yang mahal karena harus turun mesin dan ganti komponen
Untuk menghindari kerusakan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
- Cek kondisi timing belt secara berkala 
- Ganti timing belt maksimal 85 ribu kilometer 
-Saat mengganti timing belt, ganti juga komponen tensioner 
-Perhatikan suara mesin yang terdengar tidak normal 
-Perhatikan apakah gerigi di bagian dalam permukaan timing belt tidak lagi terlihat 



Mandiri Autoservice 
Bengkel Gurah mesin carbon clean dan Purging diesel 
Jln Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan.
Booking Service 
Wa 081287527188