Selasa, 15 April 2025

Merasa Mobil Diesel Kehilangan Tenaga? Ada Lima Penyebabnya







Merasa Mobil Diesel Kehilangan Tenaga? Ada Lima Penyebabnya

By Taufan Rizaldy Putra (TRP), Senin, 18 Desember 2017 | 10:10 WIB
mesin diesel common railmesin diesel common rail
Otomotifnet.com - Ketika usia mobil sudah mulai menua, terkadang muncul masalah-masalah yang timbul karena adanya komponen pada mobil yang rusak atau tidak bekerja dengan baik.
Komponen yang bekerja dalam menggerakan mobil ada tiga; yaitu mesin, powertrain, dan kelistrikan.
“Jika salah satu komponen bermasalah, maka sistem akan terganggu dan mobil bisa mengalami kehilangan tenaga atau istilahnya loss power,” ujar Sanusi Workshop Head Isuzu Astra Biz Centre BSD, Tangerang.
Berikut penyebab mobil bermesin diesel kehilangan tenaga.

1. Turbo Vane Bermasalah
Kini pada mesin diesel modern sudah dibekali teknokogi turbo, yakni Variable Nozzle Turbo (VNT) dan Variable Geometry Turbo (VGT).
Fungsinya adalah untuk mengatur besaran tekanan udara yang disuplai oleh turbo ke mesin, sehingga mesin mampu memaksimalkan rpm tertingginya.
Namun, saat komponen pengatur atau solenoid turbo bermasalah, maka suplai udara ke ruang bakar juga bermasalah.
Jika solenoid tidak mampu membuka, maka aliran udara akan kurang atau underboost, sehingga mesin jadi kurang bertenaga.

2. Tekanan Kompresi Menurun
Pembakaran mesin diesel terjadi, karena tekanan yang sangat tinggi sehingga suhunya melampaui titik sulut solar.
Namun, jika tekanan kompresi pada mesin menurun, maka pembakaran jadi tidak sempurna.
Alhasil, tenaga mesin akan terasa loyo dan suara mesin juga terdengar lebih menderu.
Penurunantekanan kompresi disebabkan oleh keausan dinding silinder atau ring kompresi.
Dinding silinder yang aus, akan membuat celah antara ring dengan silinder membesar.Sehingga saat langkah kompresi, udara dari ruang bakar akan keluar lewat celah ini.

3. Injektor Stuck/Macet
Jika ada gangguan pada injektor, maka tekanan injeksi dan volume solar yang disuplai ke ruang bakar akanterganggu.
Jika noozle tersumbat kotoran, otomatis volume solar jadi tidak sesuai dan berimbas pada mesin yang kurang tenaga.
Pada mesin diesel commonrail, pompa injeksi akan memompa secara terus menerus saat mesin hidup.
Jika tekanan pompa injeksi berkurang, akan membuat tenaga mesin jadi menurun.

4. Kampas Kopling Habis
Pada kendaraan roda empat, kampas kopling yang dipakai berjenis single plate yang bersifat kering.
Penggunaan setengah kopling, akan membuat kampas kopling tidak tertekan maksimal.
Hasilnya, akan membuat gesekan antara kampas kopling dan pelat kopling, hingga kampas kopling aus.
kampas kopling aus, akan membuat tenaga mesin sulit tersalurkan ke transmisi.

5. Pengaruh Ban Dengan Tapak Lebar
Mesin diesel memang dikenal tangguh, tapi mesin diesel berspesifikasi rendah meggunakan ban besar tentu akan terasa berat.
Spesifikasi ban, sebenarnya pabrikan sudah menyesuaikan dari aspek aspek keiritan dan aspek tenaga.
Untuk itu ketika ingin mengganti ban, sebaiknya pertimbangkan kedua aspek tersebut.
(COPAS OTOMOTIVE.COM).

Solusi no 3
Kami dapat membantu untuk menghindari Injector yg mampet / Stuck.
Injector yang mampet /Stuck akibat dari tertutupnya lubang nozzle oleh partikel kotoran yang lolos dari saringan solar sehingga masuk ke dalam jalur ke Injector dan bisa juga dari kwalitas Solar yang kurang baik.
Untuk itu di perlukan pembersihan dari kotoran yang terjebak di system injection . Tehnik tersebut dengan istilah Purge Diesel.

Purge diesel cara yang lebih efektif dan efisien, sekaligus biaya rendah yaitu dengan metode PURGING yang hanya menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit dan bisa dikerjakan sendiri (bagi yang sudah mempelajarinya).
Metode ini mem-by-pass langsung cairan pembersih ke injektor melalui jalur filter bahan bakar. Sirkulasi cairan purging berlangsung tertutup dengan rute masuk dan keluarnya cairan purging ke pompa injeksi berasal dari kaleng DIESEL PURGE sebagai tangki eksternal menggantikan tangki bahan bakar mobil.
Jika tanda-tanda berikut di bawah ini Anda alami, berarti indikasi injektor mesin diesel Anda bermasalah, mobil diesel Anda perlu di PURGING.
- Tenaga mesin berkurang
- Mengalami kesulitan start awal (menghidupkan mesin) di pagi hari
- Mesin lebih bergetar dari biasanya
- Mesin bergejala pincang walau saat idle maupun saat dijalankan
Kami siap membantu anda untuk melakukan proses purging mobil anda di tempat ( area Bekasi ) untuk booking di no /Wa 081287527188.
Terima kasih.

Cairan khusus yg kami gunakan made in Jerman .
Berikut proses penerjaan purge di mobil:








Atau langsung klik tautannya dibawah ini






Manfaat Purging mobil Diesel 081287527188 Merawat mobil diesel dengan Purge system


WA 081287527188
Bengkel gurah mesin 




Merawat kendaraan bermesin diesel cukup sederhana. Baik itu yang sudah mengadopsi teknologi common rail, direct injection atau bahkan indirect injection. Terpenting menjaga kebersihan bahan bakar yang tentunya berimbas dengan kebersihan tangki bahan bakar, injektor, filter solar, saluran bahan bakar.

Caranya tidak terlalu sulit, salah satunya melakukan diesel purging secara rutin setiap 20,000 KM. Bahkan boleh juga setiap 10,000 KM jika menggunakan solar subsidi pada kendaraan common rail seperti Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva, Mitsubishi Pajero Sport, Renault Duster dan lain sebagainya.
"Dengan rutinnya melakukan purging fuel line, tentu meminimalkan resiko injektor tersumbat atau rusak dikarenakan jalur bahan bakar sudah kotor,"  Sebagai gambaran, harga injektor common rail rata-rata Rp 3 juta belum termasuk ongkos pasang. Bayangkan jika 4 buah injektor rusak, tentunya akan mengeluarkan uang yang cukup banyak. "Lebih baik mencegah daripada sudah terlambat,"

 


Jika tanda-tanda berikut di bawah ini Anda alami, berarti indikasi injektor mesin diesel Anda bermasalah, mobil diesel Anda perlu di PURGING.

- Tenaga mesin berkurang
- Mengalami kesulitan start awal (menghidupkan mesin) di pagi hari
- Mesin lebih bergetar dari biasanya
- Mesin bergejala pincang walau saat idle maupun saat dijalankan

Masalah paling umum adalah nozzle injektor tersumbat kotoran. Kotoran tersebut sangat halus, berskala mikron (1/1000mm), yang terakumulasi lama menghasilkan residu yang menyumbat injektor. Akibatnya aliran solar yang masuk terganggu.

Perhatian harus lebih lagi untuk mesin diesel yang sudah mengadopsi sistem injektor common-rail dimana dalam sistem ini, tekanan sangat tinggi (1.350-1.800 bar) yang bertujuan untuk membuat pengabutan berlangsung sempurna, hasilnya mesin lebih bertenaga, lebih efisien dan juga ramah lingkungan. Untuk jenis mesin diesel common rail, solar berkualitas rendah sangat tidak dianjurkan dan kebutuhan akan perawatan rutin injektor diesel harus lebih sering (interval waktu servis lebih singkat), biasanya dianjurkan setiap 10.000 Km, bahkan lebih sering lagi yaitu setiap 5.000 Km jika memakai solar kualitas rendah atau kondisi seperti di atas sudah mulai dirasakan.

Perawatan umum di bengkel biasanya adalah dengan “bongkar mesin” khususnya bagian injektor dan saluran bahan bakar untuk dibersihkan, harganya mahal sekali, sekali servis kisaran lebih dari 1-2 jutaan. Jika rusak parah, maka komponen injektor harus diganti dan harganya mahal sekali, misalnya injektor Toyota Kijang Innova diesel (EDU 2 soket) sekitar Rp 4,5 juta per unit, dan untuk model 3 soket bisa hingga Rp 7 juta per unit.

Tapi sekarang ada cara yang lebih efektif dan efisien, sekaligus biaya rendah yaitu dengan metode PURGING yang hanya menghabiskan waktu lebih kurang 30 menit dan bisa dikerjakan sendiri (bagi yang sudah mempelajarinya).
Metode ini mem-by-pass langsung cairan pembersih ke injektor melalui jalur filter bahan bakar. Sirkulasi cairan purging berlangsung tertutup dengan rute masuk dan keluarnya cairan purging ke pompa injeksi berasal dari kaleng DIESEL PURGE sebagai tangki eksternal menggantikan tangki bahan bakar mobil.

Jika perawatan tersebut membutuhkan waktu,, anda dapat menhubungi kami 081287527188 untuk wilayah bekasi , kami akan mengerjakan purge di tempat anda.






Sabtu, 12 April 2025

Bengkel Tune up Carbon clean 081287527188 Gurah Mesin Mobil Bekasi untuk Nissan Livina dan Avanza serta Xenia


 


081287527188 Gurah Mesin Mobil Panggilan Bekasi 

 Salah satu problem utama yang dikeluhkan pengguna Nissan Grand Livina AT khususnya versi mesin 1.500cc (HR15DE) adalah gejala knocking dan tarikan awalnya yang agak berat. “Setelah pemakaian dua hingga tiga tahun, mesin.

Solusi mencegah mesin ngelitik dengan memberbersihkan ruang bakar dan system injection bahan bakar mobil anda.




Sebagai pemilik mobil yang mencoba selalu rutin melakukan perbaikan agar mencegah kerusakan lebih besar. Tentunya memahami bahwa perawatan mesin mobil sesuai dengan aturan merk dagangnya membutuhkan dana tidak sedikit. Sebagai solusi paling praktis untuk mencegah mesin mobil ngelitik ialah menggunakan . Produk kami  membantu mengoptimalkan kerja mesin namun tetap efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Hasilnya performa mesin mobil terjaga, bebas dari resiko ngelitik, dan kerusakan lainnya.




Anda dapat menghubungi kami untuk service booking Wilayah Bekasi 081287527188. untuk lebih detailnya dapat mengklik GURAH MESIN BEKASI

Uraian singkat mengapa Livina Ngelitik





Terima kasih.

Aris Widi


Mobil yang telah kami kerjakan:














Jumat, 24 Januari 2025

Penyebab & Solusi, Mobil Keluar Asap Saat Di Gas

WA 081287527188
Bengkel gurah mesin

Mengapa Asap Mobil Tidak Transparant ??

Asap mobil yang berwarna putih atau gelap terjadi akibat ada partikel tambahan saat terjadinya pembakran dan bisa juga disebabkan siklus pembakaran mesin yang kurang sempurna. Gas CO akan terkontaminasi dengan gas NOX sehingga warnanya bisa lebih gelap dan terasa pedih di mata. Namum mobil yang dilengkapi dengan catalytic converter apa tidak tersaring ?? Catalytic converter memang berfungsi untuk mengikat partikel yang menyebabkan emisi buruk seperti gas NOX. Secara normal, pembakaran mesin memang menghasilkan gas NOX dengan kadar rendah.






Gas tersebut melewati catalytic converter sebelum masuk ke knalpot dan karena NOX sedikit kadarnya maka gas buang yang keluar dari knalpot bisa lebih jernih. Namun beda kasusnya jika kadar NOX yang terbentuk itu lebih banyak. Kecepatan aliran gas buang yang melewati catalytic converter itu cukup tinggi “apalagi saat digas” sehingga ada banyak gas NOX yang tidak tersaring akibatnya keluar dari dalam knalpot.

Lantas Apa Penyebab Mobil Yang Ngebul ??

Dalam hal ini ada tiga jenis asap yang keluar dari knalpot, dan ketiganya juga disebabkan hal yang berbeda-beda yaitu:


Asap Berwarna Putih Tipis “Kebiruan”
Jenis asap yang pertama berwarna putih tipis, kalau kalian melihat asap ini di area terang mungkin akan nampak berwarna biru. Kebul ini di sebabkan karena ada oli yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Seperti pada motor dua tak yang memiliki oli samping, pasti warna asapnya putih. Ketebalan asap yang keluar dari knalpot menunjukan seberapa banyak oli yang terbakar. Namun mengapa oli mesin bisa masuk kedalam ruang bakar ?? Oli bisa masuk ke ruang bakar dikarenakan hal-hal berikut ini:

Keausan Blok Silinder Dan Ring Piston.





Saat blok silinder mengalami keausan maka diameternya akan melenar begitu pula saat ring piston mengalami keausan celah ring piston akan melebar. Akibanya saat piston bergerak naik turun oli dari crank case masuk melalui celah ring piston dan terbakar saat busi menyala.

Seal Katup/klep Rusak.

Seal katup/klep ialah karet yang merapatkan batang katup dengan ruang pada head cylinder. Fungsinya untuk mencegah oli dari kepala silinder masuk kedalam intake/exhaust port. Apabila seal ini mengalami kerusakan, otomatis oli bisa dengan mudah masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Bocor Oli Dari Turbo


Khusus mesin yang dilengkapi turbocharger “biasanya mesin diesel” oli mesin juga bisa bocor dari komponen turbo. Pada turbo, oli digunakan untuk melumasi poros turbin dari turbo. Apabila oli tersebut bocor, maka oli bisa masuk ke intake side atau ke exhaust side. Apabila oli masuk ke intake, maka oli mengalir ke ruang bakar dan ikut terbakar. Namun saat oli langsung ke exhaust, oli langsung berubah menjadi asap putih karena panas gas exhauts.

Lantas Bagaimana Solusinya ??

Untuk mengecek kebocoran oli ke ruang bakar ini, langkah pertama kita harus melakukan pengecekan kompresi mesin. Pengecekan kompresi ini dilakukan untuk mengetahui berapa besaran tekanan kompresi mesin. Apabila terdeteksi tekanan kompresi mesin dibawah standar maka itu tandanya oli mesin memang masuk dari celah ring piston. Mau tidak mau kita perlu mengganti ring piston atau melakukan oversize blok mesin agar bisa kembali normal. Tapi kalau tekanan kompresi masih normal itu menandakan bahwa oli bukan berasal dari celah ring piston. Melainkan dari saluran udara mesin seperti seal katup tadi atau turbocharger.

Asap Berwarna Putih Pekat

Pada mobil mungkin kalian pernah melihat knalpotnya mengeluarkan asap putih dengan pekat ini. Terjadi akibat coolant atau air pendingin masuk ke ruang bakar dan menguap karena panas pembakaran mesin. Hasil penguapan ini akan berwujud asap putih yang keluar dari dalam knalpot. Asap putih ini berbeda dengan kasus bocor oli, kalau asap karena oli terbakar itu cenderung kebiruan. Tetapi untuk asap ini seperti air menguap yang warnanya keputihan.

Untuk memastikannya coba cek volume oli dan volume air pendingin. Mana yang berkurang apabila volume air pendingin berkurang berarti benar masalahnya berasal dari kebocoran coolant. Dari mana air radiator masuk ke ruang bakar ?? Air ini masuk melalui packing atau gasket kepala silinder yang retak. Saat mobil digas, “RPM naik” maka putaran pompa air juga naik yang menyebabkan tekanan didalam saluran pendingin meningkat.

Karena kondisi gasket retak maka air dari lubang pendingin didalam blok mesin akan mengalir keluar dan masuk kedalam ruang bakar. Ketika pembakaran mesin terjadi, air ini akan menguap karena tingginya panas di area itu.

Lantas Bagaimana Solusinya ??

Cara mengatasi bocor air pendingin ini kita hanya perlu mengganti packing atau gasket kepala silinder yang mengalami keretakan. Langkah penggantian ini juga tergolong tidak terlalu sulit karena hanya melepas bagian kepala silinder.

Asap Berwarna Hitam/Abu-Abu
Untuk warna asap knalpot ketiga, mungkin kalian pernah atau sering melihatnya pada mobil truk yang menggunakan mesin diesel. Asap hitam ini disebabkan karena bahan bakar yang keluar didalam ruang bakar itu terlalu banyak. Ada perhitungan didalam penentuan volume bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Pada mesin bensin, perbandingannya sekitar 14 : 1 atau 14 gram udara berbanding dengan 1 gram bensin. Apabila perbandingan lebih boros “<14 : 1” maka produksi NOX ini juga akan berlebih, karena NOX tercipta karena kandungan oksigen yang kurang dalam sebuah pembakaran mesin. Penyebabnya bisa bermacam-macam antara lain ??

Injektor Jebol.




Pada mesin bensin ini jarang terjadi, meski demikian injektor yang jebol bisa membuat aliran bensin ke dalam intake tidak terkontrol, sehingga campuran busa berlangsung boros. Sementara pada mesin diesel atau GDI “Gasoline Direct Injection”, kejadian injektor rusak ini sering ditemui. Awalnya injektor akan stuck atau macet. Ketika dilakukan penyervisan injektor bisa jebol dan membuatnya mengeluarkan bahan bakar dengan tidak terkontrol.

Kalau untuk injektor konvensional, ini bisa diakali dengan mengganti shim atau plat didalam injektor agar pegas bisa lebih kuat menekan noozel injektor. Sementara pada mesin commonrial akan terasa sulit apabila injektor sudah mengalami kerusakan, dengan kata lain kalian perlu menggantinya.

Kerusakan Air Induction System Sensor

Air induction system sensor, terdiri dari beberapa sensor disepanjang induksi udara mesin. Contohnya MAF, IAT, MAP, TPS, sensor-sensor tersebut akan mendeteksi kondisi pada udara masuk untuk menentukan berapa volume bensin yang akan disemprotkan.

Apabila salah satu sensor mengalami malfunction maka sinyal yang dikirimkan ke ECU tidak valid dan hasilnya injektor akan mengeluarkan bensin tidak akurat bisa lebih lebih sedikit bisa juga lebih banyak. Untuk urusan elektrikal ini, kita perlu bantuan alat scan untuk mengetahui sensor mana yang mengalami kerusakan, setelah ketemu baru kita ganti sensornya.

Filter Udara Sangat Kotor “Mesin Karbu”

Filter udara yang sangat kotor justru menjadi penghalang bagi sistem induksi udara. Karena kotoran yang menumpuk pada permukaan filter akan menghambat aliran udara ke dalam intake manifold.

Ini akan meningkatkan kevakuman di dalam saluran udara setelah intake saat mobil di gas. Peningkatan kevakuman ini terjadi karena piston bekerja dengan lebih cepat sehingga hisapan piston juga lebih besar. Dengan kondisi filter yang rapat maka ruang setelah piston akan mengalami kevakuman.

Sementara itu kita tahu kalau mesin karbu tidak ada MAP sensor dan bensin dikeluarkan ke venturi dengan metode perbedaan tekanan. Saat kevakuman didalam saluran udara meningkat ini akan memaksa bensin keluar lebih banyak atau dengan kata lain kondisi ini mirip saat choke diaktifkan. Solusinya kalian bisa membersihkan filter udara atau bila perlu menggantinya dengan yang baru.
(Sumber google)

Demikian uraian singkat ini dapat membantu dalam pencerahan mengenai kendaraan yang anda alami di rangkum dari beberapa sumber.

Service Rutin dapat mendeteksi dini kemungkinan kerusakan pada mobil anda.

Gurah mesin dapat menjadi alternatif
Silahkan klik detailnya.👆👆👆





Microflex 983 cairan Pembersihan Injector dan bahan bakar biosolar 5% sampai biosolar 100%

Bahan konsentrat multiflex modern untuk semua campuran diesel dan biodiesel mulai dari Biodiesel 5% sampai Biodiesel 100% dengan efek pembersihan dan pelumasan yang sangat baik berdasarkan pada teknologi ROA
Produk ini telah diuji dan disertifikasi oleh TÜV Thuringia.
ROA-Teknologi:
(Technolgy Amina Organik Reaktif)
  • Bahan baru yang terdiri dari komponen organik ultra reaktif, menghasilkan solusi sempurna untuk semua campuran diesel.

  • Formula pembersihan yang kuat.
Fitur Tambahan:
  • Membawa level emisi dan konsumsi bahan bakar kembali ke level mobil baru.
  • Secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri dalam campuran biofuel.
  • Memastikan stabilitas bahan bakar yang menua dan melindungi terhadap pembentukan lumpur.
  • Mengurangi endapan di area injeksi melalui efek "tetap bersih".
  • Mulai dingin lebih mudah karena meningkatnya jumlah cetane.
  • Mengurangi perbankan terkait bahan bakar. (Bank diesel)
aplikasi:
  • Untuk semua sistem common-rail dan injector.
  • Untuk memastikan kualitas bahan bakar secara keseluruhan.
  • Di semua layanan.
  • Setelah filter partikel bersih.
  • Setelah dibersihkan dengan MP 134.


Minggu, 10 November 2024

Akibat covid19 kami melayani service gurah mesin / carbon cleaner / tune up di jadwal berdasarkan Booking Service sehingga bengkel tetap berjalan

Dalam kondisi saat ini dengan adanya wabah virus covid19 yang telah melanda ke berbagai daerah di Indonesia, dan juga untuk mengurangi penyebarannya sesuai Anjuran Pemerintah melalui social distancing merupakan upaya mencegah penularan infeksi penyakit dengan menjaga jarak dari kerumunan massa. 
Dalam hal ini bengkel kami melakukan pekerjaan gurah mesin mobil berdasarkan booking service sebelumnya , di lakukan sesuai hari dan jam terlebih dahulu.  Mobil yang datang akan kami layani sesuai waktu yang sudah di sepakati melalui booking service tersebut.
Dalam sehari kami membatasi 2-3 mobil saja di samping jumlah tenagatenaga / mekanik terbatas. 





Semoga cepat berlalu wabah Covid 19 dari tempat kita semua,  harapan kami berjalan seperti sedia kala. Tetap semangat.