Selasa, 05 November 2024

Info Bengkel Gurah mesin mobil Bekasi di tambun selatan, Mandiri Auto Service melayani ganti oli, Gurah mesin,Carbon cleaner,Purging diesel, scanner, service berkala


Dalam membantu warga tambun selatan untuk menservice mobil secara berkala untuk ganti oli mesin ,engine tune up,Carbon clean,Purging diesel ,pengecekan mesin ( scanner ).

📍Lokasi :

 Mandiri Autoservice.
 Jl. pendidikan Mangunjaya Tambun selatan          (di belakang pomp bensin Besar Mangunjaya.)

Perawatan mobil :
Ganti oli
Oli filter
Tune up
Gurah mesin
Purging
Brake system / Rem
Dll..

Tersedia :
Oli mesin Shell helix5w-40 ( Jamin Asli/scan)
Oli Ravenol
Oli filter
Saringan solar 
Dll









Untuk oli yang kami jual  standard untuk masing masing kendaraan menurut SAE sesuai dari anjuran dealer..








Lokasi kami sangat mudah di cari karena berada di sisi jalan, untuk waktu  jam buka 08.00- 17.00. atau waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan melakukan janji service terlebih dahulu.


Atau


Berikut Paket pekerjaan yang menjadi Andalan kami  yaitu pekerjaan tune up Gurah mesin. Dapat di lihat link di bawah ini : 👇👇
































Penyebab Lampu indikator Timing belt menyala mobil Innova dan Fortuner diesel

 


Seperti hal nya lampu di dashboard menyala pada saat mesin sudah hidup mengindikasi adanya kendala atau tidak berfungsi sensor tidak berfungsi.

Dalam hal ini pada mobil Innova dan Fortuner diesel kerap terjadi setelah pemakaian diatas kilometer mobil 100rb , lampu Timing belt akan menyala,

Arti dari lampu indikator Timing belt menyala menandakan pemilik mobil harus segera mengganti timing belt pada mesin mobil, dari pihak produsen sudah mensetting untuk mengganti Timing belt tersebut.

Setelah melakukan penggantian Timing belt biasanya mekaniknakan mensetting kembali dan mematikan lampu indikator nya. 

Jadi pemilik mobil Innova dan Fortuner diesel tidak perlu panik akan hal tersebut, melainkan harus mempersiapkan  dana dan melakukan pengganti Timing belt di bengkel kepercayaannya.


Mandiri Autoservice 

Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel 

Jl Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan Bekasi.

Share lokasinya maps

Mandiri Autoservice 

 📍Bengkel Gurah Mesin Carbon clean dan Purging diesel.






Jual tutup blocked egr Innova Fortuner diesel berikut pasang di Bekasi , Mandiri Autoservice bengkel gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel

 









Tutup EGR digunakan untuk memblok jalur gas buang yang dimasukan kembali ke ruang mesin lewat intake manifold. manfaat menutup EGR: - intake mesin tidak cepat kotor. - oli tidak cepat jenuh sehingga usia pakai lebih awet.
Kotoran atau residu biasanya mengendap di sela-sela katup ataupun jalur EGR, sehingga katup-katup tersebut tidak dapat bekerja dengan optimal, dan harus dibersihkan secara berkala,”
EGR digunakan untuk menurunkan emisi NOx yang dihasillkan dari proses pembakaran, dengan memasukkan kembali sebagian gas buang hasil pembakaran ke dalam intake manifold.

Hal ini hanya merupakan alternatif untuk menekan biaya service jika mengganti Egr yang rusak .
Note anjuran Aptm untuk tidak menutup EGR.

Jika ingin menutup EGR pada mobil Innova diesel atau Fortuner diesel dapat menghubungi kami di kontak hp /WA 081287527188.

📍Mandiri Autoservice
Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel.
Jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi.




Senin, 07 Oktober 2024

Pengecekan Service berkala


Sebenarnya service mobil berkala tidak membutuhkan biaya besar bila Anda melakukannya secara teratur. Kenali dulu sembilan komponen mobil yang mesti mendapatkan service berkala berikut ini. Agar Anda bisa menyiapkan waktu dan budget untuk urusan service:


Oli Mesin dan Filter Oli 





Komponen mobil yang satu ini memang tak boleh luput dari perhatian Anda. Idealnya, oli mesin mobil diganti setelah Anda menempuh jarak 10.000 km .filter oli juga patut mendapatkan perhatian yang sama. Karena filter oli yang kotor tentu tak dapat melakukan proses penyaringan secara maksimal.


Busi

Busi berperan penting sebagai pemantik pada kendaraan bermotor.  Meskipun bentuknya kecil, fungsinya memang sangat besar. Busi yang kotor membuat Anda kesulitan menyalakan mobil. Bahkan, mobil Anda akan semakin boros bahan bakar bila Anda tidak pernah mengganti busi dengan yang baru. Busi yang mulai kotor bisa dibersihkan. Namun, proses penggantiannya tetap harus dilakukan setelah mobil Anda menempuh jarak 20.000 km.


Filter Udara

Anda patut mengganti filter udara setelah menempuh jarak 40.000 km. Terutama bila Anda sering melintasi jalanan yang berdebu. Filter udara yang terlalu kotor akan menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil. Akibatnya, pembakaran berlangsung kurang sempurna dan penggunaan bahan bakar malah semakin boros.

Aki

Salah satu tanda bahwa aki mobil harus diganti adalah sistem alarm mobil yang mati. Selain itu, biasanya dashboard mobil juga tidak mau menyala hingga lama-kelamaan Anda pun sulit menyalakan mesin mobil. Air pada aki basah harus ditambah secara teratur. Selain itu, aki basah maupun aki kering mesti diganti setiap tahun. Jangan sampai kinerjanya telanjur melemah hingga akhirnya membuat mobil Anda mogok saat dikendarai.

Filter AC

Jangan mengabaikan komponen mobil yang satu ini. Hingga kini masih banyak orang yang berpikir bahwa filter AC tak perlu dibersihkan atau diganti. Karena kondisi kabin mobil selalu bersih.filter AC juga menampung banyak kotoran yang tak kasat mata. Filter AC yang kotor atau rusak akan menyebabkan kinerja AC terganggu. Maka AC pun terasa tidak dingin dan mengganggu kenyamanan Anda. Oleh sebab itu, Anda mesti rutin membersihkan filter AC dan menggantinya setiap kali mobil menempuh jarak 20.000 km.

Kanvas Rem

Fungsi kanvas rem sangat krusial bagi mobil. Fungsi pengereman didukung oleh komponen kanvas rem yang berkualitas. Seiring dengan bertambahnya usia pemakaian mobil, kanvas rem bisa menipis dan menyebabkan sejumlah gangguan. Ada beberapa ciri yang menunjukkan kalau kanvas rem mobil mesti segera diganti, yaitu bunyi berdecit saat mengerem, jumlah minyak rem yang berada di bawah batas normal, dan injakan rem yang lebih dalam dari biasanya.

Kanvas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir. Sebaiknya kanvas rem rutin dicek dan mendapatkan penggantian setiap jarak tempuh 20.000 km.


Kanvas Kopling

Selain kanvas rem, kanvas kopling juga butuh perhatian. Kanvas kopling berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke ban. Biasanya kanvas kopling relatif cepat menipis karena kondisi jalanan yang rusak. Salah satu ciri kanvas kopling yang harus diganti adalah bau khas kopling yang timbul saat Anda mengerem di tanjakan. Kanvas kopling sebaiknya diganti setelah mobil menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.

Lampu

Proses penggantian lampu mobil tentu tidak sulit. Semakin sering Anda mengendarai mobil, maka biasanya semakin pendek pula usia lampu mobil. Pemasangan lampu mobil harus dilakukan secara benar agar lampu tersebut awet dan tidak menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros. Biasanya lampu mobil sudah mulai meredup bila digunakan selama 1,5 tahun. Jadi, Anda harus lekas menggantinya dengan yang baru supaya tidak mengganggu performa mobil.

Ban Mobil

Kondisi ban mobil juga harus diperhatikan secara seksama. Terutama bila Anda sering melewati jalanan yang rusak atau menanjak. Tekstur ban mobil yang mulai menipis akan menyebabkan daya geseknya berkurang. Akibatnya, mobil jadi kesulitan bermanuver dan risiko kecelakaan pun semakin besar.

Anda mesti memilih ban mobil baru sesuai dengan karakteristik mobil. Ban mobil depan bisa digantikan dengan ban belakang. Sehingga ban belakang mendapatkan ban baru. Siklus ini harus dilakukan secara teratur demi menjaga kualitas ban mobil. Jangan sampai Anda berkendara dengan mobil yang bannya sudah tipis dan rentan pecah.



Mandiri Autoservice

Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel

Jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi

Wa 081287527188



Rabu, 11 September 2024

081287527188 SERVICE RUTIN DI RUMAH ANDA

GANTI OIL MESIN DAN OIL FILTER BERIKUT SERVICE UNTUK AVANZA XENIA TERIOS RUSH GRAND MAX ...DLL.. UNTUK WILAYAH BEKASI HUB 081287527188


Hasil gambar untuk oil tmo

Ganti kampas rem + pasang untuk mobil avanza xenia terios rush


Oli mesin berkerak dan berlumpur, ini solusinya


Ganti kampas rem depan Avanza Xenia rush Terios dan lainnya bisa dilakukan sendiri. Alatnya juga enggak perlu sampai belanja ke toko perkakas.


Tinggal siapkan saja dongkrak standar, kunci sok ukuran 21 mm untuk buka ban dan ring ukuran 14 mm untuk buka kaliper. Urutan kerjanya dari buka pengunci ban dulu dengan kunci sok ukuran 21 mm dan ingat, bautnya ada 4 buah.
Setelah roda terlepas, lanjutkan dengan membuka baut pengunci kaliper. Cukup pakai Kunci ring atau pas ukuran 14 mm untuk membuka baut ini.
Angkat kaliper dan lepas kampas rem dari rumahnya. Ganti kampaskamp yang sudah terpakai dengan yang baru, bisa orisinal atau aftermarket 
Kampas rem sudah diganti, posisikan lagi kaliper seperti semula dan kunci dengan baut ukuran 14. Oh iya, kalau kondisi kampaskamp sebelumnya sudah habis banget. Biasanya perlu menekan piston, supaya kampas lebih mudah terpasang. 
Baru kemudian pasang lagi ban, tapi jangan sembarangan. Dongkrak jangan dilepas dahulu sebelum seluruh baut ban terpasang. Setelah semua baut terpasang, baru dongkrak diturunkan dan semua baut dikencangkan dengan arah menyilang (kiri atas, kanan bawah, kanan atas dan kiri bawah.


Indikasi jika kampas rem sudah tipis :
1. Periksa Tanki minyak rem apakah ada penurunan dari batas maksimal, tanpa ada kebocoran minyak rem
2. Jika terdengar bunyi gesekan di bagian roda pada saat berjalan.atau pada saat rem di injak.
3. Rem tangan pada saat ditarik lebih ringan dari biasanya.
Atau ada baiknya setiap km 20.000 di lakukan pemerisaan  pada bagian rem di bersihkan untuk mengetahui kondisi layak kampas .

Jika anda tidak dapat mengerjakan kami dapat membantu untuk mengganti kampas rem mobil anda dengan menghubungi di no telp/WA  081287527188.

📍Bengkel kami ada di 
jl.Raya Pendidikan ,Mangunjaya tambun bekasi
Buat Janji / Booking Service  sebelumnya.

Klik 👉 langsung Chat Info service







Rabu, 04 September 2024

Mesin Diesel dengan kelebihannya...

Purge Diesel area Bekasi , untuk mobil Pajero sport, Innova diesel , Fortuner diesel dan lainnya 
WA 081287527188

Rawatan berkala untuk mesin diesel





 Klik untuk petunjuk / arah 📍👉bengkel kami




Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif.


trackback 
Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah. Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Kekurangannya hanya terletak suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat utk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo ato Supercharger
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit.


TEKNOLOGI DIESEL COMMONRAIL (DIESEL MODERN)

Teknologi “Common Rail” bak dewa bagi mesin diesel modern. Dengan common rail, mesin diesel masuk ke mobil-mobil kelas eksklusif atau mobil-mobil premium seperti Jaguar dan BMW Seri 7. City car juga tidak luput dari godaan mesin diesel dengan teknologi terbaru tersebut.
Sebagai contoh, Fiat sudah berhasil membuat mesin diesel 1.300 cc bertenaga 70 hp dengan konsumsi bahan bakar 3-4 liter/100 km atau rata 25 km/liter. Jadi mesin diesel bukan lagi hanya milik komunitas truk dan bus berukuran besar atau alat-alat berat dan kapal.
Di Indonesia juga sudah ada beberapa ATPM menjajakan kendaraannya dengan mesin diesel common rail. Mulai dari double cab sampai minivan menengah, seperti Kijang Innova. Sayangnya, konsumen kendaraan bermesin diesel common rail kesulitan mendapatkan bahan bakar sesuai dengan standar yang telah ditentukan produsennya.
Pasalnya, Pertadex yang saat ini cuma dipasarkan oleh Pertamina, makin sulit diperoleh. Di samping itu, harganya paling mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak lain. Padahal di Jerman, bahan bakar diesel moderen di bawah harga bensin terbaik.
Karena itulah, konsumen rela merogoh kocek lebih banyak untuk mendapat kendaraan bermesin diesel. Sebab, setelah dua tahun, mereka akan kembali mendapatkan nilai ekonomisnya dibandingkan mobil bermesin bensin.

DIESEL Vs BENSIN
Sebelum mendalami common rail, kita bahas dulu tentang mesin yang digunakan secara umum sekarang ini berdasarkan bahan bakar minyak. Untuk ini, hanya ada dua jenis, yaitu bensin dan diesel atau kita menyebutnya solar.
Di kalangan orang teknik, mesin diesel dikenal dengan CI (compression ignition) atau mesin dengan penyalaan kompresi. Sedangkan mesin bensin disebut SI (spark ignition), mesin dengan penyalaan bunga api (busi).
Pada mesin diesel, pembakaran dipicu oleh udara yang dimampatkan atau dikompresi di dalam silinder. Akibat pemampatan itu, tekanan udara menjadi sangat tinggi. Begitu juga suhunya, mencapai titik bakar solar. Karena itu, begitu solar disemprotkan ke udara itu, langsung terbakar. Dengan cara ini, mesin diesel tidak memerlukan sistem penyalaan atau percikan bunga api.
Untuk mendapatkan tekanan tingi itu, perbandingan kompresi harus tinggi. Untuk mesin diesel, berkisar 16 – 25: 1. Sedangkan mesin bensin 6 – 12 : 1. Perbandingan kompresi menentukan efisiensi kerja mesin. Makin tinggi perbandingan kompresi, lebih efisien sebuah mesin. Meski begitu, perbandingan kompresi tidak bisa ditentukan begitu saja. Harus juga mempertimbangkan sifat dan kualitas bahan bakar yang akan digunakan


DIESEL COMMONRAIL Vs DIESEL CONVENSIONAL

Perbedaan antara mesin diesel modern, common rail dengan konvensional adalah cara memasok bahan bakarnya. Terutama, komponen yang berada antara pompa injeksi dan injektor. Ada dua komponen utama di sini, yaitu pompa injeksi atau mekanik awam menyebutnya Bosch pump dan injektor.
Diesel Konvensional
Fuel System Diesel Konvensional
Diesel Common-Rail (Diesel Modern)
Diesel Common-Rail (Diesel Modern)
Cara kerja common rail layaknya seperti konsep hidup bersama. Dalam hal ini, semua injektor yang bertugas memasok solar langsung ke dalam mesin, menggunakan satu wadah atau rel yang sama dari Pompa Injector. Caranya sama dengan yang digunakan pada sistem injeksi bensin. Sedangkan mesin diesel konvensional, setiap injektor memiliki pasokan solar sendiri-sendiri langsung dari pompa injeksi. (perhatikan skema)
Tekanan bahan bakar dalam rel sangat tinggi. Sekarang, yaitu common rail generasi ke-3, tekananya sudah mencapai 1800 bar. Kalau dikonversi ke PSI yang masih digunakan sekarang menjadi 26.100 PSI. Bandingkan dengan tekanan ban 30 PSI. Atau tabung elpiji 25 bar dan CNG 200 bar. Dengan tekanan setinggi tersebut, pengabutan yang dihasilkan tentu saja semakin bagus. Pembakaran yang dihasil menjadi lebih dan kerja mesin makin efisien. That’s Why mesin Diesel Common Rail Direct Injection macem Ford Ranger/Nissan Navara/Chevrolet Captiva VCDI lebih terlihat minim asap hitam ketimbang mesin Diesel Jadul
Sesuai dengan perkembangan mesin Diesel, Para ahli mngembangkan sistem yang paling mutakhir pada mesin Diesel yakni yang dikenal dengan CRDI (Common Rail Direct Injection) teknologi ini telah digunakan oleh Chevrolet Captiva Diesel CRDI/VCDI dengan kapasitas mesin 2000cc 16 katup segaris memuntahkan tenaga 150 Daya Kuda pada kitiran 4000 Rpm dengan torsi max 320 Nm pada kitiran 2000 Rpm Wow! fantastis! tenaga besar namun efisien.

Jumat, 19 Juli 2024

Purging Captiva diesel Bekasi

Mandiri Autoservice

Bengkel gurah mesin carbon clean dan Purging diesel
Jl Raya Pendidikan no 1 Mangunjaya tambun Selatan Bekasi

Booking service WA 081287527188





Sumber dari : chevroletopelblazer.blogspot.co.id

Beberapa penyebab tumbang nya chevrolet captiva diesel

sudah sering sekali bengkel kami menerima captiva diesel dalam kondisi sangat memprihatin kan,usia secara tahun masih sangat muda masih dibawah 5 tahun,secara kilometer usia rata2 60rb KM sampai 100rb an km,dari sekian banyak kasus yg masuk yang paling sering adalah linier gentong atau linier piston yg bergelombang kenapa demikian ?

secara mudah nya begini, captiva bermesin diesel commonrail dengan standart emisi euro 4 dan 5 sementara bahan bakar yanga ada di indonesia tertinggi untuk solar masih euro 3,jadi apa korelasi bahan bakar dengan gentong nya linier piston?
jawaban nya OLI ya oli , mengapa demikian ?
linier adalah ruang bakar dimana terjadi proses perubahan cairan bbm menjadi energi,bahan bakar melalui proses kompresi piston setiap pergerakan piston menghasilkan gesekan tinggi antara pistn dan diding mesin atau linier pemanasan karena gesekan ini di minimalisir atau di redam oleh oli dan ,oli selain untuk melumasi setiap bagian mesin yg mengalami gesekan juga meredam panas

sementara bahan bakar solar memilki kadar sulfur yg berbeda beda setiap mesin pun punya kadar toleransi terhadap kadar sulfur berbeda beda nah korelasinya antara bahan bakar dan oli adalah menyusut nya atau berkurang nya kemampuan oli dalam meredam panas dan gesekan mesin yg di akibat kan oli tingginya kadar asam sulfur pada bahan bakar solar simple kan? seharusnya oli mampu meredam asam sulfur yg dihasilkan dari pembakaran di ruang bakar akan tetapi karena tingginya asam sulfur pada solar mengakibatkan oli cepat jenuh / kotor imbas nya asam sulfur yg tersisa dan tidak mampu di netralisir oleh oli mengerus dinding linier piston

lalu apa solusi dan cara pencegahan nya?
PERPENDeK USIA OLI ANDA, bila umumnya usia oli diesel masa kini di klaim mampu berusia hingga 10.000 KM ada baiknya ada menganti oli pada usia 4000-5000km,apakah ini menjamin akan menghantikan gentong pada mesin diesel jawabanya TIDAK, knp ? ini hanya langkah awal untuk mencegah karena ini semua hanya asumsi awal dari team kami dan berdasarkan pada penemuan di teman2 BMW bermesin diesel yang mengalami gejala linier piston gentong,beranjak dari hal tersebut lah kami berani berasumsi bahwa penyebab linier gentong pada diesel chevrolet adalah sama seperti hal nya pada mesin2 diesel lain nya,
so apa yg sebaiknya dilakukan bila mengalami linier gentong ?
ganti linier piston dengan mengunakan bahan yg lebih tahan pada asam sulfur mengunakan linier dari mobil lain dengan ukuran yang sama dan panjang yang sama.


( gambar : linier gentong bergaris putih cekungan bervariasi ada yg dalam dan bergelombang dan terkadang bisa di raba jari terkadang butuh alat khusus untuk mengukur nya )

semoga artikel ini bermanfaat
unuk info lebih lanjut mengenai mesin diesel chevrolet lain nya silah kan hub :

PRM
jalan raya puspitek pamulang tangerang selatan.