Selasa, 12 November 2024

Penyebab Fortuner diesel Vnt hilang tenaga loss power , muncul kode DTC P2006

 Toyota Fortuner diesel Vnt muncul kode DTC P2006

Intake Manifold Runner Control Stuck Closed Bank 1




Sistem Intake Manifold Runner Valve (IMRV) dipasang pada intake manifold dan terdiri dari intake manifold runner valve (IMRV), flag IMRV ( kupu-kupu) dan motor vacum IMRV (selenoid ). Kevacuman  IMRV bekerja membuka dan menutup flag IMRV (kupu-kupu) atas perintah ECU dan. Sensor posisi katup dapat terdeteksi sudut bukaan IMRV.

IMRV memiliki alur kerja:

Pada saat IMRV ditutup, udara mengalir melalui alur ke dalam silinder dari intake manifold, sehingga dihasilkan aliran udara dinamis atau aliran udara di dalam silinder. Aliran udara yang mengalir secara drastis mengurangi simpanan bahan bakar di dalam lubang udara masuk dan permukaan dinding pembakaran di dalam silinder. Hal ini meningkatkan efisiensi pembakaran dengan meningkatkan campuran udara-bahan bakar dan turbulensi aliran udara.

kemungkinan penyebabnya kegagalan kerjanya

- Intake Manifold Runner Valve Mengikat tertutup Atau Menempel akibat dari banyaknya defisit carbon di dalam intakeanipold

- Saluran Vakum Retak atau Rusak (Kebocoran Vakum)

- Sensor selonoid tidak bekerja secara maksimal (mati-hidup) 

-  Sambung Pengkabelan /socket pin nya

-  Modul Kontrol Mesin Rusak (ECM)






Gejala kode P2006 biasanya Lampu Engine ON menyala (atau Lampu Peringatan Segera Service Engine)

Biasanya mekanik mendiagnosis dengan menggunakan scanner untuk mengetahui penyebab lampu engine menyala.

Sebuah alat scan akan dihubungkan ke ECU kendaraan dan diperiksa untuk setiap kode. Kode masing-masing akan memiliki data bingkai beku mereka sendiri yang menunjukkan kondisi kendaraan di bawah saat kode ditetapkan.

Perbaikan yang di lakukan yaitu membersihkan carbon yang di dalam intake manipold atau istilahnya Carbon clean secara keseluruhan intake manipold., Dari Throtle Body,Egr dan intakenya dilanjutkan dengan purging diesel










Semua kode kemudian akan dihapus dan test drive akan dilakukan dalam kondisi yang sama dengan data bingkai beku.

Kemudian inspeksi visual dilakukan untuk mencari kabel yang rusak, komponen yang rusak, dan saluran vakum yang aus.

Selanjutnya scan tool akan digunakan untuk melihat live data stream dan posisi runner intake manifold akan dimonitor selama kendaraan dioperasikan.

Terakhir, pompa tangan vakum akan digunakan untuk menguji solenoid kontrol runner intake manifold.

Kesalahan umum saat mendiagnosis kode P2006

Kesalahan dapat dibuat ketika flap intake manifold tidak kerja ,maka solenoid kontrol intake runner adalah penyebabnya.


Semua langkah diagnostik harus dilakukan dalam urutan yang benar tanpa melewatkan apapun. Hal ini dilakukan untuk menghindari perbaikan yang tidak perlu dan membuang-buang waktu dan uang.

Demikian yang dapat di sampaikan membantu dalam masalah DTC pada mobil Fortuner diesel dengan kode P2006.


*Di rangkum dari berbagai sumber Google

* Pengalaman di bengkel.


Terima kasih.

Aris Widi





Mandiri Autoservice

Bengkel Gurah mesin Carbon clean dan Purging diesel                                  jln raya Pendidikan Mangunjaya Tambun Bekasi.

Telpon /WA 081287527188.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar